Pentingnya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) - Demi membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat pada anak di sekolah adalah dengan memberikan program pendidikan di bidang kesehatan lingkungan sekolah. Pihak sekolah telah menawarkan pelayanan kesehatan di sekolah dengan mendirikan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Dengan begitu, diharapkan para siswa dapat menggunakanya secara bijak agar keadaan ruangan tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)


Perlu diketahui bahwa UKS merupakan bagian dari usaha kesehatan pokok yang menjadi beban tugas puskesmas, dimana diberikan kepada sekolah dengan anak beserta lingkungan hidupnya, dalam rangka mencapai keadaan kesehatan anak-anak. Karena itulah, pentingnya UKS dan tujuan utama harus dipahami seperti ulasan di bawah ini.

Sejarah UKS


UKS dirilis sejak tahun 1956 dalam program Pilot Project di Jakarta dan Bekasi. Program tersebut merupakan kerjasama antara Departemen Kesehatan, Departemen Dalam Negeri, dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian pada tahun 1980 ditingkatkan menjadi keputusan bersama antara Kemendikbud dan Kemenkes tentang kelompok kerja UKS.

Demi mencapai pemantapan dan pembinaan dengan terpadu maka ditetapkan surat keputusan bersama antara Mendikbud, Menkes, Mendagri dan Menag Tanggal 3 September 1980 mengenai Pokok Kebijaksanaan dan Pengembangan UKS N0. 408a/U/1984, No 3191/Menkes/SKBVI/1984, No 74/th/1984, No 61/1984. Sedangkan tentang tim Pembina UKS tercantum pada No 408b, No 319a/MenkesSKB/VI/1984, No 74a/1984, No 61/1984 yang disempurnakan dengan No 0372a/P/1.

Sampai saat ini UKS telah dijalankan pihak sekolah-sekolah, dengan sasaran anak-anak sekolah dan lingkungannya. Pihak sekolah juga secara terpadu baik melalui program pendidikan di sekolah melalui mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang bisa dilaksanakan dalam kegiatan kurikuler, maupun usaha dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Tujuan UKS


Berdasarkan Departemen Kesehatan (2006) menjelaskan bahwa tujuan umum dari UKS adalah meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar, dan menciptakan lingkungan sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhya.

Sedangkan menurut pendapat Drajat Martianto bahwa tujuan UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia seutuhnya.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) secara umum adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan, prestasi belajar siswa, dan produktivitas siswa dalam berprestasi belajar serta meningkatkan perilaku hidup sehat dan bersih terutama untuk menjaga lingkugan sekolah.

Sasaran UKS


Sasaran UKS menurut Drajat Martianto,  menunjukkan bahwa sasaran pelaksanaan UKS bagi peserta didik di sekolah/tujuan pendidikan luar sekolah, Guru, Pamong Pelajar, Pengelolaan Pendidikan lainnya, Pengelola Kesehatan, dan masyarakat. Demi melakukan pembinaan dan pengembangan UKS di sekolah maka dilaksanakan tiga program pokok yang meliputi: (1) pendidikan kesehatan; (2) pelayanan kesehatan; (3) pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat (kesehatan lingkungan di sekolah).

Tris UKS tersebut sebetulnya perpaduan antara upaya pendidikan dengan upaya pelayanan kesehatan. Pendidikan kesehatan adalah upaya pendidikan kesehatan yang dilakukan sesuai dengan kurikulum sekolah. Sedangkan pelayanan kesehatan adalah upaya kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang secara sehat. Kemudian pembinaan lingkungan sekolah termasuk gabungan antara upaya pendidikan dan upaya kesehatan yang diterapkan di lingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari.

Dasar Kebijaksanaan

Dasar kebijaksanaan pelaksanaan UKS adalah Undang-Undang Nomor 4 tahun 1979 tentang Pembinaan Anak Sekolah. Dengan begitu, sudah jelas bahwa UKS memang harus diberlakukan di setiap sekolah tanpa kecuali, mengingat gaya hidup sehat  perlu diupayakan oleh semua warga sekolah.

Pola Pembinaan

Perlu diketahui bahwa pembinaan kesehatan anak, dibagi menjadi dua tahap yakni:

  1. Pembinaan bayi, balita dan anak pra sekolah (umur 0-6 tahun)

  2. Pembinaan kesehatan anak usia sekolah (umur 7-21 tahun), yang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu:


  • Pra remaja (umur 7-12 tahun)

  • Remaja ( umur 13-21 tahun)

  • Dewasa muda (umur 19-21 tahun)

Namun pola pembinaan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah, serta permasalahan kesehatan berdasaran tahap pertumbuhan dan perkembangan anak sekolah.

 Pentingnya Upaya Kesehatan Sekolah


Ada beberapa alasan mengapa upaya kesehatan di sekolah sangat penting, karena  anak usia sekolah termasuk kelompok usia yang rawan akan masalah kesehatan. Kemudian alasan lain yaitu usia sekolah sangat baik untuk ditanamkan tentang pengertian dan kebiasaan hidup sehat, keadaan kesehatan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar  yang dicapai, serta pendidikan kesehatan melalui anak sekolah terbilang efektif untuk merubah perilaku.

Mungkin cukup itu saja ulasan mengenai Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan berbagai tujuan atau sasaran yang bisa Anda ketahui. Semoga bisa semakin menyadarkan kita bahwa kesehatan sangat penting bagi anak usia sekolah.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel