Kenapa TUGAS KOMITE SEKOLAH itu penting yuk lihat alasannya!

KOMITE SEKOLAH - Pendidikan dengan segala persoalan yang menyangkut di dalamnya menuntut adanya sistem yang baik dan kinerja maksimal yang dapat mendukung kemajuan pendidikan. Hal itu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, dan juga perangkat sekolah. Melainkan, dibutuhkannya lembaga atau badan yang berfungsi dalam meningkatkan mutu dan jaminan pendidikan yang berkualitas. Salah satunya adalah dengan berdirinya komite sekolah.

Sebelum membahas terkait tugas komite sekolah, alangkah baiknya untuk mengetahui siapa komite sekolah. Komite sekolah adalah sebagai Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan (BP3). Sedangkan menurut kemendiknas, Komite sekolah merupakan satuan badan mandiri yang menjadi platform atau yang mewadahi keterlibatan masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan di luar sekolah (Kepmendiknas nomor: 044/u/2002).  Untuk lebih jelasnya. lihat artikel sebelumnya tentang “komite sekolah”.

Kenapa TUGAS KOMITE SEKOLAH itu penting yuk lihat alasannya!

LANDASAN TUGAS KOMITE SEKOLAH


Sebagai badan pembantu penyelenggara pendidikan, komite sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Merujuk pada PP nomor 17 tahun 2010 (PP nomor 66 tahun 2010) tantang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, komite sekolah memiliki peran dan fungsi berupa:

“Komite sekolah/madrsah berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Komite sekolah/madrasah menjalankan fungsinya secara mandiri dan profesional”

Di sisi lain, jika merujuk pada permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 3 ayat (1) disebutkan bahwa komite sekolah bertugas mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Komite sekolah juga bertugas memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait; kebijakan dan program sekolah; Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RAPBS/RKAS)

Sehingga dapat disimpulkan bahwa komite sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab dalam memberi dukungan, arahan serta pengawasan dalam pelayanan sekolah. Untuk melaksanakan tugas yang demikian, komite sekolah harus memiliki upaya untuk melakukan koordinasi dan komunikasi secara rutin bersama perangkat sekolah, sehingga terciptanya kerja sama yang koordinatif dan efektif. Adapun tujuan dibentuknya komite sekolah berupa:

  • Untuk membentuk wadah dalam menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan pada berbagai satuan pendidikan;

  • Untuk Meningkatkan tanggung jawab dan keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan

  • Untuk menciptakan lingkungan dan kondisi yang transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di satuan pendidikan.

PERAN DAN FUNGSI KOMITE SEKOLAH


Demi terlaksananya pendidikan yang berkualitas, komite sekolah sebagai pembantu penyelenggara pendidikan tentunya memiliki peran dan fungsi sebagai tugas yang harus dijalankan. Sebagaimana yang dijelaskan sebagai berikut:

  • Berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggara pendidikan yang bermutu;

  • Melakukan kerja sama dengan masyarakatbaik secara perorangan/organisasi/ dunia usaha/ dunia industri dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas;

  • Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang dispirasikan oleh masyarakat;

  • Turut serta dalam memberikan masukan maupun pertimbangan-pertimbanganyang dapat dijadikan rekomendasi kepada satuan pendidikan mengenai:


  1. Kebijakan dan program pendidikan;

  2. Rencana Anggaran Pendidikan dan Belanja Sekolah (RAPBS);

  3. Kriteria kinerja satuan pendidikan;

  4. Kriteria tenaga kependidikan;

  5. Kriteria fasilitas pendidikan;

  6. Hal-hal yang terkait dengan pendidikan;


  • Berperan untuk nendorong orang tua dan masyarakat untuk turut serta berpartipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan;

  • Melakukan penggalangan dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan;

  • Melakukan evaluasi danpengawasan terhadap kebijakan yang ditetapkan, berbagai program, dan penyelenggaraan serta output pendidikan di satuan pendidikan.

Itulah tugas dan fungsi komite sekolah sebagai lembaga pembantu penyelenggara pendidikan yang bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa TUGAS KOMITE SEKOLAH itu penting yuk lihat alasannya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel