Pengertian Perpustakaan beserta Tujuan, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Perpustakaan adalah tempat kumpulan buku yang diorganisasikan sebagai media belajar. Menurut Wafford bahwa perpustakaan sebagai salah satu organisasi sumber belajar yang mengelola, menyimpan, dan memberikan layanan bahan pustaka baik buku maupun non buku kepada masyarakat tertentu atau publik. Dengan begitu, pentingnya perpustakaan menunjukkan jika kita harus selalu menjaga dan melestarikan buku yang disimpan di dalamnya.

Pengertian Perpustakaan beserta Tujuan, Fungsi dan Jenisnya


Hampir kini di setiap daerah atau kota sudah memiliki perpustakaan umum yang sengaja didirikan untuk meningkatkan gemar membaca, jadi tak hanya di sekolah-sekolah saja. Di samping itu, perpustakaan umum juga bermanfaat untuk tempat edukatif dan rekreasi bagi masyarakat umum dan sekitarnya. Nah, berikut ini tujuan, fungsi, jenis dan pengertian perpustakaan.

Definisi Perpustakaan 


Menurut Lasa (2007), perpustakaan adalah kumpulan atau bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan dan disusun menurut sistem tertentu atau keperluan pemakai. Sedangkan menurut Sutarno NS (2006), perpustakaan mencakup suatu ruangan, bagian dari gedung atau bangunan atau gedung tersendiri yang berisi buku-buku koleksi, yang diatur dan disusun sedemikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan pembaca.

Sebetulnya, secara konkrit perpustakaan lebih dirumuskan sebagai unit kerja dari lembaga pendidikan yang menyediakan tempat penyimpanan koleksi buku-buku pustaka guna menunjang kegiatan pendidikan. Namun seiring perkembangan zaman, pengertian perpustakaan berubah karena konteks fungsinya yang semakin meluas. Apalagi kini teknologi modern semakin berkembang sehingga membuar koleksi perpustakaan tak hanya terbatas dari buku saja melainkan beraneka ragam jenisnya.

Tujuan Perpustakaan


Menurut Sutarno NS (2006), tujuan perpustakan merupakan untuk menyediakan fasilitas dan sumber informasi dan menjadi pusat pembelajaran. Sedangkan menurut Lasa (2007), tujuan perpustakaan adalah: (1) menumbuhkan minat baca dan tulis; (2) mengenalkan teknologi informasi; (3) membiasakan akses informasi secara mandiri; (4) memupuk bakar dan minat.

Fungsi Perpustakaan


Ada beberapa fungsi perpustakaan yang harus Anda ketahui, agar bisa mempergunakan tempat perpustakaan secara bijak. Fungsi perpustakaan tersebut adalah:  

  Fungsi Informasi

Perpusatakan menawarkan beragam media informasi yang meliputi bahan tercetak, terekam, maupun koleksi lainnya sehingga pengguna perpustakan dapat mengambil berbagai ide dan buku yang ditulis oleh para hali dan jenis bidang ilmu lainnya. Tak hanya itu, media informasi akan mampu menumbuhkan rasa percaya diri dalam menyerap informasi tersebut pada berbagai bidang, serta mendapatkan kesempatan dalam memecahkan masalah yang dihadapi pada kehidupan sehari-hari.

Fungsi Pendidikan

Fungsi pendidikan bagi perpustakaan akan menyediakan berbagai informasi yang meliputi bahan tercetak atau terekam sebagai sarana untuk mengaplikasikan tujuan pendidikan. Dengan begitu, fungsi perpustakaan akan mampu memberikan manfaat bagi pengguna perpustakaan agar mendapatkan kesempatan untuk mendidik diri sendiri secara berkesinambungan. Kemudian mampu mempercepat penguasaan dalam bidang pengetahuan dan teknologi baru.

Fungsi Kebudayaan

Perpustakaan akan memberikan beragam informasi untuk meningkatkan mutu kehidupan dengan memanfaatkan sebagai rekaman budaya bangsa untuk meningkatkan taraf hidup manusia baik secara individu maupun kelompok. Fungsi kebudayaan juga membangkitkan minat terhadap kesenian dan keindahan yang termasuk salah satu kebutuhan manusia terhadap cita rasa seni, serta mendorong tumbuhnya kreativitas dalam berkesenian.

Fungsi Rekreasi

Selanjutnya fungsi rekreasi perpustakaan untuk menyediakan berbagai informasi demi menciptakan kehidupan yang seimbang antara jasmani dan rohani. Di samping itu, fungsi ini mampu mengembangkan minat rekresai bagi pengguna perpustakan melalui bacaan atau pemanfaatan waktu luang, dan menunjang beragam kegiatan kreatif maupun hiburan yang positif

Fungsi Penelitian

Fungsi penelitian perpustakaan memberikan beragam informasi guna menunjang kegiatan penelitian. Tak hanya itu, informasi yang disajikan meliputi berbagai jenis dan bentuk informasi sesuai dengan kebutuhan lembaga. Fungsi ini pun biasa dilakukan oleh para peneliti yang hendak melakukan penelitian karya ilmiah.

Fungsi Deposit

Fungdi deposit bagi perpustakan memiliki kewajiban untuk menyimpan dan melestarikan semua karya cetak maupun karya rekam untuk bisa diterbitkan di wilayah Indonesia. Biasanya perpustakaan yang menjalankan fungsi deposit secara nasional adalah perpustakaan Nasional. Sedangkan perpustakaan yang menjalankan fungsi deposit dalam lingkup daerah dijalankan oleh perpustakaan daerah.

Jenis-jenis Perpustakaan


Jenis-jenis perpustakaan menurut Sutarno NS (2006) adalah: (1) perpustakaan nasional RI; (2) badan perpustakaan daerah; (3) perpustakaan umum; (4) perpustakaan perguruan tinggi; (5) perpustakaan sekolah; (6) perpustakaan khusus; (7) perpustakaan lembaga keagamaan; (8) perpustakaan internasional; (8) perpustakaan kantor perwakilan Negara-negara asing, misalnya perpustakaan lembaga kebudayaan Amerika dan pusat kebudayaan Jepangl; (9) perpustakaan pribadi atau keluarga yang dikelola sendiri; (11) perpustakaan digital.

Itu dia pengertian perpustakaan beserta tujuan, fungsi dan jenisnya yang harus Anda ketahui. Sekarang ini mulai berkembang perpustakaan keliling yang menggunakan mobil untuk mengangkut buku-buku bacaan, serta perpustakaan digital yang tersedia secara online dan tersistem akan pengelolaan dan layanan perpustakaan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Perpustakaan beserta Tujuan, Fungsi dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel