Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya

Microsoft word merupakan aplikasi yang sangat popular saat ini karena fungsinya sebagai pengolah kata. Sebetulnya aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft dalam satu  paket Microsoft  Office, yakni berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Officep Publisher, dan lain sebagainya.  Hanya saja penggunaan Microsoft Word paling banyak diaplikasikan dalam hal pekerjaan dan kebutuhan lain oleh para pengguna.

Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya


Rupanya dalam perkembangan Microsoft Word mengalami banyak perubahan, mulai tahun Microsoft Word 1998, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, hingga Microsoft Word 2013. Dari perkembangan tersebut Microsoft telah menambahkan database dan tool terbaru agar lebih mudah digunakan. Untuk lebih jelasnya inilah pengertian Microsoft Word dan fungsinya.

Sejarah Microsoft Word


Microsoft Word pertama kali dirilis pada tanggal 25 Oktober 1983 oleh IBM PC. Hebatnya adalah word merupakan program pertama yang mampu memberikan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Meskipun pada waktu itu, program aplikasi pengolah kata lebih disukai oleh WordStar dan WordPerfect yang kini mungkin sudah semakin meredup untuk digunakan.

Kemudian muncul versi  Word for Macintosh, Word 3.0 dirilis pada tahun sekitar 1987 yang sebagian besar memiliki banyak  fitur mengalami  gangguan/bug. Namun beberapa bulan setelah dirilis Word 3.0, lalu Microsoft mengganti dengan versi Word 3.1 yang semakin stabil. Tahun berikutnya 1989, Microsoft merilis Word 4.0 dan  sudah sangat stabil. Pada akhirnya Microsoft Word memasuki sistem operasi Windows dengan patokan harga kisaran $500.

Dari tahun ke tahun, produk penjualan word tersebut semakin berkebang hingga Microsoft mulai merajai dunia pengolah kata. Adapun versi terbaru dari Microsoft Word adalah Microsoft Word 2013, dimana menggantikan versi sebelumnya yakni Microsoft Word 2007 dan 2010. Keunggulan Microsoft Word 2013 yang terbaru adalah banyak fitur seperti SkyDrive. Jadi jika Anda ingin menyimpan dokumen secara  online maka bisa menggunakan fitur  SkyDrive.

Pengertian Microsoft Word


Microsoft Word merupakan salah satu perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data baik berupa huruf maupun angka yang digunakan dalam keperluan pekerjaan, bisnis, pembuatan dokumen, makalah, skripsi, hingga  pembuatan laporan. Intinya program ini selalu berkaitan dengan tulis menulis yang memang dikembangkan oleh Perusahaan Microsoft.

Tentu saja kehadiran dari Microsoft Word mampu memberikan banyak perubahan di zaman digital  seperti ini. Pasalnya mesin ketik  yang  dahulu digunakan sudah tergantikan oleh Microsoft Word.  Dengan begitu, Anda dapat  dengan mudah membuat dokumen, menyimpannya, dan bisa langsung di cetak atau diprint.

Fungsi dan Manfaat Microsoft Word


Produk andalan Microsoft yang kini menjadi aplikasi pengolah kata paling popular saat ini. Beberapa fungsi dari Microsoft Word antara lain; (1) membuat dokumen dengan cepat dan tepat; (2) membuat dokumen yang dapat dicetak; (3) membuat surat menyurat dala urusan resmi maupun tidak resmi; (4) membuat keperluan tipografi penulisan; (5) menyimpan dokumen dalam forum tertentu dengan ukuran kecil.

Selain itu, manfaat menggunakan Microsoft Word diantaranya; (1) menghemat waktu dan tenaga; (2) mempermudah pelaksanaan kerja dalam urusan administrasi dan pengolahan kata; (3) mempercepat menyelesaikan pekerjaan karena terbilang efesien; (4) menghemat kertas dan biaya print; (5) meminimalisir tingkat kesalahan saat melakukan penulisan.

Keunggulan Microsoft Word


Keunggulan dari Microsoft Word adalah menyimpan dokumen dan dapat dibuka kapan pun dan dimana saja. Beberapa keunggulan atau kelebihan lain, yaitu: (1) ukuran dokumen jika tersimpan relative kecil sehingga tak banyak memakan ruang penyimpanan; (2) sebagai tempat untuk menyimpan dokumen dengan berbagai format sesuai kebutuhan pengguna; (3) tersedia tampilan reading view dan print view; (4) tersedia variasi gaya tulisan yang sangat menarik; (5) terkoneksi dengan SkyDrive.

Tidak hanya itu, ada keunggulan khusus dari adanya fitur-fitur menarik seperti adanya fitur untuk memasukkan gambar dan clipart, adanya fitur find dan replace untuk mempermudah mencari kata, tersedia fitur bullet dan numbering yang memudahkan dalam membuat poin penting pada dokumen, serta fitur lain yang memungkinkan untuk memudahkan penyelesaian pekerjaan atau tugas lain.

Kekurangan Microsoft Word


Jika ada kelebihan pasti tetap saja terdapat kekuranga pada Microsoft Word. Adapun kekurangan pada Word tersebut adalah ukuran untuk program penginstallan cukup besar, dan merupakan program aplikasi berbayar. Dengan begitu, sebetulnya kekurangan disini tidak menutup kemungkinan Microsoft Word semakin ditinggalkan oleh penggunanya. Hal ini karena fungsi paling penting pada Microsoft Word yaitu untuk membuat surat, membuat table, membuat tulisan dengan berbagai variasi, memasukkan gambar, serta membuat dokumen.

Itu dia pengertian Microsoft Word dan keunggulannya, serta beberapa kekurangan dari word tersebut. Semoga bisa menjadi bahan referensi Anda yang hendak belajar tentang dunia Microsoft Word, seperti pengetahuan sejarah dan penggunaannya dalam hal pekerjaan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel