Olahraga Adalah Aktivitas Fisik untuk Kebugaran

Olahraga Adalah- Apakah sering melakukan kegiatan olahraga? Aktivitas olahraga ini sangat baik kesehatan tubuh baik jasmani maupun rohani. Paling tidak Anda berolahraga tidak hanya sekali atau dua kali dala seminggu, tetapi setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan fit setiap saat, sekaligus untuk masa tua agar kelihatan bugar dan terhindar berbagai penyakit.

Olahraga adalah bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur dan melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Kegiatan berolahraga dapat dimulai sejak usia muda sampai usia lanjut. Setiap orang yang bergerak bisa dikategorikan sebagai bentuk olahraga. Nah, untuk lebih jelas mengenai apa maksud olahraga? Berikut ulasan selengkapnya!

Pengertian Olahraga


Seiring berkembangnya dunia teknologi membuat orang malas melakukan gerak, bahkan untuk berjalan ke kantor. Gerak dimaksud adalah berjalan, berdiri, jongkok, meloncat, melompat, melempar, dan meggemggam. Bahkan menyebabkan hampir semua kegiatan ditunjang oleh teknologi, seperti penggunaan remote control, komputer, lift, dan tangga berjalan. Maka tak heran, banyak masyarakat modern yang menderita penyakit kurang gerak.

Gaya hidup terus menerus dalam melakukan pekerjaan, ditambah faktor kurang gerak dan kebiasaan hidup kurang baik seperti merokok, pola makan tidak sehat maka dapat menimbulkan penyakit berbahaya, misalnya pembuluh darah, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kencing manis, berat badan berlebih, kanker usus, depresi, hingga kecemasan. Padahal dengan melakukan aktivitas gerak dan olahraga sangat diperlukan untuk mengolah tubuh, seperti berenang, basket, berenang, bulu tangkis, sepak bola, dan sebagainya.

Olahraga adalah aktivitas gerak yang bisa dilakukan demi meningkatkan kebugaran tubuh. Kegiatan fisik atau latihan fisik perlu menjadi gerakan masyarakat, apalagi dengan berolahraga masyarakat terhindar dari berbagai penyakit mematikan. Karena itulah, di setiap sekolah diberikan mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes) yang bertujuan agar kita tahu bahwa bergerak merupakan kegiatan sehat dan bugar.

Tujuan Olahraga


Hampir setiap orang melakukan aktivitas olahraga dengan tujuan-tujuan tertentu dan sangat beragam. Mungkin ada sekedar meluangkan waktu karena hobi, ada pula berolahraga untuk menurunkan berat badan, ada yang ingin untuk membuat otot-otot semakin bertambah besar, ada yang ingin memulihkan kondisi tubuhnya karena sakit, kemudian ada berolahraga untuk bermain, bahkan hingga berolahraga untuk memenuhi salah satu mata pelajaran di sekolahnya.

Jika dilihat dari tujuan olahraga maka dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu: (1) olahraga pendidikan, digunakan dalam kurikulum pendidikan; (2) olahraga rekreasi, digunakan untuk bersenang-senang, bergembira bersama teman atau keluarga; (3) olahraga prestasi, digunakan sebagai kejuaraan untuk dilombakan; (4) olahraga rehabilitas, digunakan untuk memperbaiki keadaan tubuh seseorang.

Manfaat Olahraga


Berbagai manfaat dari olahraga sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Bahkan dengan berolahraga akan meningkatkan percaya diri seseorang, meningkatkan kinerja otak, memperlancar peredaran darah, serta mengurangi risiko stress dan depresi. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang manfaat olahraga yang bisa Anda dapatkan.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Seseorang akan merasa bugar jika dia sehat, dan pasti sulit untuk terserang penyakit. Pasalnya orang yang bugar mempunyai kekebalan tubuh yang lebih baik karena meningkatnya kemampuan hormone di dalam tubuhnya.

  • Memperlancar peredaran darah. Kegiatan bergerak yang dilakukan secara rutin dan teratur akan bisa membantu memperlancar peredaran darah. Dengan begitu orang yang sering berolahraga terhindar dari penyakit darah tinggi dan stroke.

  • Meningkatkan kinerja otak. Olahraga yang teratur akan bisa meningkatkan konsentrasi, koordinasi, mental kuat, dan kreativitas. Hal ini karena berolahraga dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak melalui peredaran darah yang semakin lancar.

  • Meningkatkan kepercayaan diri seseorang, karena jika mahir dalam bidang apapun seperti berolahraga maka akan membuat orang tersebut merasa percaya diri.

  • Mengurangi risiko stress, termasuk keadaan seseoarng yang merasa gelisah terhadap sesuatu. Kegelisahan disini dapat diminimalisir dengan berolahraga jenis aerobik dominan seperti, berjalan, jogging, mendaki, senam.


Jenis-jenis Olahraga


Berenang

Berenang  merupakan salah olahraga yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan paru-paru. Pasalnya dengan berenang akan mampu membantu mengatur perpanasan.  Selain itu, berenang akan dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meninggikan badan, serta membentuk badan yang ideal terutama bagian bisep. Anda bisa berenang tiga kali dalam seminggu atau sekali dalam seminggu agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Berlari

Jenis olahraga yang satu ini paling umum dilakukan oleh semua orang.  Biasanya berlari sering dilakukan pada saat pagi hari atau sore hari. Beberapa manfaat dari berlari adalah memperbaiki tulang, membakar kalori tubuh, menambah massa otot dalam tubuh, dan mencegah risiko diabetes. Hanya dengan berlari maka kolesterol dalam tubuh Anda akan terbakar. Selain itu, berlari akan membuat kedua kaki bergerak sehingga menjadi lebih lentur dan terhindar dari penyakit rematik.

Lompat Tali

Olahraga murah lompat tali bisa Anda lakukan dimana saja dan kapanpun. Lompat tali akan banyak memberikan manfaat, seperti melancarkan peredaran darah sehingga semakin menyehatkan kulit, lompat tali juga mampu menurunkan berat badan. Jadi, lompat tali bukan hanya untuk menambah tinggi badan saja, tetapi cocok untuk Anda yang ingin menjalankan program diet.

Itu dia ulasan mengenai olahraga adalah kegiatan paling positif untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain berolahraga, pastikan Anda juga menerapkan pola makan sehat dan istirahat yang cukup agar tubuh terhindar dari penyakit.

Belum ada Komentar untuk "Olahraga Adalah Aktivitas Fisik untuk Kebugaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel