Tujuan PTK apa? yuk kita cari tahu manfaat dan fungsinya

Tujuan PTK - Dewasa ini perkembangan masyakarat akan dunia pendidikan berjalan begitu cepat dan semakin meningkat. Salah satunya adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di sekolah. Pasalnya penelitian tindakan kelas merupakan cara paling strategis untuk guru demi meningkatkan atau memperbaiki proses pembelajaran, sehingga memudahkan peserta didik dalam kegiatan belajar di kelas

Perlu diketahui bahwa tujuan untuk mencapai proses penelitian tindakan kelas adalah untuk memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran di sekolah selama dihadapi. Karena itulah, penelitian tindakan di dalam kelas harus direncanakan, ditindak lanjuti, dilakukan evaluasi agar terpecahkan masalah hambatan dalam mengajar. Untuk itu, diharapkan para guru mengetahui lebih detail tentang tujuan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) sebagai berikut.

Pengertian PTK

Siapa sangka penelitian tindakan kelas mulai berkembang di Amerika dan Negara-negara di Eropa. Mereka yang mengembangkan model penelitian tersebut adalah orang yang bergerak di bidang ilmu sosial dan humainora. Menurut Kemmis, bahwasannya penelitian tindakan merupakan suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan peneliti dalam situasi sosial guna meningkatkan penalaran praktik sosial mereka.

Sementara itu, Basrowi & Suwandi mengungkapkan bahwa penelitian tindakan diterapkan di berbagai bidang ilmu di luar pendidikan, seperti dalam praktik bidang kedokteran, industry, manajemen. Namun perlu diperhatikan jika penelitian tindakan tersebut dilakukan di dalam kelas dan berkaitan dengan dunia pendidikan maka disebut sebagai PTK.

Fungsi PTK

Pada umumnya PTK memiliki fungsi sebagai instrument seorang guru guna memperbaiki pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas/sekolah. Beberapa fungsi diantaranya: (1) memecahkan masalah secara khusus pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan siswa di dalam kelas; (2) memperbaiki keadaan dan situasi di lapangan saat pembelajaran berlangsung; (3) melakukan diagnosis permasalahan pembelajaran yang timbul di kelas; (4) memperkuat tanggungjawab guru terhadap perencanaan maupun pelaksanaan kurikulum yang berlaku; (5) meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.

 

Tujuan PTK

Prosedur pembelajaran umumnya ditujukan untuk mendapatkan landasan dalam mempertimbangkan suatu prosedur kerja. Secara umum tujuan PTK adalah untuk: (1) meningkatkan layanan professional terhadap konteks pembelajaran, seperti terciptanya layanan prima kepada siswa; (2) memperbaiki sekaligus meningkatkan keadaan belajar agar kualitas pembelajaran semakin baik; (3) memberikan kesempatan kepada guru untuk mengadakan kajian tentang kegiatan pembelajaran agar tercipta perbaikan secara berkelanjutan; (4) membiasakan guru untuk berpikir secara ilmiah, jujur, dan terbuka dalam pembelajaran; (5) memberikan kesempatan guru untuk mengimprovisasi dalam melakukan pembelajaran secara tepat waktu.

Manfaat PTK

Sebetulnya terdapat dua aspek dalam manfaat PTK, yakni aspek akademis dan aspek praktis. Pertama aspek akademis yang memiliki manfaat untuk membantu para guru dalam menghasilkan pengetahuan yang shahih dan relevan bagi kelas, serta untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dalam jangka pendek. Dengan begitu, akan mampu meningkatkan mutu standar pendidikan berdasarkan kurikulum yang berlaku di sekolah.

Kemudian yang kedua adalah manfaat praktis yang memiliki manfaat yaitu: (1) meningkatkan mutu dan perbaikan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara rutin. Guru harus mengubah, mengembangkan, dan meningkatkan pendekatan metode atau gaya pembelajaran di kelas; (2) melakukan implementasi kurikulum dalam tataran praktis sehingga dapat berjalan dengan efektif  melalui proses pembelajaran.

Demikian informasi yang bisa Anda ketahui mulai dari tujuan PTK, manfaat, fungsi dan pengertian secara umum. Pastikan Anda menjadi guru yang selalu aktif, inovatif, kreatif, dan efektif dalam melakukan tindakan di kelas.

 

Belum ada Komentar untuk "Tujuan PTK apa? yuk kita cari tahu manfaat dan fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel