Perbedaan Email dan Gmail

Apa perbedaan antara email dan Gmail? Kali ini akan dibahas mengenai perbedaan antara keduanya. Namun sebelum membahas perbedaannya alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu pengertian dan juga fungsi dari keduanya.


  1. Email




Email merupakan singkatan dari electronic mail yang diartikan sebagai surat atau sebuah pesan digital. Seiring berkembangnya jaman email dapat diakses dimanapun, kapanpun dengan menggunakan berbagai media seperti smartphone, PC atau media lainnya. Dengan berkembangnya internet penggunaan email menjadi semakin pesat dan semakin mudah pula, email digunakan oleh banyak orang dengan tujuan yang tentunya berbeda-beda. Pada dasarnya penggunaan email tidak dikenakan biaya atau gratis dengan syarat adanya jaringan internet. Ada tiga jenis email yang digunakan dan populer hingga saat ini yaitu :

  • Pop mail


Pop mail atau juga disebut dengan post office protocol mail adalah sebuah email dari internet service providertertentu yang diterima atau lebih tepatnya hanya bisa diterima oleh seseorang yang menggunakan internet provider tersebut. Akses email ini hanya bisa dilakukan melalui jaringan yang disediakan dari provider internet yang sedang digunakan. Contoh seseorang menggunakan jaringan internet provider A maka ia hanya bisa mengakses email ini melalui jaringan internet A tersebut.

  • Web mail


Web mail atau web based mail merupakan email yang hanya bisa diakses melalui sebuah alamat web penyedia layanan email tertentu. Berbeda dengan pop mail yang memerlukan syarat khusus untuk mengaksesnya, web mail bisa diakses dimana saja dan kapan saja asalkan ada sebuah jaringan internet yang mendukung.

  • Forward mail


Merupakan suatu layanan email yang dimana cara kerjanya meneruskan email yang masuk pada suatu alamat menuju alamat lainnya. Layanan ini tujuannya sebagai perantara antara email satu dengan email lainnya. Layanan ini cocok untuk mereka yang senang atau hobi bergonta-ganti email.

Fungsi Email


Secara umum fungsi email yaitu menyampaikan pesan secara digital kepada orang lain. Namun ada beberapa fungsi email yang lainnya yaitu :

  • Mengirimkan dan menerima file


Email bukan hanya dapat mengirim dan menerima pesan yang berbentuk tulisan saja namun email juga dapat mengirimkan dan menerima file dalam berbagai macam bentuk seperti file gambar, musik, dan file-file lainnya. Tentunya fungsi ini juga termasuk kedalam salah satu keunggulan dari email sendiri.

  • Mengaktifkan akun smartphone


Maksud dari mengaktifkan akun smartphone adalah dimana sekarang smartphone menggunakan email sebagai sebuah syarat dalam proses pengaktifannya. Ketika smartphone baru saja diaktifkan maka akan sebagian besar akan meminta pengguna untuk mendaftarkan email terlebih dahulu sebelum bisa masuk ke layanan yang ada di dalam smartphone.

  • Untuk mendaftarkan akun sosial media


Di era sekarang sosial media makin gencar dikalangan masyarakat mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Untuk masuk dan mendaftar ke sebuah media sosial maka salah satu syarat yang diminta adalah email masing-masing pendaftar. Oleh karena itu fungsi email sebagai sarana pendaftaran kedalam sosial media bahkan tidak hanya sosial media namun email juga bisa untuk mendaftarkan ke berbagai layanan.

 


  1. Gmail




Gmail merupakan layanan pengiriman email atau pesan digital yang disediakan secara gratis oleh Google. Tentu kemunculan gmail sangat membantu sekali dalam proses pengiriman pesan maupun file. Gmail merupakan salah satu layanan pengiriman email terpopuler saat ini selain karena cara bergabungnya yang mudah gmail juga memiliki beberapa fitur atau keunggulan diantaranya : akses menuju gmail sangatlah mudah, user Interface yang menarik, dapat digunakan dalam beberapa akun media sosial atau lainnya, kapasitas gmail sangat besar. Dari beberapa fitur tersebut tentunya gmail sangat mudah sekali untuk digunakan fitur pengiriman pesan didalam gmail juga mudah untuk dimengerti sehingga bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakannya tidak akan merasa kerepotan. Namun layanan pengiriman ini juga mempunyai beberapa kelemahan diantaranya yaitu tema yang kurang menarik dan juga tidak adanya fitur drag and drop dalam gmail yang membuat pengguna harus melakukan secara manual.

Fungsi dari gmail sendiri sebagai layanan pengiriman pesan tentunya tidak luput dari pengiriman file juga. Gmail selain mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan juga dapat mengirimkan file dalam berbagai bentuk seperti file gambar, musik bahkan APK sekalipun. Tentunya fitur dari gmail sendiri didukung dengan adanya Google Drive. Gmail sering dipakai untuk mendaftar ke dalam sosial media dan penggunaan gmail untuk pendaftaran media sosial lebih banyak dibandingkan dengan layanan email lainnya.Untuk mendaftar dan memiliki akun gmail caranya cukup mudah hanya dengan mengunjungi alamat mail.google.com kemudian mulai lakukan pendaftaran dan isi data dari dan persyaratan lainnya.


  1. Perbedaan Email dan Gmail




Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara email dan gmail terletak pada pengertiannya. Apa maksudnya? Maksudnya adalah email merupakan “ metode pengiriman atau penukaran dan penerimaan pesan elektronik atau surel “ sedangkan gmail merupakan “ layanan pengiriman surel atau surat elektronik “ . Pernyataan tersebut berarti bahwa gmail merupakan layanan berbasis email yang dimana gmail sendiri merupakan layanan yang dimiliki atau disediakan oleh Google. Sebagai contoh seperti ini :  seseorang akan mengirimkan “ email “ lewat “ gmail “ kepada orang lain. Dari penjelasan ini apakah sudah paham? Tentu sudah karena sangat mudah untuk menentukan perbedaan antara keduanya. Pada intinya dengan adanya pengiriman surat secara digital sangat membantu sekali di jaman atau era sekarang ini.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan antara email dan gmail. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Email dan Gmail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel