Apa Pengertian Pancasila Dan Fungsinya ?

Seperti yang kita ketahui, Pancasila memiliki arti yang penting bagi rakyat Indonesia. Bagaimana tidak, dalam kehidupan sehari-hari kita saja pun kita selalu mendengar kata untuk menerapkan sila pancasila. Ataupun saat upacara bendera di sekolah, maka pembacaan sila-sila selalu berjalan dengan khidmat. Hal tersebut tentu untuk mengingatkan pada kita bahwa kita tak bisa mengabaikan atau melupakan nilai pancasila. Jadi bagi anda yang belum paham, mengetahui pengertian pancasila secara lebih luas merupakan hal yang sangat penting sekali.

Perlu anda ketahui,  Pancasila sebagai dasar negara  atau ideologi dasar di  Indonesia ini berasal dari ajaran budha yang terdapat dalam kitab tripika yang mengandung 2 kata yaitu “panca” yang berarti lima dan juga “syila” yang berarti “dasar”. Nah, jadi dari kata tersebut maka Pancasila ini memiliki arti yaitu 5 aturan  utama atau pelaksanaan lima kesusilaan.  Arti lain dari pancasila juga dapat didefinisikan sebagai  peraturan tingkah laku yang baik, utama atau yang penting.

Pancasila seperti yang diungkapkan oleh Mpu Tantular yang dituangkan dalam kitab Sutasoma yaitu memilki arti  pelaksanaan kesusilaan yang lima” atau “berbatu sendi yang lima”. Jadi arti pacasila disini memiliki tujuan  sebagai dasar dalam mengatur setiap penyelenggaraan atau mengatur  pemerintahan negara Indonesia.
Apa Pengertian Pancasila Dan Fungsinya

Berbicara tentang pengertian pancasila, maka tak bisa dipungkiri jika  dengan adanya pancasila tersebut  maka akan memberikan manfaat tersendiri dalam efektifitas penyelenggaraan  pemerintahan. Mengapa?  Karena Pancasila disini  menjadi landasan  dari semua keputusan bangsa serta menjadi sebuah ideologi yang mencerminkan kepribadian dari bangsa indonesia sendiri. Jadi arti panca sila disini bisa dikatakan sebagai ciri khas atau pedoman dari bangsa Indonesia.

Nah, seperti yang kita ketahui  pancasila sebagai ideologi bangsa, maka berdasarkan kedudukan dan fungsinya bagi Indonesia sejatinya pancasila  memiliki arti yang lebih luas.hal tersebut bisa dilihat baik itu melalui kedududukanya pancasila itu sendiri.  Pancasila juga dapat diartikan sebagai dasar Negara, sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai Ideologi bangsa dan Negara, sebagai kepribadian bangsa dan lain sebagainya. Nah, jadi berdasarkan manfaat dan arti pancasila yang kita ketahui ini  maka memahami lebih jauh serta menerapkan nilai dari pancasila tentu sangat penting sekali bagi kita .

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Berbicara tentang pancasila, tentu anda juga tahu  bahwa proses perumusan Pancasila tersebut diawali pada saat diselenggarakan sidang  BPUPKI. Pada sidang tersebut  dibahaslah suatu masalah yaitu mengenai suatu calon rumusan dasar negara Indonesia yang akan dibentuk.  Nah jadi pada sidang ini ada tiga orang tokoh yang memberikan usulnya mengenai dasar negara Indonesia yaitu yaitu Mohammad Yamin, Soepomo dan Soekarno. Berdasarkan sidang tersebut maka tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan pidato secara lisan tentang rumusan dasar negara Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Proklamasi kemerdekaan Indonesia pun terlaksana  yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Nah jadi setelah proklamasi kemerdekaan tersebut maka tanggal 8 Agustus 1945 juga disahkan Undang-undang Dasar 1945 termasuk pembukaan yang mana di dalamnya terdapat isi rumusan tentang 5 prinsip sebagai satu dasar yang diberi nama “Pancasila”. Pemberian nama Pancasila ini menurut Soekarno di sahkan berdasarkan atas saran dari salah seorang temannya yaitu seorang ahli bahasa yang tidak disebutkan namanya. Nah, Untuk lebih lengkapnya mengenai pengertian pancasila, berikut ini pengertian pancasila menurut para ahli :

1.      Ir. Soekarno

Pengertia pancasila menurut Ir. Soekarno yaitu diartikan sebagai isi yang keberadaanya dalam jiwa bangsa Indonesia sudah turun-temurun berabad-abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat.  Dari kepercayaan tersebut maka disini pancasila tidak hanya berfungsi sebagai falsafah bagi negara saja namun dalam cakupan yang lebih luas yaitu sebagai falsafah bangsa Indonesia.

2.    Muhammad Yamin

Pancasila berdasarkan definisi dari Muhammad Yamin  yaitu  berasal dari  bahasa Sansekerta, yaitu "Panca" yang memiliki arti “lima” dan "Sila" yang berarti “dasar atau sebuah peraturan tingkah laku yang penting dan baik”. dari definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa disini  Pancasila merupakan lima dasar yang mencakup  pedoman atau aturanmengenai  tingkah laku atau kebiasaan  yang penting dan baik.

3.     Notonegoro

4.     Sedangkan pengertian Pancasila menurut Notoneoro yaitu memiliki arti  dasar falsafah dan ideologi  dari negara Indonesia. Jadi dengan adanya Pancasila tersebut diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

Fungsi Pancasila

Nah, seperti yang kita ketahui bahwa pancasila merupakan dasar negara atau ideologi bagi bangsa Indonesia. Jadi dalam kedudukanya tersebut maka pancasila memili fungsi  diantaranya yaitu sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.



Pancasilla juga memilki fungsi yaitu sebagai cita-cita hukum bagi hukum dasar negara Indonesia dan fungsi lainya. maka dari itu memegang teguh dan menerapkan arti pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangat penting sekali bukan hanya untuk kepentingan individu tetapi juga demi tercapainya tujuan negara yang tertib dan damai.



Demikian sedikit ulasan yang dapa kami sampaikan kepada anda mengenai pengertian pancasila. Semoga ulasan yang kami sampaikan tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Apa Pengertian Pancasila Dan Fungsinya ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel