Ridho Allah Ridho Orang Tua Jauh dari Neraka

Kita lahir kedunia karena kita memiliki orang tua yang ayah dan ibu. Kita lahir kemudian di adzani sang ayah lalu di rawat di besarkan sampai besar seperti ini. Kita lahir bukan dari batu atau dari patung, maka sudah semestinya kita hormat kepada orang tua. Orang tua telah banyak mengeluarkan biaya untuk membesarkan kita sampai menjadi orang yang sukses. Ketauhilah kesuksesan yang mengantarkan kita di dunia bukan semata karena jerih payah dan perjuangan kita sendiri, tapi melainkkan do’a dan ridho orang tua. Ridho Allah ridha orang tua sangat berkaitan dengan keberhasilan dan kesuksesan dalam kehidupan kita.
Ridho Allah Ridho Orang Tua Jauh dari Neraka


Kita tidak bisa membayar kebaikan dan keikhlasan orang tua waktu merawat diri kita semasa kecil. Yang kita berikan hanyalah ketulusan kasih sayang dan mematuhi apa yang orang tua inginkan. Akan tetapi hal ini menjadi bertolak belakang karena sering orang tua dan anak tidak bisa berjalan beriringan. Hal ini di sebabkan karena berbeda prinsip, berbeda pemikiran dan orang tua tidak bisa menghendaki apa yang di inginkan oleh kita. sebagai anak yang tidak bisa hidup dengan restu dan ridha orang tua, tidak ada salahnya kita berbuat baik kepadanya dengan cara berikut ini :

Bersikap rendah hati kepada orang tua

Selama hidup kita sudah banyak merepotkan orang tua terutama di waktu kita masih kecil. Walaupun sekarang sudah sukses dan status sosial kita sangat jauh di bandingkan orang tua, kita wajib rendah hati dan berbaik hati dengan orang tua. Orang tua tidak ingin memiliki anak-anak yang sombong, melainkan menginginkan anak-anak yang sholeh dan sholehah dan hal ini bisa di butikan kelak jika orang tua kita sudah lanjut usia. Inilah ridha Allah ridha orang tua memberikan jalan kehidupan yang baik dan sempurna untuk anak-anak.

Berbicara sopan dan saatun kepada orang tua

Adat berbicara kepada yang lebih tua haruslah sopan dan santun. Terlebih kepada orang tua kita sendiri, tata cata kita dalam unggah-ungguh juga harus lemah dan lembut. Dalam bertutur kata pada saat berbincang-bincang juga tidak boleh menyudutkan orang tua, tidak boleh menghakimi orang tua, dan tidak boleh membuat perasaan orang tua tersinggung atau tersakiti.

Memberikan nafkah kepada orang tua

Orang tua yang sudah tidak dapat lagi bekerja karena usia yang lanjut membutuhkan pertolongan dan bantuan dari anak-anaknya terutama bantuan yang bersifat materi. Kita juga memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan orang tua selama hidupnya selagi kita mampu. Kita harus mengingat lagi tentang ridha Allah ridha orang tua, kita bisa berhasil karena do’a dan ridha orang tua. Allah bahkan sangat mencintai orang tua sehingga meridhai niat dan do’anya untuk kita. Merawat orang tua di hari tua adalah hal yang sangat membahagiakan terlebih jika dapat bercengkerama dengan keluarga besar.

Patuh dan taat kepada perintah orang tua

Kita sering membantah perintah orang tua karena bertentangan dengan keinginan kita. Namun kita akan berdosa jika membantah perintah orang tua yang berkaitan dengan ibadah. Sudah sewajarnya jika orang tua mengingatkan kita agar tidak meninggalkan sholat dan zakat. Perintah yang baik dan mengundang banyak pahala wajib kita laksanakan dan tidak boleh kita abaikan.

Kapan lagi kita bisa melihat dan menyayangi orang tua selagi mereka masih hidup di dunia.. Maka dari itu terus sayangi, cintai, dan hormati mereka seperti layakanya orang tua menyayangi kita di waktu masih kecil.

Belum ada Komentar untuk "Ridho Allah Ridho Orang Tua Jauh dari Neraka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel