Mengenal Buah Naga dan macam-macamnya

Buah naga atau dikenal dalam bahasa Inggris dragon fruit adalah termasuk buah dari tanaman berjenis kaktus. Pohonnya yang berduri dengan batang yang menyerupai pohon kaktus pada umumnya.  Konon katanya buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Saat ini pembudidayaan tanaman buah naga banyak dijumpai di kawasan Asia. Seperti di Indonesia, di beberapa kota mulai banyak petani yang membudidayakan tanaman ini.

Asal usul nama buah naga yaitu berawal dari negara Cina dan Vietnam yang menganggap bahwa buah berwarna terang ini membawa berkah. Buah naga diletakkan di atas meja altar diantara dua ekor patung naga. Sehingga muncullah istilah thang loy yang berarti buah naga. Selain itu bentuknya yang seperti buah nanas tetapi lebih kecil ini, memiliki sirip-sirip layaknya sayap naga.

Tanaman buah naga dapat hidup pada suhu yang tinggi, yaitu berkisar antara 38-40 °C. Pertumbuhan dapat optimal apabila tanaman ini cukup mendapat sinar matahari secara langsung. Tanaman ini pun sangat cocok apabila ditanam di daerah dekat pantai. Di samping itu, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik apabila tanah mengandung pupuk yang bagus.

Tanaman buah naga dapat mulai berbuah pada usia 11 hingga 17 bulan., diperlukan perawatan yang maksimal dalam pembudidayaannya. Selain itu, diperlukan media tanam sebagai penopang tumbuhan ini.
Mengenal Buah Naga dan macam-macamnya

Pembudidayaan tanaman buah naga tidaklah terlalu sulit. Syarat terpenting agar buah naga dapat tumbuh yaitu adanya sinar matahari secara langsung. Berikut langkah membudidayakan pohon buah naga:

  1. Pembuatan tiang panjat

Penopang umumnya terbuat dari beton ataupun paralon yang diisi dengan semen. Bentuknya bervariasi, ada yang pilar dengan berbentuk segiempat ataupun silinder. Tinggi penopang yaitu berkisar antara 2 hingga 2,5 meter. Di ujung penopang, tambahkan kayu maupun besi yang berbentuk (+) atau bisa juga dengan menaruh ban bekas sebagai penopang.

  1. Pengolahan tanah

Tanaman buah naga dapat ditanam dengan menggunakan pot yang besar dan kuat. Namun dapat pula langsung ditanam di tanah. Namun sebelumnya, tanah dicampur dengan pupuk seperti pupuk kandang.  Untuk lubang ukuran pada tanah, gali kira-kira 60x60 cm dengan kedalaman 25 cm. Berikan dolomit atau kapur pertanian sebanyak 300 gram sebagai penambah kalsium pada tanaman. Setelah penyiapan tanah selesai, siram tanah dengan air namun jangan sampai tergenang. Setelah tiga hari, berikan pupuk TSP sebanyak 25 gram dan tunggu satu hari hingga bibit siap tanam.

  1. Penanaman bibit

Sebelum bibit ditanam, pastikan memilih bibit dengan kualitas yang bagus. Setelah itu tanam bibit ke dalam tanah yang telah diolah. Untuk satu tiang panjat dapat ditanam empat bibit buah naga sekaligus. Setelah ditanam dan ditimbun dengan tanah, ikat bibit dengan tiang panjat. Nantinya tanaman akan merambat pada tiang panjat tersebut.

  1. Pemupukan dan perawatan buah naga

Di dalam budidaya tanaman buah naga diperlukan pupuk yang bervariasi kandungannya. Pada saat masa penanaman, dibutuhkan pupuk dengan kandungan nitrogen terbanyak. Pada saat masa berbunga, dibutuhkan pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium. Setiap tiga bulan sekali dibutuhkan pupuk kandang dengan dosis 5 hingga 10 kilogram per lubang tanaman. Selain itu diperlukan pula beberapa pupuk tambahan diantaranya NPK, ZA, pupuk organik cair, dan hormon perangsang pertumbuhan.

Walaupun tanaman ini termasuk dalam jenis kaktus, penyiraman tanaman tetap harus dilakukan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi tanah serta kondisi tanaman. Sebelum masa berbunga dan berbuah siram tanaman sehari 3x pada saat musim kemarau dengan banyak air 4-5 liter per lubang tanaman. Namun apabila tanaman mulai berbunga dan berbuah, penyiraman dapat dikurangi.

Salah satu perawatan buah naga yang tak kalah penting yaitu pemangkasan. Setidaknya terdapat 3 jenis pemangkasan pada tanaman ini yaitu

  • Pemangkasan untuk membentuk batang pokok

  • Pemangkasan membentuk cabar produksi

  • Pemangkasan untuk peremajaan.



  1. Pemanenan

Ciri-ciri buah naga yang siap panen adalah yaitu dengan berat berkisar antara 400 hingga 600 gram. Kulitnya berwarna merah mengkilap dan sisik-sisiknya telah renggang. Selain itu warna sisik pun hanya menyisakan sedikit warna hijau di pucuknya. Terlihat pula mahkota buah yang mulai mengecil dan pangkal buah yang berkeriput.

Macam-macam Varietas Buah Naga

Buah Naga dikenal dengan empat varietas atau jenis yang dapat dibedakan berdasarkan warna kulit dan dagingnya. Setiap varietas memiliki rasa yang sedikit berbeda dan memiliki kandungan nutrisi yang tidak sama. Berikut penjelasan masing-masing varietas.

  1. Hylocereus undatus,

Adalah varietas buah naga yang memiliki warna kulit merah dan daging buah berwarna putih. Sedikit sulit membedakan buah naga putih dan merah jika hanya dilihat dari luarnya saja. Namun ciri-ciri yang perlu diketahui bahwa buah naga putih memiliki kulit yang berwarna merah muda yang lebih cerah dan biasanya berukuran lebih kecil dibandingkan dengan buah naga merah. untuk kandungan nutrisi dalam buah naga putih yaitu memiliki vitamin c yang tinggi dan antioksidan. Mengkonsumsi buah naga putih berkhasiat untuk mencegah penuaan dini.

  1. Hylocereus polyrhizus,

Adalah varietas buah naga yang memiliki warna kulit merah dengan daging berwarna merah pula. Banyak dijumpai buah naga jenis ini di pasaran. Bentuknya yang besar dengan warna kulit yang merah pekat adalah pembeda dengan buah naga berdaging putih. Rasanya manis namun cenderung berkadar gula rendah, sehingga buah ini cocok bagi penderita diabetes. Buah naga ini pun banyak mengandung kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk membentuk sel sel tubuh termasuk tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis.

  1. Selenicereus megalanthus,

Adalah varietas buah naga dengan kulit berwarna kuning dan daging yang berwarna putih. Varietas ini jarang ditemukan di penjual buah ataupun swalayan. Tidak banyak petani buah yang membudidayakan buah naga varietas ini. Buah dengan ukuran kecil ini dijual dengan harga yang mahal. Berbeda dengan kedua jenis buah naga yang telah disebutkan di atas, yang mempunyai harga lebih terjangkau.

Kandungan antioksidan dan betakaroten yang tinggi  dalam  buah naga berwarna kuning ini disinyalir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kanker, menjaga level kolesterol, mencegah penuaan dini, dan sebagai detoksifikasi.

  1. Hylocereus costaricensis,

Adalah varietas buah naga yang memiliki daging dengan warna sangat merah dan cenderung ke hitam-hitaman. Buah naga ini pun dikenal dengan black dragon fruit. Agak sedikit susah menemukan buah naga berjenis seperti ini. Perlu diketahui bahwa kandungan warna yang pekat dalam buah naga ini menandakan adanya jumlah beta karoten yang tinggi.

Beta karoten bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat mencegah tubuh dari kanker dan tumor, selain itu buah naga dengan varietas ini dapat memelihara kesehatan jantung.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Buah Naga dan macam-macamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel