Tahu Pengertian Syirkah penting banyak Untungnya?

Syirkah adalah kata yang cukup asing bagi kaum awam.

Dari segi bahasa, syirkah memiliki arti percampuran. Di tilik dari segi istilah, syirkah berarti kerja sama antara dua orang atau lebih dalam berusaha yang keuntungan dan kerugiannya ditanggung bersama-sama.
Tahu Pengertian Syirkah penting banyak Untungnya

Dalam bahasa indonesia, syirkah dimaknakan serupa dengan perseroan.

Syirkah diambil dari bahasa Arab dan diterapkan dalam kehidupan bercorak Islami, meskipun syirkah (perseroan) juga bisa diterapkan di dalam kehidupan masyarakat pada umumnya.

Syirkah juga memiliki landasan yang merujuk pada Al - Qur ’an surat 38 ayat 34 yang artinya :

“ Sesungguhnya kebanyakan orang- orang yang berserikat itu sebagian dari mereka itu berbuat zalim kepada sebagian yang lain , kecuali orang- orang yang beriman dan beramal shaleh , dan amat sedikitlah mereka ini .”

Tidak hanya itu, syirkah juga diketahui tersebut dalam sabda Rasulullah yang artinya :

“ Aku ini ketiga dari dua orang yang berserikat , selama salah seorang mereka tidak mengkhianati temannya. Apabila salah seorang telah berkhianat terhadap temannya, aku keluar dari antara mereka .”

Dalam menerapkan sistem syirkah (perseroan), terdapat rukun dan syarat yang mengikuti, sebagai berikut :

  1. Dua belah pihak yang ber-akad dinamakan aqidani, dan orang yang melakukan akad harus memiliki kecakapan dalam mengelola harta (tasharruf).

  2. Objek akad yang disebut juga ma'qudalaihi, mencakup pekerjaan dan modal. Sedang persyaratan pekerjaan atau benda yang boleh di kelola dalam syirkah harus dalam kondisi halal dan diperbolehkan dalam agama Islam dan pengelolaannya bisa diwakilkan.

  3. Akad atau disebut juga shigatmemiliki syarat sah, yaitu adanya aktivitas tasharruf (pengelolaan).

Jenis – jenis syirkah


Syirkah dikelompokkan ke dalam beberapa jenis sebagai berikut ini :

  1. Syirkah ‘inan

Syirkah di antara dua orang (pihak) atau lebih yang masing - masing pihak ikut memberikan kontribusi kerja (amal) dan modal (mal).

Contoh syirkah ‘inan :

Si fulan b dan si fulan c adalah 2 orang sahabat yang merupakan lulusan ekonomi tahun kemarin. Mereka berdua melihat kecocokan dari segi pandangan berbisnis dan memutuskan untuk bekerja sama membangun sebuah bisnis kecil kecilan yang berhubungan dengan konsultasi bisnis. Dengan alokasi modal sama besar yaitu 50 juta rupiah masing-masing, maka mereka merealisasikan ide tersebut. Keuntungan akan dibagi berdasarkan kebijakan yang telah disepakati kedua belah pihak, tetapi karena usaha dan modal yang mereka keluarkan sama besar, maka keputusan yang cukup adil adalah dengan membagi rata hasil keuntungan mereka sama besar (50 : 50).

  1. Syirkah ‘abdan

Sama seperti syirkah ‘inan, bedanya masing masing pihak memberikan kontribusi amal saja, tidak modal. Kerja tersebut bisa dalam bentuk kerja fisik atau kerja pikiran. Oleh karena itu, syirkah ‘abdan juga disebut sebagai syirkah amal.

Contoh syirkah ‘abdan :

Si fulan dan temannya adalah orang yang bekerja sebagai penulis cerpen, lalu keduanya mengusulkan untuk saling bekerja sama menulis sejumlah cerpen untuk dikirim ke penerbit. Modal mereka nol, kontribusi mereka adalah melalui bentuk kerja pikiran menyusun kata-kata agar menjadi sebuah karya tulis yang menarik dan diminati penerbit.

  1. Syirkah wujuh

Syirkah ini merupakan bentuk kerjasama yang dilatarbelakangi faktor kedudukan, ketokohan, atau keahlian seseorang di tengah masyarakat. Kedua belah pihak sama – sama memberikan kontribusi amal, sedangkan modal akan diurus pihak ketiga.

Contoh syirkah wujuh sebagai berikut :

Seseorang dan sahabatnya merupakan tokoh yang dipercaya pedagang sayur. Suatu hari, mereka berdua bekerja sama membawa sayuran pedagang untuk dijual kembali pada orang lain, setelah terjual maka mereka membagi keuntungan sesuai kesepakatan bersama, lalu mereka membayarkan harga sayuran pada pedagang tadi sesuai harga yang telah disepakati di awal. Sehingga pedagang tidak rugi , ia hanya perlu menunggu sampai dua orang tersebut berhasil mendapatkan keuntungan lewatterjualnya dagangan sayuran yang mereka bawa.

  1. Syirkah mufawadhah

Syirkah ini merupakan gabungan semua jenis syirkah.

Itulah pengertian dan jenis-jenis syirkah. Jika ada hal-hal yang belum kami ketahui, tentu lah Allah Maha Mengetahui Segalanya.

Semoga bermanfaat ... Aamiin Ya Robbal Alamin.

Belum ada Komentar untuk "Tahu Pengertian Syirkah penting banyak Untungnya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel