Pengertian DNA, Struktur DNA, Fungsi DNA & Fungsi Biologi

Pernahkah kita mendengar istilah DNA ?. Iya biasanya DNA ini di lakukan untuk menguji seseorang apakah anak tersebut benar-benar anak kandungnya atau tidak. Tidak jarang jika kita mengetahui tentang DNA berasal dari infotaiment atau televisi. Karena pada umumnya sinetron memiliki narasi yang penuh intrik dan meceritakan suatu hal yang biasa terjadi pada sinetron atau sinema pada umumnya. Kita akan memberikan informasi yang falid tentang pengertian, fungsi, dan struktur DNA supaya lebih faham dan menambah wawasan terutama dalam dunia biologis atau kedokteran.
Pengertian DNA, Struktur DNA, Fungsi DNA & Fungsi Biologi

  1. Pengertian DNA

Apakah maksud dari DNA yang sebenarnya ?. Jika kemarin kita mengetahui tentang DNA dari sinetron,maka pemahaman akan tidak menjadi maksimal dan bisa jadi akan membuat kita salah faham karena minimnya penjelasan dan informasi mengenai DNA. DNA merupakan kepanjangan dari Deoxyribo nucleic Acid atau di dalam bahasa Indonesia di sebut dengan asam deoksiribonukleat. DNA terdiri dari 3 kata yaitu Deoxyribo, Nucleid Acid. Deoxyribo / gula pentosa adalah gula yang kehilangan atom eksigen, dan sedangkan asam nukleat atau Nucleid Acid adalah molekul yang memiliki kandungan informasi genetik.

DNA juga memiliki molekul yang berfungsi sebagai penyimpanan jangka panjang informasi. Segmen DNA terdapat informasi genetik yang di sebut dengan gen. Akan tetapi urutan DNA yang lain memiliki tujuan yang terstruktur dan mengatur penggunaan infromasi genetik. Karena memiliki tujuan yang terstruktur atau struktural maka dari itu, DNA memiliki sebuah struktur yang jelas. Struktur DNA juga merupakan berperan untuk menentukkan hasil dengan cara yang detail dan falid.

  1. Struktur DNA

DNA memiliki beberapa strutur , antara lain adalah :

  • Di struktur heliks ganda DNA terdapata helai yang di buat oleh ikatan hidrogen

  • Struktur sekunder terbentuk asam nukleat. Kemudian basa purina terpasang dengan pirimidin

  • Strukter sekunder pada pemasangan helai membentuk heliks ganda

  • Alur utama maupun alur kecil terbentuk dalam dua heliks ganda. Untai DNA / Deoxyribo nucleic Acid tidak berada pada gerakan yang simetris

Tidak hanya memiliki struktur DNA, ternyata Deoxyribo nucleic Acid atau DNA juga memiliki molekul yang terdiri dari adenin, sitosina, guanina, dan molekul gula yang nantinya akan berfungsi sebagai penyimpanan jangka panjanga terlebih pada informasi.

  1. Fungsi DNA

Selanjutnya sampai pada fungsi DNA yang akan menjelaskan seberapa kuat dan falid penggambaran dari hasil uji daripada DNA itu sendri. Fungsi DNA adalah sebagai warisan sel, artinya adalah bahwa DNA menyediakan penringatan pada generasi masa depan sel tunggal dan pada keseluruhan organisme multiseluler. DNA juga berfungsi mengendalikan asktivitas sel dan sebagai kumpulan unit informasi.

  1. Fungsi Biologi

Dan yang terakhir adalah fungsi daripada biologi. DNA dan biologi tentu saling berhubungan dan menghasilkan beberapa tujuan dan fungsi. Inilah beberapa fungsi biologi, yaitu :

  • Bahan genetik yang berbentuk kromosom linier

  • Informasi genetik di bawa DNA di kenal dengan gen

  • Set lengkap informasi di sebut dengan genotipe

  • Gen di sebut juga dengan unit dasar keturunan

  • DNA mempengaruhi karakteristik tertentu pada organisme

  • Urutan gen DNA mempengaruhi fenotipe organisme

  • Urutan DNA mendefinisikan urutan RNA yang memberikan satu atau lebih daripada urutan protein

  • Helai yang dilepaskan masing-masing untai dan menjadi pelengkap yang di ciptakan

Sekian pembahasan mengenai pengertian DNA, struktur DNA, fungsi DNA dan sampai pada fungsi biologi.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian DNA, Struktur DNA, Fungsi DNA & Fungsi Biologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel