Pengetahuan Dasar Ilmu Geografi

Pengetahuan Dasar Ilmu Geografi - Geografi merupakan salah satu ilmu tentang fenomena biosfer dan gejala alam di permukaan bumi. Menurut pengertian dari para ahli ilmu geografi memang mempelajari persamaan dan perbedaan fenoena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dala konteks keruangan.  Karena itulah, ruang lingkup geografi sebenarnya cukup banyak seperti ekonomi, politik, dan budaya.

Lazimnya ilmu geografi diajarkan kepada pada siswa saat duduk di kelas 7 SMP hingga kelas 12 SMA. Pentingnya pengetahuan dasar tentang ilmu geografi menjadikan lembaga pendidikan mewajibkan peserta didik untuk mempelajari ilmunya. Hal ini karena ilmu geografi menyangkut tentang kehidupan manusia. Inilah pengetahuan dasar dari ilmu geografi secara umum.

Pengertian Ilmu Geografi


 Menurut Frank Debenham bahwa tugas para ahli geografi, yaitu: (1) menemukan hubungan antara kehidupan manusia dan lingkungan fisik; (2) menafsirkan persebaran gejala dan fakta fenomena geografi; (3) menjelaskan interaksi antara manusia dan lingkungan. Sedangkan R. Hartshorne mengungkapkan bahwa tujuan geografi adalah untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variable dari permukaan bumi.

Sementara menurut pendapat ahli lainnya dari P. Haggett bahwa geografi akan memberikan perhatian tertentu terutama pada sistem ekologi dan sistem keruangan. Kemudian pada sistem ekologi berkaitan dengan manusia dan lingkungannya, sedangkan pada sistem keruangan berkaitan dengan hubungan antar wilayah.

Ruang Lingkup Geografi


Geografi Fisik

Geografi  fisik  merupakan bagian dari ilmu geografi yang mempelajari semua kondisi fisik pada peristiwa atau  fenomena yang terjadi di belahan bumi. Beberapa hal yang menyangkut dari geografi fisik adalah gejala alam di geosfer  meliputi relief, iklim, bentuk, dan segala  hal tentang bumi dan proses fisik lainnya yakni di darat, laut, udara yang  mempengaruhi kelangsungan hidup manusia.

Adapun ruang lingkup geografi fisik berkaitan dengan gejala alam yang terjadi di antroposfer/ruang angkasa, hidrosfer /lapisan air, atmosfer/lapisan udara, litosfer/lapisan bebatuan, pedosfer/lapisan tanah, dan biosfer/lapisan kehidupan. Beberapa cabang ilmu lainnya pada geografi fisik, meliputi  astronomi, klimatologi, metereologi, pedologi, zoologi, fitologi, geologi, geofisika, biologi, dan hidrologi.

Geografi Regional

Geografi regional merupakan ruang lingkup geografi yang mempelajari mengenai topik secara khusus dan mencakup suatu wilayah tertentu. Dengan kata lain geografi ini  mempelajari bahasan khusus atau  menyeluruh baik dari segi aspek fisik maupun aspek sosial lainnya. Geografi regional biasa dikenal sebagai bentuk tertinggi  dalam lingkup geografi.Wilayah tertentu yang diteliti bisa berupa kota, desa, daerah, provinsi, atau Negara tertentu.

Geografi Sosial

Geografi sosial merupakan ruang lingkup dari ilmu geografi yang mempelajari tentang segala hal dari aktivitas kehidupan manusia, dan bagaimana interaksi yang dilakukannya terhadap lingkungan. Ruang lingkup geografi  sosial meliputi lingkungan budaya, lingkungan ekonomi, dan lingkungan sosial itu sendiri.

Tidak hanya itu, geografi sosial juga menyangkut mengenai permasalahan yang berkaitan dengan kegiatan manusia di dalam ruang mencakup aktivitasnya sebagai manusia sosial. Definisi geografi sosial tersebut yang mempelajari urusan  manusia dengan lingkungan serta dampak yang terjadi.

Prinsip-prinsip Geografi


Prinsip Interrelasi

Prinsip interrelasi adalah prinsip yang menunjukkan hubungan di dalam fenomena geosfer, seperti hubungan antara faktor fisik dengan faktor manusia. Rupanya prinsip ini bisa diaplikasikan dalam menerangkan karakteristik antara gejala dengan fakta geografi pada suatu region. Selain itu, munculnya prinsip interrelasi bisa ditujukan secara kuantitatif yang dapat diukur secara sistematis.

Prinsip Penyebaran

Prinsip penyebaran merupakan dasar atau kunci yang mengkaji ilmu geografi sehingga bisa menjelaskan prinsip-prinsip lainnya. Adapun prinsip penyebaran ini menekankan bahwa terdapat pemahaman mengenai fenomena geosfer tersebut yang tersebar di seluruh permukaan bumi secara tidak merata, tetapi juga mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya.

Prinsip Deskripsi

Ada juga prinsip deskripsi yang merupakan  kerangka kerja geografis dan sebagai penjelas atas sebab dan akibat terjadinya interrelasi untuk bisa disajikan. Tidak hanya dalam bentuk kalimat, akan tetapi disuguhkan dalam bentuk diagram, peta, table, maupun grafik. Prinsip deskripsi tentu mampu menjelaskan secara gambling mengenai ilmu geografis pada umumnya.

Prinsip Korologi

Satu lagi prinsip korologi adalah prinsip yang bersifat komprehensif, karena mampu memudahkan hampir semua prinsip geografi. Munculnya prinsip ini yang terpenting dalam kajian geografi berdasarkan atas semua gejala dan masalah geografi tinjauan penyebaran, interrelasi dan interaksi dalam ruang.

Hakekat  Geografi


Pengetahuan geografi yang termasuk ilmu karena meliputi aspek keruangan berfungsi antara lain: (1) mengetahui iklim; (2) mengetahui luas muka bumi; (3) mengetahui bentuk muka bumi; (4) mengetahui aktivitas penduduk; (5) membentuk sikap siswa untuk mencintai alam sehingga perubahan pada suatu daerah dapat dicegah akan dampak negatifnya.

Demikian informasi mengenai pengetahuan dasar ilmu geografi. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi Anda para siswa yang sedang belajar mengenai ilmu geografi. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengetahuan Dasar Ilmu Geografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel