Pengertian mind mapping sederhana dan simple tapi penting

Pengertian Mind Map - Setiap manusia dianugerahi Tuhan dengan diberikan otak agar manusia bisa berpikir dan mencari akal untuk menyelesaikan berbagai masalah bahkan bisa berpikir secara analitis.

Otak manusia sendiri tidak bisa melakukan penghafalan catatan secara linear, maka dari itu  kita bisa menerapkan cara mind map atau yang biasa dikenal dengan “pemetaan pikiran” untuk bisa memudahkan manusia dalam penghafalan. Penggunaan sistem ini sendiri cenderung lebih efektif ketimbang menghafal secara linear. Kita masih ingat pada saat sekolah SD dulu, kita ditugaskan untuk menghafal nama-nama menteri atau juga dalam perhitungan dengan menghafal perkalian dan pembagian. Namun, setiap guru juga memberikan trik-trik kepada para muridnya agar mereka bisa menghafal dengan mudah. Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai pengertian mind map secara lengkap.
mind mapping

Pengertian mind map atau yang biasa disebut dengan mind mapping adalah f suatu metode pemikiran manusia yang dilakukan dengan cara kreatif, dimana cara ini bisa memksimalkan potensi otak kiri dan otak kanan. Metode ini ditemukan pertama kali oleh Tony Buzan, seorang ahli pengembangan potensi manusia, pada tahun 1974.

Selain Tony Buzan, terdapat beberapa ahli yang menjelaskan pengertian dari mind map. Berikut penjelasan mengenai para ahli.

  1. Menurut Caroline Edward

Mind mapping adalah cara paling efektif dengan memasukkan, menyimpanm, serta mengirimkan data ke otak yang bekerja secara alami. Dengan cara ini bisa memaksimalkan potensi serta kapasitas otak manusia.

  1. Menurut Melvin L. Silberman

Menurut ahli yang satu ini, mind mapping merupakan cara kreatif bagi para murid sekolah bahkan kebanyakan orang untuk dalam menghasilkan ide-ide, menuliskan catatan, serta membuat perencanaan penelitian baru.

  1. Menurut Bobby de Porter

Cara ini menurutnya merupakan pemanfaatan otak dengan menggunakan citra gambar dan visual lainnya untuk melibatkan otak kiri dan otak kanan sehingga dengan cara ini bisa mempermudah masuknya informasi ke otak.

  1. Menurut Bobby de Porter dan Mike Hernacki

Bobby de Porter kembali menjelaskan pengertian ini bersama rekannya, Mike Hernacki. Menurut mereka, mind mapping adalah suatu teknik dengan pemetaan pikiran secara kreatif dan efisien serta mengembangkan potensi belahan otak kiri dan belahan otak kanan.

Beberapa manfaat jika menerapkan mind mapping dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya.

  1. Meningkatkan kemampuan dalam mengingat yang lebih detail.

Tentu pada saat tugas sekolah pernah mendapatkan tugas membuat ringkasan agar lebih mudah dipelajari. Ternyata tugas tersebut sangat bermanfaat yakni dengan mengumpulkan gambaran secara utuh dari sebuah ide maupun gagasan. Apalagi jika kita selalu membaca buku-buku berhalaman tebal, tentu ini sangat melelahkan. Dengan cara ini, semua informasi yang menurutnya sangat penting akan terserap dan mudah mengingat tanpa khawatir kehilangan poin-poin penting di dalamnya.

  1. Kemampuan dalam mengolah informasi, konsentrasi, memori, dan imajinasi semakin bertambah.

Manfaat yang satu ini tak kalah pentingnya. Pasalnya, dengan menyusun informasi dengan baik, otak akan bekerja dengan lebih baik lagi jika memilah dan mengelompokkan berbagai informasi ke masing-masing kelompok. Dengan demikian, otak akan  menjadi lebih konsentrasi dan dengan melibatkan imajinasi, visualisasi, serta daya ingat (memori) dalam jangka waktu panjang.

  1. Membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan dan tidak memakan banyak waktu.

Salah satu contoh dari manfaat ini adalah menggunakan stabilo atau menggarisbawahi hal-hal yang penting. Dengan cara ini, tentunya mempelajari hal-hal yang ditandai tersebut bisa menghemat waktu saat belajar serta kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan ketimbang sebelumnya yang menggunakan sistem secara linear.

  1. Mudah memahami materi yang sebelumnya sulit sekali dipahami.

Ini manfaat yang paling penting dalam metode mind mapping. Penyebab dimana materi tersebut belum dikuasai dikarenakan sebelumnya belum mengetahui gambaran secara besar. Namun, ketika menemukan sebuah kata kunci dan gambaran besar yang mudah diingat, tentu dengan pembelajaran seperti ini materi yang sangat sulit jadi mudah dikuasai dan dipahami. Inilah kelebihan sesungguhnya dari metode mind mapping.

Metode mind map atau mind mapping ini memiliki beberapa cara agar bisa diterapkan dalam proses belajar. Cara-cara tersebut yakni.

  1. Memastikan tema utama berada di tengah-tengah.

Cara ini bertujuan agar selalu mengingat tema yang akan dipelajari. Sebagai contoh, misalnya membahas tema sejarah lahirnya Pancasila, maka tema utama yang diambil adalah Sejarah Pancasila.

  1. Akan bermunculan tema-tema yang turunan yang berasal dari tema utama.

Dari tema utama yang diambil, akan terdapat beberapa tema turunan seperti latar belakang, beberapa proses hingga terbentuknya Pancasila, dan lain-lain.

  1. Mencari hubungan setiap tema dengan menandai menggunakan garis, simbol, atau juga warna.

Sama seperti sebelumnya, dari tema turunan akan memunculkan berbagai turunan. Dengan demikian, disarankan menggunakan penanda seperti garis, simbol, atau warna untuk menghubungkan turunan-turunan tersebut ke tema turunan serta tema utama. Dengan cara ini, dapat membantu memahami topik yang kita pelajari. Tak hanya itu, akan jauh lebih bermakna serta menarik jika dibandingkan dengan konsep tanpa menggunakan penanda seperti ini.

  1. Menggunakan Huruf Besar

Ternyata, penulisan huruf besar sangat penting dalam proses metode mind map. Alasannya, membaca sebuah kalimat dengan menggunakan huruf besar justru lebih mudah ketimbang menggunakan huruf kecil. Akan tetapi, penggunaan huruf kecil bisa digunakan untuk poin-poin yang bersifat poin kunci.

  1. Membuat peta pikiran di kertas polos

Agar semakin berpikir kreatif, gunakan kertas polos untuk membuat peta pikiran serta jangan mudah sekali tergoda dengan proses edit. Alasannya, apabila ketika sedang membuat peta namun di tengah jalan ingin melakukan edit di kertas polos, maka konsentrasi akan menjadi kacau serta menghambat dalam pemahaman tema.

  1. Menyisakan ruangan dalam penambahan tema.

Setelah selesai dalam membuat mind mapping dengan menambahkan informasi-informasi serta memberikan tanda pada poin-poin yang dinilai penting, dalam membuat mind mapping disarankan untuk sisakan ruangan dalam melakukan penambahan tema.

Beberapa jenis mind mapping yang perlu diketahui dan juga boleh dicoba dalam penerapan pembelajaran. Jenis-jenis tersebut yakni:

  1. Mind Map Silabus

Jenis mind mapping ini biasanya dibuat pada ukuran kertas yang sangat besar dan membantu memberikan gambaran apa yang dipelajari selama ini. Setelah dibuat, umumnya mind map silabus ditempelkan di dinding untuk mengingat-ingat kembali.

  1. Mind Map Bab

Sama seperti ringkasan yang dijelaskan sebelumnya, namun dalam mind map bab ini akan meringkas lebih singkat lagi tanpa menjelaskan poin-poin tersebut.

  1. Mind Map Paragraf

Berkebalikan dengan mind map bab, inilah yang saya maksud sebagai ringkasan pada umumnya. Jika kita membaca buku selama ini menguraikan penjelasan secara mendetail, di sini akan dibuat ringkasan dengan poin-poin penting bersama penjelasannya.

Ternyata, metode mind map memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan. Di sini akan dijelaskan mengenai kelebihan-kelebihan dari mind map.

  1. Mudah melihat gambaran secara keseluruhan.

  2. Membuat otak memudahkan dalam mengingat serta membuat hubungan antar poin.

  3. Penambahan informasi baru menjadi lebih mudah.

  4. Lebih cepat dalam mengkaji ulang topik yang dibaca.

Akan tetapi, kekurangan pada metode mind map pada umumnya adalah membuang-buang waktu dalam hal pencarian kata kunci pengingat, kata-kata yang tidak berhubungan dengan kata pengingat, serta kembali membaca buku secara keseluruhan.

Demikian artikel mengenai pengertian mind map secara lengkap ini. Artikel ini sendiri diambil dari berbagai sumber yang relevan. Semoga dengan adanya artikel ini berguna untuk mereka yang mencari referensi mengenai topik serupa ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian mind mapping sederhana dan simple tapi penting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel