Pengertian Media dan Beberapa Jenis Media

Berbicara tentang media, tentu sebelum kita  mengetahui apa itu pengertian media pasti sudah terlintas kan di kepala kita bahwa media memiliki banyak fungsi. Dalam proses pembelajaran misalnya, keberadaan media sangat mendukung dalam penyampaian materi.  Ya, dengan adanya media tersebut maka proses pembelajran pun akan berjalan dengan mudah dan juga cepat. Bukan hanya dalam pendidikan, media juga sangat penting digunakan dalam bidang lain ataupun di tempat –tempat lainnya.

Lalu apa sih pengertian dari  media tersebut ?  Nah jadi perlu anda ketahui jika media ini memiliki arti yaitu suatu bentuk dan saluran yang memiliki fungsi sebagai media penyampaian sebuah informasi atau pesan.  Kata media tersebut ternyata berasal dari kata latin lho. Yaitu media tersebut merupakan bentuk jamak dari kata “ medium”. Nah pengertian medium ini secara harfiah berarti "perantara" atau "pengantar". Maksud dari perantara dan pengantar disini yaitu perantara sumber pesan atau biasa disebut source dengan penerima pesan atau  receiver.

Pengertian media
Pengertian media pixabay.com


Nah mengenai media dan kegunaanya tersebut,  perlu anda ketahui jika media juga memiliki arti dan definisi berbeda-beda dari para ahli. Untuk mengetahui apa sajakah definisi media dari para ahli tersebut, simak uraian berikut ini ya !

Pengertian Media Menurut Beberapa Ahli



  1. Media Menurut Syaiful Bahri Djamarah

Pengertian media berdasarkan definisi  Djamarah yaitu  Media merupakan  alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.

  1. Media Menurut Arsyad

Definisi lain dari Media yaitu diungkakan oleh Arsyad yang menjelaskan bahwa Media bisa memiliki arti yaitu  sebagai perantara atau penyampai pesan dari pengirim pesan ke penerima pesan.  Media menurut Arsyad tersbut yaitu dapat berupa  bahan (software)  ataupun suatu alat (hardware).



  1. Media Menurut Gagne

Pendapat berbeda mengenai media juga diungkapkan oleh Gagne. Gagne menjelaskan bahwa Media memiliki arti komponen – komponen yang terdapat  pada lingkungan siswa.komponen tersebut memiliki fungsi  membantu merangsang siswa untuk belajar.



  1. Media Menurut National Education Asociation (NEA)

 Sedangkan pengertian Media Menurut National Education Asociation (NEA) mengungkapkan bahwa Media yaitu sarana komunikasi yang pengaplikasianya dalam bentuk cetak maupun dalam bentuk audio visual. Hal tersebut yaitu termasuk mencakup teknologi  serta perangkat kerasnya.



  1. Media Menurut Arif S Sadirman

Pengertian dari media menurut Arif S Sadirman yaitu Media merupakan sekumpulan alat fisik yang dapat menyajikan pesan. Media juga merupakan alat fisik yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Misalnya yaitu film, buku, atau VCD, dan lainya .



  1. Media Menurut Gerlach dan Ely

Berdasarkan pendapat dari Gerlach dan Ely pengertian media yaitu mencakup orang atau suatu kejadian yang dapat menciptakan sebuah kondisi. Suatu kondisi tersebutlah yang memungkinkan siswa untuk mendapatkan ketrampilan maupun pengetahuan bahkan sikap baru pada diri mereka. Contoh dari media tersebut yaitu meliputi  buku teks, guru, teman sebaya, lingkungan di dalam ataupun di luar sekolah dan lainya.



Jenis - Jenis Media



Berbicara tentang media , Perlu anda ketahaui jika media juga memilki berbagai jenis. Nah,bentuk dari  Jenis-jenis media secara umum adalah sebagai berikut

  1. Media Visual

Jenis media pertama yang perlu anda ketahui yaitu media visual. Berbicara tentang media visual tentu anda sudah sering mendengarnya kan? Nah, maksud dari media visual ini yaitu sebuah media  yang dapat dilihat, sesuatu yang bisa dilihat maupun diraba. Maksud dari pernyataan tersebut yaitu media visual ini dapat diaplikasikan melalui penglihatan maupun juga perabaan.  Media visual ini tentu mudah didapat atau anda pun bisa membuatnya sendiri.  Media visual ini bisanya sering digunakan dalam proses pembelajaran misalnya yaitu media foto, gambar, buku, miniatur, dan lain sebagainya.



  1. Media Audio

Nah, berikutnya yaitu media Audio. Berbeda dari edia visual,  media audio ini  yaitu sebuah media yang hanya dapat didengar saja.media ini tentu saja pengapikasianya yaitu menggunakan indera pendengaran atau telinga. Contoh dari media audio ini yaitu suara, musik dan lagu.

Media Audio Visual

Jenis dari media berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu media audio visual.  Media audio visual ini bisa dikatakan sebagai penggabungan dari media visual dan media audio yaitu media dapat didengar serta dapat juga dilihat secara bersamaan. Contoh dari media audio visual tersebut diantaranya yaitu media drama, pementasan, film, vcd / dvd. Bentuk dari media audio visual lainya yaitu internet.  Namun untuk internet ini sedikit berbeda karena pada internet mencakup berbagai format media  serta lebih lengkap sehinga disebut juga dengan multimedia.

Nah, itulah tadi sedikit penjelelasan mengenai pengertian media dan juga jenis-jenisnya yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Media dan Beberapa Jenis Media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel