Pengertian Teks Prosedur dan contoh penjelasan

Pengertian Teks Prosedur - Setelah membeli barang dan membuka segelnya, biasanya ada buku petunjuk penggunaan barang yang sudah dibeli. Ketika membaca buku tersebut, langsung dipraktekkin agar mudah mengikuti langkah demi langkah hingga akhirnya bisa menggunakan barang itu. Dalam buku petunjuk tersebut, kalimat-kalimat yang tertera termasuk dari teks prosedur. Pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian teks prosedur yang akan dijelaskan secara lengkap. Tak hanya itu, akan dijelaskan contoh-contoh dari teks prosedur agar bisa memahami lebih mendalam lagi mengenai topik ini.
Pengertian Teks Prosedur dan contoh penjelasan

Sebelum menjelaskan lebih mendalam lagi, pertama-tama akan menjelaskan pengertian teks prosedur itu sendiri. Teks prosedur adalah teks yang berisikan mengenai langkah-langkah dalam melakukan sesuatu, seperti petunjuk barang atau juga prosedur dalam mengikuti pendaftaran. Biasanya,  langkah-langkah tersebut dimulai dari tahap paling awal hingga paling akhir. Tujuannya adalah agar mencapai tujuan yang diharapkan setelah memulai langkah-langkah dari awal. Adapun demikian ciri-ciri pada teks prosedur itu sendiri diantaranya adalah:

  1. Selalu menggunakan kata kerja aktif.

  2. Selalu menggunakan pola kalimat perintah atau imperatif.

  3. Selalu menggunakan kata penghubung atau konjungsi.

  4. Selalu menggunakan kata keterangan yang menyatakan cara, waktu, serta tempat.

Struktur dalam teks prosedur itu sendiri terdiri dari:

  1. Tujuan

Biasanya, struktur ini sendiri berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur itu sendiri.

  1. Material

Dalam struktur ini berisikan alat-alat atau bahan yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu. Seperti contohnya ketika membuat kue, maka bahan-bahan yang akan disiapkan seperti tepung terigu, telur, tepung maizena, gula, dan lain-lain. Namun, tidak semua teks prosedur justru tidak terdapat struktur ini.

  1. Langkah-Langkah

Bagian struktur ini menjadi inti dari teks prosedur, pasalnya struktur ini berisi langkah-langkah yang harus dilakukan saat melakukan suatu hal. Syarat yang paling penting adalah langkah-langkah tersebut harus berurutan.

Ada beberapa kaidah tersendiri dalam membuat teks prosedur. Kaidah-kaidah tersebu diantaranya:

  1. Konjungsi Temporal

Biasanya dalam teks prosedur itu sendiri selalu diberikan kata penghubung atau yang biasa juga disebut dengan konjungsi temporal. Kata-kata penghubung yang dimaksud diantaranya selanjutnya, kemudian, lalu, setelah itu, berikutnya, dan lain-lain.

  1. Kata Kerja Imperatif

Tentunya, dalam teks prosedur ini sendiri dilengkapi dengan kata-kata bernada perintah atau juga larangan yang harus diikuti dalam halnya teks prosedur. Contohnya, jangan memasukkan gula lebih dari 2 sendok. Contoh tersebut merupakan kata kerja imperatif.

  1. Verba Material dan Tingkah Laku

Verba material merupakan sebuah ungkapan yang berisi seperti melakukan hal tindakan fisik. Contohnya, haluskan bamu, tiriskan bawang, potong wortel, dan lain-lain. Sedangkan tingkah laku merupakan sebuah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

  1. Partisipan Manusia

Struktur yang satu ini bermaksud semua manusia turut serta dalam teks prosedur yang dibuat.

  1. Adanya Bilangan Penanda Urutan.

  2. Terdapat Kalimat Berisikan Pertanyaan (Introgatif).

  3. Terdapat Kalimat Berisikan Pernyataan (Deklaratif).

Teks prosedur terdiri dari 3 macam yakni teks prosedur sederhana, teks prosedur protokol, dan teks prosedur kompleks.

  1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur yang satu ini merupakan teks prosedur yang berisikan langkah-langkah yang singkat dan jelas serta biasanya terdiri dari 2-3 langkah saja. Contohnya seperti langkah-langkah mematikan komputer dan langkah-langkah menyalakan mesin mobil.

  1. Teks Prosedur Protokol

Pada teks prosedur ini, langkah-langkah yang sudah dituliskan sebelumnya ternyata bisa diubah di tengah-tengah langkah yang sudah ada. Akan tetapi, meskipun bisa diubah tetap saja langkah-langkah tersebut harus berurutan. Contohya, langkah-langkah dalam memasak mie instan.

  1. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur ini berisikan langkah-langkah yang begitu panjang dan terkesan berjenjang menggunakan sublangkah dalam setiap langkah. Contohnya seperti langkah-langkah mematikan komputer.

Contoh teks prosedur:

Langkah-langkah memasak mie instan:

  1. Siapkan air terlebih dahulu dan didihkan.

  2. Setelah mendidih, masukkan mie instan ke dalam air mendidih.

  3. Setelah dianggap matang, pindahkan mie instan ke dalam wadah yang sudah disiapkan sebelumnya.

  4. Selanjutnya, berikan bumbu serta kecap dan minyak yang sudah ada.

  5. Aduk mie tersebut hingga siap dihidangkan.

Demikian pembahasan pada artikel ini mengenai pengertian teks prosedur serta poin-poin penting yang dijelaskan secara lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu mereka yang mencari referensi dengan topik serupa. Artikel ini diambil dari berbagai referensi yang berbeda..

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Teks Prosedur dan contoh penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel