Sejarah Perkembangan Internet yang kamu Pakai Sekarang

Sejarah Perkembangan Internet - Saat ini, internet menjadi sebuah hal yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya internet, hidup menjadi terasa kurang karena semua kegiatan sehari-hari di zaman sekarang ini tak pernah lepas dengan internet. Contoh saja, seperti berinteraksi lewat sosial media, berjualan lewat online shop, mengambil materi pelajaran lewat situs pencari, dan lain-lain. Dengan adanya internet, semua kegiatan yang kita jalani saat ini akan terasa lebih mudah. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai sejarah perkembangan  internet yang perlu diketahui oleh semua orang dan akan dijelaskan secara lengkap.
Sejarah Perkembangan Internet yang kamu Pakai Sekarang

Sebelum mengetahui lebih lanjut, akan lebih baik untuk mengetahui sejarah perkembangan internet terlebih dahulu serta pengertiannya. Internet adalah jaringan komputer yang diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969 lalu dengan proyek mereka, ARPA, yang menciptakan jaringan bernama ARPANET. Awal mula adanya internet sebenarnya hanya ditujukan untuk kepentingan militer saja, akan tetapi jaringan ARPANET telah terbagi menjadi dua, yakni MILNET yang hanya ditujukan untuk kepentingan militer serta ARPANET untuk kepentingan sehari-hari atau non-militer. Akhirnya, kedua macam ini digabung dengan sebutan DARPA Internet dan kemudian kita kenal menjadi Internet.

Sekitar tahun 1974, kata internet akhirnya menjadi sebuah kepanjangan dari internetworking yang artinya adalah jaringan komputer. Sekitar 2 tahun kemudian, tepatnya tahun 1976, ethernet yang merupakan bagian dari jaringan LAN diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat itu, Ratu Elizabeth II mengirimkan sebuah e-mail untuk pertama kalinya sekaligus memfungsikan jaringan internet. Tahun 1977, terbentuknya sebuah jaringan ARPANET dimana jaringan ini terdiri dari 111 komputer yang terhubung. Sekitar tahun 1979, terciptalah Usenet yang fungsinya untuk menyiarkan forum diskusi serta berita yang diciptakan oleh Jim Ellis, Steve Bellovin, dan Tom Truscott. Ketiganya merupakan alumni dari Universitas North Carolina di Amerika Serikat. Sejak awal 80an, dengan adanya Usenet menjadikan sebuah komputer privat yang saat itu dimiliki banyak orang.

Perkembangan internet di era 80an semakin maju setelah pada tahun 1982 telah tercipta bahasa TCP/IP yang merupakan bahasa dasar komunikasi protokol internet. TCP/IP merupakan kepanjangan dari Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP). Pengembangan TCP/IP ditujukan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas yang biasa dikenal dengan Wired Area Network atau yang disingkat menjadi WAN. Di tahun 1983, ditemukanlah beberapa nama Domain Name System (DNS), seperti .com, .edu, .gov, .net, dan lain-lain. Sebelum adanya DNS seperti sekarang ini, ketika ingin berselancar ke situs-situs lain harus mengingat terlebih dahulu angka-angka IP Address, contohnya 192.168.103.252.

Di tahun 1990, Tim Bernes Lee menemukan World Wide Web atau yang biasa disingkat dengan www. Namun, setahun kemudian justru baru dikenalkan kepada publik serta di tahun yang sama muncul virus komputer yang diperoleh dari internet. Istilah “browsing” pertama kali digunakan pada tahun 1992 serta dokumen dalam wujud audio dan video yang diperoleh dari internet. Tahun 1993 merupakan tahun dari mulai populernya internet di kalangan publik, dimana pada saat itu sebanyak 600 situs website bisa dibuka lewat internet, termasuk dari White House serta Perserikatan Bangsa-Bangsa yang memiliki website. Di tahun ini juga, sebuah browser yang dinamai Mosaic muncul pertama kalinya dan diunduh secara gratis. Mosaic dikenal sebagai browser pertama yang dapat memudahkan kalangan pengguna awam terhadap penggunaan komputer dan internet.

Setahun kemudian, tepatnya di tahun 1994, internet mulai dibanjiri berbagai situs seperti online shopping, bank virtual, online dating, dan masih banyak lagi. Beberapa situs ternama seperti Amazon.com, eBay, Craiglist, Match.com menjadi populer saat itu. Salah satu penyedia e-mail, Yahoo! didirikan di tahun yang sama dengan nama “Jerry plus David’s Guide to the World Wide Web”. Nama situs tersebut dianggap terlalu panjang, pada tahun 1995 nama tersebut diubah menjadi Yahoo! yang dikenal oleh banyak orang hingga saat ini. Di tahun 1996, terjadi perang browser antara Internet Exploer yang dibuat oleh Microsoft serta Navigator yang dibuat oleh Netscape. Kedua perusahaan pencipta situs browser ini saling merebut para pengguna internet.

Memasuki akhir 90an pada tahun 1999, adanya penerapan sensor pada internet yang dilakukan oleh beberapa negara. Di tahun 2000 yang merupakan awal dari era 2000an atau milenium baru, berbagai situs dengan domain .com mengalami lonjakan yang sangat drastis. Di tahun yang sama, Napster muncul sebagai situs pertama yang memudahkan para pengguna bisa mengunduh file lagu-lagu dan sejak itu juga populer di dunia maya. Akan tetapi, di tahun 2001, Napster ditutup secara resmi karena mendapatkan pertentangan keras dari para pelaku industri musik yang merasa dirugikan.

Tahun 2003 menjadi tahun pertama untuk situs blogger dengan didirikannya Wordpress. Setelahnya, di tahun 2004 muncul pertama kali sosial media Facebook yang memudahkan para pengguna bisa berinteraksi dengan kerabatnnya atau teman-temannya di tempat yang sangat jauh. Setahun setelahnya, situs berbagi video, Youtube, untuk pertama kalinya muncul dan kini menjadi sumber ladang pencaharian bagi Youtuber, sebutan istilah kreator tetap atau vlogger di Youtube.

Seiring berjalannya waktu, banyaknya sosial media baru yang baru bermunculan di tahun 2010, diantaranya Path, Instagram, Pinterest, dan masih banyak lain lagi. Ketika itu, Facebook memiliki sebanyak 400 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Sampai saat ini, Instagram masih eksis dan merupakan pesaing berat sosial media, Facebook. Sayangnya, sosial media Path baru saja ditutup beberapa minggu lalu.

Sebanyak 357 juta situs web yang ada di internet tercatat pada tahun 2011 lalu. Di beberapa negara saja, internet merupakan hak asasi dari para warga negara Finlandia, Estonia, dan Spanyol. Diluncurkannya gadget baru seperti iPad, produk besutan Apple, membuat pengguna merasa lebih enak saat menggunakan internet. Sejak saat itu juga, internet menjadi kian menjamur hingga saat ini dan merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan oleh sebagian besar orang.

Sejarah munculnya internet di Indonesia terjadi pada tahun 1983, dimana seorang ahli komputer dan ekonomi, Joseph Luhukay, menjadi orang Indonesia pertama yang sukses melakukan koneksi internet. Atas prestasi ini juga, Joseph mengembangkan jaringan UINet dan setahun kemudian, Joseph berhasil membanggakan Indonesia di kancah dunia dengan sukses melakukan penghubungan jaringan internet Indonesia ke jaringan secara global. Berkat Joseph, Indonesia kini masuk ke dalam salah satu dari 5 negara terbesar dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia dengan jumlah 132.700.000 pengguna.

Sayangnya, penggunaan internet di Indonesia kerap kali dibarengi dengan berbagai kasus kriminal, seperti kasus pencurian uang, peretasan, prostitusi, hingga yang saat ini sedang booming adalah penyebaran berita hoax. Oleh karena itu, sebagai pengguna internet tentunya harus bisa memilih mana yang benar dan salah ketika sedang menjelajah sebuah web. Tetapi tak semuanya internet mengandung nilai-nilai negatif, banyak sekali nilai-nilai positif dalam internet, seperti salah satunya adalah gampang eksis atau bisa dikenal banyak orang lewat sosial media.

Demikianlah artikel yang saya buat ini mengenai sejarah perkembangan internet. Semoga dengan adanya artikel ini memudahkan para pencari referensi dengan topik serupa. Artikel ini sendiri diambil dari berbagai sumber yang relevan.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Internet yang kamu Pakai Sekarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel