Tugas Pokok dan Fungsi Guru buat kamu yang ingin jadi pendidik

Tugas Pokok dan Fungsi Guru - Guru merupakan bagian dari perangkat sekolah yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mendidik, mengarahkan dan mengajarkan berbagai ilmu pengetahun kepada siswa-siswi. Sebagai pendidik, seorang guru memiliki peranan yang cukup signifikan dalam kemajuan pendidikan. Untuk memahami yang dimaksud dengan peranan guru, maka guru memiliki Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi). Membahas terkait tugas pokok dan fungsi guru yang mengacu pada penjelasan  Bab XI Pasal 39 ayat (2) Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, Pasal 20 Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen serta Pasal 52 Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008 tentang guru, maka terangkum sebagai berikut:

  1. Merencanakan pembelajaran;

  2. Melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu;

  3. Menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;

  4. Membimbing dan melatih peserta didik/siswa;

  5. Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;

  6. Melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada kegiatan pokok yang sesuai; dan

  7. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan.


Sedangkan secara fungsi yang lebih spesifiknya, berikut ini menjelaskan beberapa fungsi  guru yang terangkum berdasarkan poin d dan e Pasal 20 Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen serta poin a,b, dan c Pasal 40 ayat (2) Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yakni:

  1. Memilihara dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan negara;

  2. Menjunjung tinggi dan mematuhi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik guru, serta nilai-nilai agama dan etika;

  3. Menciptakan lingkungan pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan terjalin interaktif dua arah atau lebih (dialogis);

  4. Memelihara komitmen secara profesional dalam meningkatkan kualitas pendidikan; dan

  5. Memberi teladan dan menjunjung tinggi nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan amanah dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.


Jika merujuk pada Tugas Pokok dan Fungsi guru sebagaimana terangkum dalam Permendikbud 15 Tahun 2018, bahwa dalam mengemban tugasnnya seorang guru memiliki 5 (lima) kegiatan pokok sebagai berikut:

  1. Merencanakan pembelajaran atau bimbingan. Pembelajaran atau bimbingan tersebut dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan, di antaranya:



  • Menyusun program setiap semester dan program tahunan yang disesuaikan dengan bidangnya masing-masing;

  • Mengkaji kurikulum pembelajaran dan silabus pembelajaran, pembimbingan, dan program kebutuhan khusus pada satuan pendidikan;

  • Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau rencana pelaksanaan pembimbingan sesuai standar proses



  1. Melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan. Pelaksanaan tersebutdilakukan melalui kegiatan intrakulikuler, kokulikuler, dan ekstrakulikuler. Sedangkan dari sisi waktunya, tugas guru mata pelajaran paling sedikit 24 jam dan paling banyak 40 jam tatap muka per minggu. Sedangkan untuk guru BK atau TIK dengan standar minimal 5 rombongan belajar per tahun.

  2. Menilai hasil pembelajaran atau hasil pembimbingan. Adapun proses penilaian tersebut berguna untuk dijadikan ukuran pencapaian hasil belajar peserta didik pada berbagai aspek, seperti kepribadian, pengetahuan maupun dari sisi keterampilan.

  3. Membimbing dn melatih peserta didik. Membimbing dan melatih peserta didik juga dapat dilakukan melalui kegiatan kokurikuler dan/atau kegiatan ekstrakulikuler.

  4. Melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja guru. Hal itu disesuaikan dengan jam mengajar tatap muka per minggu.


Selain tugas pokok dan fungsinya sebagaimana telah dijelaskan di atas, struktur seorang guru berada di bawah pengawasan pimpinan sekolah atau kepala sekolah/madrasah. Oleh sebab itu, guru juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan laporan terkait perkembangan tugas yang diembannya dan juga terkait perkembangan peserta didik atau siswa-siswi.

Belum ada Komentar untuk "Tugas Pokok dan Fungsi Guru buat kamu yang ingin jadi pendidik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel