Suhu dan kalor apa itu? ini perbedaan dan penjelasannya

Tentang Suhu Dan Kalor

Suhu

Banyak sekali teman-teman kita yang merasakan bahwa suhu tubuh terasa dingin, sebaliknya ada juga yang merasakan jika suhu badannya teramat panas. Nah keadaan panas atau dingin di dalam tubuh inilah yang di namakan dengan suhu. Suhu dan kalor pada umumnya selalu berkaitkan. Nah tepat pada pembahasan kali ini kita bagikan untuk para pembaca untuk mempelajari mengenai suhu terlebih dahulu. Suhu merupakan derajat panas atau derajat dingin daripada suatu benda seperti suhu tubuh manusia, suhu tubuh binatang, dan suhu pada ruangan tertentu.
Suhu dan kalor apa itu? ini perbedaan dan penjelasannya

Alat untuk menentukan atau mengukur sebuah suhu di namakan sebagai termometer. Lalu satuan daripada suhu menggunakan derajat. Suhu pada umumnya menggunakan zat cair berupa air raksa karena zat cair atau air raksa ini memiliki beberapa kelebihan dan kebaikan, antara lain adalah :

  1. Air raksa mampu mengambil panas dari suatu benda yang di ukur, sehingga suhu air raksa menghasilkan jumlah yang sama dengan suhu benda yang menjadi patokan atau yang menjadi ukuran

  2. Air raksa dapat di gunakan untuk mengukur suhu dengan ukuran yang rendah sampai pada ukuran yang tinggi. Air raksa memiliki titik beku pada titik 39 derajat celcius, serta titik didih berada pada suhu 357 derajat celcius

  3. Air raksa tidak dapat membasahi dinding tabung atau gelas ukur, sehingga pengukurannya menjadi lebih falid dan teliti

  4. Air raksa dapat memuai secara teratur, hal ini berarti linier terhadap kenaikan suhu terkecuali kepada suhu yang tinggi sekalipun

  5. Air raksa sangat mudah untuk dilihat karena air raksa memiliki warna dan sifat yang mengkilap



Zat kimia seperti alkohol juga dapat di gunakan mengisi tabung atau gelas ukur termometer karena alkohol bisa mengukur suhu atau temperature lebih rendah. Suhu dan kalor memiliki alat pengukuran dengan satuan yang berbeda. Terlebih pada suhu atau temperature memiliki patokan suhu yang di jadikan titik tetap.

  • Termometer dengan skala celsius

  • Termometer dengan skala reamur

  • Termometer dengan skala fahrenheit

  • Termometer dengan skala kelvin

Kalor

Kalor adalah suatu bentuk energi yang dapat berpindah dari satu benda ke benda lain di akibatkan karena perbedaan suhu atau temperatur. Pada saat dua benda memiliki perbedaan suhu dapat bertemu, maka kalor mengalir atau berpindah dari benda dengan menggunakan suhu yang tinggi ke benda yang bersuhu rendah sekalipun. Seperti contoh jika air dingin di campurkan dengan air panas maka akan menjadi air hangat. Nah inilah suhu dan kalori yang merupakan bentuk dari energi yang berbeda namun dapat di satukan.

Agar lebih mudah mengenali antara suhu dan kalor, maka suhu bisa di fahami dengan menggunakan nilai ukur yang berupa termometer dan sedangkan kalor adalah sebuah energi yang mengalir dari benda yang benda yang lain. Terdapat 3 jenis perpindahan kalor yang terjadi pada saat proses perpindahan kalor yaitu dari suhu yang tinggi kepada suhu yang lebih rendah, yaitu :

  1. Perpindahan kalor secara konduksi : perpindahan kalor melalui suatu zat logam yang tidak di sertai perpindahan partikel zat secara permanen.

  2. Perpindahan kalor secara konveksi : perpindahan kalor atau energi panas melalui zat di sertai perpindahan pada bagian zat tersebut.

  3. Perpindahan kalor secara radiasi : perpindahan kalor dengan tidak menggunakan zat perantara apapun.

  4. Pencegahan perpindahan kalor : seperti contoh termos yang di gunakan sebagai alat untuk menyimpan air agar tetap memiliki suhu yang panas dengan cara mencegah perpindahan unsur kalornya.

Itulah ulsan tentang suhu dan kalor untuk para pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Suhu dan kalor apa itu? ini perbedaan dan penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel