Sebutkan Ciri-ciri Makhluk Hidup ? Jawaban

Sebutkan Ciri-ciri Makhluk Hidup - Makhluk hidup terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan dan organisme lainnya yang ada di bumi. Manusia hidup dan saling berdampingan dengan hewan dan juga tumbuhan yang dimana makhluk hiduppada dasarnya saling membutuhkan. Didalam kehidupannya makhluk hidup selalu melakukan hal atau aktivitas yang membedakan dengan makhluk tak hidup. Ada beberapa hal atau ciri-ciri yang membedakan makhluk hidup dengan makhluk tak hidup yaitu sebagai berikut.

Ciri-ciri Makhluk Hidup



  1. Bernafas


Manusia, hewan, tumbuhan dikatakan sebagai makhluk hidup karena bernafas. Bernafas adalah hal yang selalu dilakukan oleh makhluk hidup dan sebagai penanda bahwa tubuhnya masih hidup. Bernafas artinya menghirup oksigen kedalam paru-paru dan mengeluarkan zat-zat sisa yang dimana didalam sistem pernapasan manusia terjadi pertukaran antara oksigen dan karbondioksida. Bernafas juga berarti memberikan energi kepada makhluk hidup sebagai contoh ketika makhluk hidup kehilangan nafasnya maka tubuhnya akan lemas dan tidak bertenaga atau berenergi. Semua makhluk hidup bernafas namun memiliki sistem pernapasan yang berbeda contohnya hewan di darat seperti anjing bernafas menggunakan paru-paru sedangkan hewan air seperti ikan bernafas dengan menggunakan insang.

  1. Bergerak


Setiap makhluk hidup pasti bergerak karena menerima rangsangan dari luar maupun dalam. Bergerak merupakan perpindahan bagian tubuh atau seluruhnya yang dimana manusia selalu bergerak untuk melakukan aktivitasnya begitu juga dengan hewan dan juga tumbuhan namun untuk tumbuhan tergolong bergerak secara pasif dan tidak terlalu menonjol pergerakannya. Manusia bergerak karena ingin melakukan sesuatu atau untuk memenuhi kebutuhannya karean menerima rangsangan dari luar dan dalam begitu juga dengan hewan yang bergerak karena ingin melakukan sesuatu. Alat gerak makhluk hidup juga berbeda-beda contoh hewan kuda bergerak menggunakan keempat kakinya, ikan berenang dan bergerak didalam air menggunakan sisripnya begitu juga dengan makhluk hidup lainnya yang masing-masing mempunyai alat gerak berbeda.

  1. Membutuhkan Makanan


Makhluk hidup tidak ada yang tidak membutuhkan makan. Selain sebagai penambah energi makanan juga salah satu kebutuhan yang pokok untuk melangsungkan kehidupan. Jika makhluk hidup lapar maka mereka akan mencari makanan atau membuat makanan. Contoh manusia bisa membuat makanan ataupun mencari makanan ketika lapar, begitu juga dengan hewan dan tumbuhan yang akan mencari makanan ketika lapar. Proses mendapatkan makanan masing-masing makhluk hidup berbeda seperti manusia mendapatkan makanan dari berbagai sumber bahkan bisa dari hewan dan juga tumbuhan, hewan mendapatkan makanan dari tumbuhan atau hewan lainnya seperti contoh singa memakan rusa dan kuda menamakan rumput yang artinya hewan bergantung pada tumbuhan dan hewan lainnya dalam proses mendapatkan makanan. Untuk tumbuhan rata-rata membuat makanan mereka sendiri dengan salah satu contoh dengan sistem fotosintesis.

  1. Tumbuh dan Berkembang


Tumbuh dan berkembang artinya berubahnya bentuk dan ukuran fisik tubuh makhluk hidup. Manusia lahir dengan kondisi fisik yang masih kecil kemudian semakin bertambah berat badan dan tinggi badannya membuatnya semakin tumbuh dan berkembang. Begitu juga dengan hewan yang dimana akan semakin berkembang dari awal lahir hingga dewasa seperti contoh telur ayam akan menetas menjadi anak ayam yang masih kecil kemudian seiring bertambahnya sel-sel didalam tubuhnya bertambah maka akan semakin tumbuh menjadi ayam yang memiliki ukuran tubuh dan tinggi yang berbeda dengan awal ayam lahir. Faktor tumbuh dan berkembang makhluk hidup bisa di sebabkan oleh usia yang dimana semakin bertambahnya usia maka akan semakin bertumbuh dan berkembang namun untuk manusia dan hewan proses pertumbuhannya bersifat terbatas yang artinya akan berhenti tumbuh pada usia tertentu. Namun untuk tumbuhan rata-rata pertumbuhannya akan selalu berjalan dan tidak ada batasan usia.

  1. Berkembang Biak


Setiap makhluk hidup tidak dapat hidup selamanya maka dari itu mereka akan berkembang biak atau menghasilkan keturunan untuk melestarikan jenisnya. Setiap makhluk hidup pasti berkembang biak dan selalu di bekali kemampuan untuk berkembang biak. Berkembang biak atau reproduksi dibedakan menjadi dua yaitu secara seksual dan aseksual. Reproduksi seksual berarti adanya hubungan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina atau perempuan yang dimana akan melebur dan menghasilkan keturunan. Manusia, hewan serta tumbuhan berkembang biak secara seksual sebagai contoh : manusia melahirkan, ayam bertelur, tumbuhan membuahkan biji. Sedangkan untuk reproduksi aseksual tidak terjadi hubungan antara sel jantan dan sel betina biasanya terjadi di organisme kecil.

  1. Peka Terhadap Rangsangan


Makhluk hidup dibekali dengan indera yang dapat merasakan rangsangan. Makhluk hidup harus bisa menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar contohnya manusia akan merasa kepanasan saat memegang benda yang panas, anjing akan menggaruk tubuhnya jika terasa gatal, daun tumbuhan putri malu akan menutup ketika disentuh. Rangsangan yang datang akan segera dirasakan oleh indera makhluk hidup itulah mengapa ciri-ciri dari makhluk hidup salah satunya adalah peka terhadap rangsangan.

  1. Beradaptasi


Ciri-ciri makhluk hidup selanjutnya adalah mampu beradaptasi dengan lingkungan yang artinya setiap makhluk hidup akan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan tempat mereka tinggal sebagai contohayam memiliki paruh dan bentuk kaki cakar yang akan membantu ayam mendapatkan makanannya, bentuk setiap tumbuhan berbeda sesuai dengan tempat hidupnya. Adaptasi juga bisa berdasarkan perilaku contohnya manusia yang tinggal di daerah kutub atau daerah dingin akan membuat baju tebal dan juga mempersiapkan segala sesuatu agar tidak kedinginan, unta akan menyimpan air didalam punuknya dan sebagai persediaan air di dalam gurun.

  1. Melakukan Metabolisme


Artinya dalam tubuh makhluk selalu terjadi proses perubahan kimia yang meliputi pernapasan dan sistem ekresi. Proses metabolisme pada manusia dan juga hewan berfungsi untuk menghasilan energi dan juga dapat membantu proses lainnya seperti proses reproduksi, perkembangan atau pertumbuhan serta proses gerak. Pada dasarnya proses metabolisme pada mahluk hidup dibagi menjadi dua yaitu anabolisme dan katabolisme.

  1. Melakukan Ekresi


Melakukan ekresi artinya mengeluarkan zat-zat sisa atau zat yang tidak berguna di dalam tubuh. Makhluk hidup mengeluarkan zat-zat sisa di dalam tubuh dengan cara yang berbeda-beda manusia memiliki banyak organ di dalam tubuh yang dapat melakukan proses ekresi seperti ginjal mengeluarkan sisa zat berupa urin, paru-paru mengeluarkan sisa karbondioksida, dan anus pada manusia merupakan organ yang mengeluarkan feses. Hewan juga rata-rata mengeluarkan sisa zat berupa feses dan untuk tumbuhan sendiri memang sedikit berbeda yaitu melakukan mengeluarkan zat-zat sisa melalui stomata dan lentisel.

Itulah ciri-ciri penjelasan ciri-ciri makhluk hidup semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan.

Belum ada Komentar untuk "Sebutkan Ciri-ciri Makhluk Hidup ? Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel