Penting Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Kepala Sekolah

Sesuai dengan namanya, kepala sekolah merupakan salah satu bagian struktur yang memimpin suatu instansi pendidikan (sekolah). Pada pelakasanaannya, kepala sekolah memiliki Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) yang berkaitan dengan proses keberlangsungan pendidikan. Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 19 Tahun 2007  terkait dengan pengelolaan sekolah yang meliputi: (a) perencanaan program; (b) pelaksanaan rencana kerja; (c) pengawasan dan evaluasi; (d) kepemimpinan sekolah; (e) sistem informasi sekolah.

A.Perencanaan Program

Sebagai kepala sekolah, Tupoksi perencanaan program meliputi proses perumusan, penetapan dan pengembangan visi dan misi sekolah. Dalam hal ini, kepala sekolah memiliki peranan yang sangat penting, mengingat proses pengembangan visi dan misi sekolah berkaitan dengan tujuan dan arah yang ingin dicapai oleh sekolah. Selain itu, kepala sekolah juga berperan dalam perancangan Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

B. Pelaksanaan Rencana Kerja

Tidak hanya berperan dalam perencanaan program, kepala sekolah juga berperan dalam pelaksanaan rencana kerja seperti halnya penyusunan pedoman kerja; struktur organisasi sekolah; menyusun kurikulum pembelajaran; dan juga aturan terkait pengelolaan kesiswaan yang didalamnya melingkupi kegiatan belajar mengajar yang harus didukung dengan pelatihan pendidik agar lebih mumpuni, kegiatan ekstrakulikuler dan juga pembinaan bagi siswa berprestasi.

C. Pengawasan dan Evaluasi

Selain merencanakan program dan pelaksanaan rencana kerja, kepala sekolah juga memiliki peranan besar dalam proses pengawasan. Sehingga segala bentuk perkembangan sekolah berada dalam pengawasan kepala sekolah. Selain itu, evaluasi juga menjadi bagian penting dalam melihat progres yang sudah dicapai dan yang akan dicapai oleh sekolah. Salah satu contoh hasilnya adalah berupa akreditas sekolah tersebut.

D. Kepemimpinan Sekolah

Kebijaksanaan merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Dalam tugas pokok dan fungsinya, kepemimpinan sekolah berkaitan langsung dengan proses pengambilan keputusan yang ditetapkan, menjabarkan visi dan misi sekolah, serta mampu memetakan tantangan dan peluang yang dimiliki oleh sekolah. Tidak hanya kepala sekolah, beberapa tugas tersebut juga melibatkan peserta didik untuk lebih meningkatkan kualitas kinerja mengajarnya,  wali siswa sebagai pihak pendukung proses belajar dan mengajar, dan juga para siswa sebagai sasaran dari target pelaksanaan program sekolah.

E. Sistem Informasi Sekolah

Berbicara masalah sistem, maka  diartikan sebagai suatu bagian yang berkaitan dengan bagian yang lain dan sifatnya saling mempengaruhi. Dalam hal ini, kepala sekolah memiliki andil yang besar dalam menjalankan roda dari masing-masing bagian sekolah. Hal tersebut tentunya berkaitan erat dengan managemen sekolah, diantaranya melingkupi sistem secara internal dan eksternal:

·         Sistem Informasi Internal

Sistem informasi secara internal berarti berkaitan dengan managerial diantara warga sekolah. Salah satunya pengaturan tugas dan tanggung jawab warga sekolah. Hal tersebut tentunya akan berimplikasi langsung pada kinerja warga sekolah. Apabila tugas dan tanggung jawab diatur secara jelas dan terperinci, maka akan menciptakan efektivitas dalam proses pelaksanaan tugas. Selain itu, kepala sekolah juga harus melakukan penguatan managerial sekolah, baik melalui restrtruktur (penyusunan kembali struktrur) sekolah ataupun pengorganisiran kembali sistem managemen yang diterapkan di sekolah. Di sisi lain, atmosfer akademik yang positif juga perlu diciptakan sebagai penunjang dalam menimbulkan rasa nyaman dalam proses pengajar (bagi para pendidik) dan juga proses belajar (bagi para siswa).

·         Sistem Secara Eksternal

Kepala sekolah dalam hal ini berperan untuk membangun komunikasi yang baik dengan pihak eksternal sekolah. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan dukungan dan pengaruh positif dari pihak luar sekolah. Hal tersebut jugatermasuk dalam kategori penguatan eksistensi sekolah yang akan menjadi penilaian bagi pihak luar sekolah.

 

 

Belum ada Komentar untuk "Penting Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Kepala Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel