Jenis-jenis Sejarah

Pengertian sejarah secara singkat adalah suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau. Sejarah sendiri identik dengan konsep ruang dan juga waktu dimana sejarah terjadi disuatu tempat dan juga terjadi pada rentan waktu tertentu. Suatu kejadian atau peristiwa dikatakan sebagai suatu peristiwa sejarah jika berpengaruh terhadap kehidupan baik individu maupun masyarakat luas. Sejarah tentunya terjadi sejak jaman dahulu bahkan sejak manusia belum mengenal tulisan sejarah sudah terjadi. Peristiwa sejarah bisa bermacam-macam dan dilihat dari segala bidang dan juga terjadi pada kurun waktu yang cukup lama sekali sehingga sejarah dibedakan dan dibatasi dengan ruang dan waktu. Batasan-batasan dalam menentukan sejarah disebut juga dengan jenis-jenis sejarah.

Jenis sejarah dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu :

  • Sejarah berdasarkan Wilayah

  • Sejarah berdasarkan Waktu

  • Sejarah berdasarkan Tema


Tentunya pembagian jenis kelompok sejarah diatas adalah dengan maksud agar suatu peristiwa bisa benar-benar ditulis dan dipahami secara baik. Berikut penjelasan mengenai ketiga kelompok sejarah diatas beserta contohnya.

 

Sejarah Berdasarkan Wilayah


Sejarah jika dilihat dari segi wilayah atau tempat terjadinya suatu peristiwa dibedakan menjadi 4 yaitu :

  1. Sejarah Lokal


Sejarah lokal dapat diartikan sebagai suatu peristiwa yang terjadi di suatu daerah atau wilayah tertentu dalam artian sejarah ini sifatnya sempit. Bisa diambil contoh sejarah perang Palagan Ambarawa yang terjadi di Ambarawa, Jawa Tengah yang merupakan kejadian sejarah dalam suatu daerah kecil atau satu daerah saja dan tidak menjadi sebuah peristiwa sejarah di Jawa Tengah secara keseluruhan. Sejarah lokal memiliki suatu batasan wilayah yang mengakibatkan pengaruh sejarah tersebut hanya terjadi dalam skala lingkungan yang lebih kecil.

  1. Sejarah Nasional


Jika sejarah lokal hanya mencakup wilayah yang sempit maka sejarah nasional diartikan sebagai suatu peristiwa yang mencakup wilayah yang lebih luas atau lebih tepatnya adalah sejarah suatu negara yang meliputi banyak aspek sejarah seperti politik, ekonomi dan lainnya. Contoh tentang sejarah nasional adalah buku yang bertajuk ‘babon’ yang berisi tentang sejarah nasional Indonesia.

  1. Sejarah Regional


Sejarah regional cakupan wilayahnya lebih luas lagi artinya mencapai batas-batas negara. Sejarah regional pada dasarnya merupakan sejarah yang terjadi di dalam kawasan regional suatu negara satu dengan negara lainnya yang masih memiliki kesamaan artinya masih dalam satu rumpun yang sama. Sebagai contoh wilayah regional adalah kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan dan lain-lain. Sejarah regional terjadi dan berdampak bagi negara yang berada pada kawasan yang sama jika sejarah itu terjadi di wilayah regional Asia Tenggara maka negara-negara yang terkena dampak adalah negara yang merupakan anggota dari kawasan Asia Tenggara.

  1. Sejarah Internasional


Sejarah internasional berarti sejarah yang terjadi di masa lampau yang dampaknya dirasakan oleh semua orang. Tentunya cakupan wilayah sejarah internasional paling luas yaitu mencakup seluruh wilayah di dunia. Sejarah yang termasuk kedalam sejarah internasional diantaranya ada sejarah tentang peradaban manusia, sejarah tentang penemuan-penemuan dan sejarah lainnya yang berdampak besar.

Sejarah Berdasarkan Waktu


Merupakan sejarah yang dibatasi oleh periode waktu tertentu yang artinya suatu sejarah terjadi dalam waktu, periode atau zaman yang berbeda. Untuk lebih jelasnya maka akan diambil contoh dari buku sejarah nasional Indonesia yang mengelompokkan sejarah berdasarkan waktu seperti berikut :

  1. Masa Prasejarah


Masa prasejarah terjadi dimana manusia pertama kali hidup di bumi dan jaman dimana manusia belum mengenal tulisan atau aksara. Masa prasejarah di Indonesia dengan wilayah atau negara lain berbeda-beda tergantung dari masing-masing faktor yang mempengaruhi. Jika masa prasejarah dimulai saat manusia belum mengenal tulisan maka masa prasejarah akan berakhir saat manusia mulai mengenal tulisan.

  1. Masa Pengaruh Hindu Budha


Hindu Budha merupakan kepercayaan dari India yang telah ada sejak ribuan tahun sebelum Masehi. Hindu Budha dipercaya sebagai agama atau kepercayaan yang paling tua dan pertama di dunia. Kepercayaan ini pertama kali datang ke Indonesia sekitar tahun 100 Masehi yang dibawa oleh kerajaan Hindu-Buddha yang berdiri di Indonesia. Masa penyebaran kepercayaan Hindu-Buddha di Indonesia berlangsung cukup lama dan melalui banyak kerajaan-kerajaan. Berakhirnya masa kerajaan Hindu-Buddha khususnya di Indonesia ditandai dengan mulai runtuhnya kerajaan besar Hindu-Buddha di Indonesia. Pada periode ini sejarah Indonesia disebut sebagai periode klasik. Pengaruh sejarah dan penyebaran kepercayaan Hindu-Buddha tetap ada hingga saat ini meskipun periode atau masa penyebarannya sudah berakhir.

  1. Masa Masuknya Islam


Masuknya Islam di Indonesia sudah terjadi sejak abad ke 11 dan masuknya Islam di Indonesia termasuk dalam faktor yang berakhirnya periode Hindu-Buddha di Indonesia. Kepercayaan Islam pertama kali dibawa oleh para pedagang atau perantau dari negara lahirnya Islam yaitu Arab. Kepercayaan islam juga membuat kerajaan yang dulunya bercorak Hindu-Budha berubah menjadi kerajaan Islam. Berakhirnya masa atau periode ini adalah ditandai dengan masuknya kolonialisme pada abad ke 16. Meskipun periode telah berakhir namun dampak dan juga kepercayaan Islam di Indonesia tetap ada hingga saat ini.

  1. Masa Kolonial


Sejarah Indonesia selanjutnya adalah periode atau masa dimana masuknya kolonialisme di Indonesia. Berawal dari kedatangan bangsa asing atau sekutu ke Indonesia dengan tujuan berdagang dan mencari rempah-rempah kemudian berubah menjadi sebuah penjajahan dimana Indonesia terjajah oleh Belanda selama kurang lebih 3,5 abad dimulai dari awal kedatangannya sekitar kurang lebih abad 16 hingga abad 19. Masa atau periode kolonial berakhir pada pertengahan abad 19 tepatnya tahun 1942. Berakhirnya periode ini akibat dari kalahnya sekutu atau Belanda terhadap Jepang yang nantinya akan menggantikan posisi Belanda di Indonesia sebagai penjajah dan memulai periode baru.

  1. Masa Pergerakan Nasional


Merupakan masa atau periode dimana rakyat Indonesia mulai membentuk suatu pergerakan dan organisasi Nasional guna membantu mengusir penjajah Belanda. Masa ini diawali dengan pembentukan organisasi pada tahun 1905 yang dikenal dengan organisasi sarekat Islam dan Budi Utomo pada tahun 1908 kemudian masa ini diakhiri dengan datangnya Jepang ke Indonesia tahun 1942.

  1. Masa Pendudukan Jepang


Masa pendudukan Jepang dimulai pada tahun 1942 yang menerima kekuasaan penuh di Indonesia menggantikan Belanda yang telah kalah. Tujuan dari Jepang di Indonesia selain menjajah adalah agar Indonesia ikut membantu Jepang dalam segi apapun mulai dari perang hingga sumber daya lainnya. Masa atau periode Jepang di Indonesia berakhir sejak kekalahan Jepang atas Sekutu dan menyerah tanpa syarat pada tahun 1945. Kemudian periode sejarah Indonesia selanjutnya dilanjutkan dengan periode kemerdekaan.

  1. Masa Kemerdekaan


Masa kemerdekaan Indonesia terjadi setelah Jepang tidak lagi berkuasa atas Indonesia dikarenakan mengalami kekalahan oleh Sekutu. Kemerdekaan Indonesia terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang secara garis besar Indonesia telah menyatakan kemerdekaannya. Masa atau periode kemerdekaan berakhir dengan ditandainnya kedatangan kembali Sekutu atau Belanda ke Indonesia dengan maksud ingin kembali menguasai Indonesia.

  1. Masa Revolusi


Masa dimana Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang mencoba menjajah kembali Indonesia. Walaupun Indonesia sudah menyatakan kemerdekaannya namun Belanda masih mencoba untuk menguasai Indonesia dan akhirnya terjadi peperangan yang terjadi diberbagai daerah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Masa atau periode ini berakhir dengan adanya Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Bellanda pada tahun 1950.

  1. Masa Orde Lama


Masa dimana Indonesia mulai membangun kembali tatanan negara setelah Belanda secara resmi sudah tidak ikut campur di dalam urusan kenegaraan Indonesia. Banyak peristiwa yang terjadi di dalam orde lama yang terhitung sangat penting dalam sejarah Indonesia. Periode atau masa orde lama berakhir dengan diserahkannya pernyataan kewenangan kekuasaan Soekarno kepada Soeharto yang ditunjuk sebagai presiden kedua Indonesia pada tanggal 20 Februari 1967.

  1. Masa Orde Baru


Periode ini diawali dengan menjabatnya Soeharto sebagai presiden RI menggantikan Ir. Soekarno dengan artian seluruh kebijakan, peraturan di dalam orde lama digantikan dengan kebijakan orde baru atau kebijakan dari presiden Soeharto. Masa ini berakhir dengan adanya krisis moneter tahun 1998 yang mengakibatkan demontrasi serentak di Indonesia. Pada tanggal 21 Mei 1998 secara resmi presiden Soeharto mundur dari jabatannya dan menandai periode orde baru yang sudah berakhir.

  1. Masa Reformasi


Masa atau periode yang dimulai sejak berakhirnya kekuasaan Soeharto sebagai presiden RI dan mulai era yang baru atau disebut era reformasi. Sejak awal era reformasi Indonesia sudah berganti 5 presiden yang diantaranya : Presiden Habibie, Presiden Gus Dur, Presiden Megawati, Presiden SBY dan presiden Jokowi. Masa reformasi sudah berganti kebijakan dan juga peraturan bergantung pada presiden yang menjabat dan masih berjalan hingga saat ini.

Sejarah Berdasarkan Tema


Merupakan sejarah yang memiliki cakupan yang luas dalam segi apapun. Berikut penjelasan mengenai macam sejarah berdasarkan Tema yang dibedakan manjadi 12 yaitu :

  1. Sejarah Keluarga


Apa maksud dari sejarah keluarga? Yang dimaksud sejarah keluarga disini adalah pencarian peristiwa atau sejarah berdasarkan sumber-sumber dokumen dan lain-lain mengenai suatu keluarga. Untuk lebih jelasnya bisa membaca buku berjudul “ The History of The Western Family “ karya sejarawan Anderson. Di dalam buku tersebut ada 4 cara pendekatan untuk mengkaji suatu sejarah keluarga yaitu : psikohistori, demografi, sentimen keluarga, ekonomi keluarga.

  1. Sejarah Ekonomi


Sejarah ekonomi merupakan peristiwa atau sejarah yang dilatarbelakangi oleh kegiatan ekonomi ataupun berkaitan dengan suatu kegiatan masyarakat secara luas. Sejarah ekonomi sebenernya sudah dimulai sejak manusia mulai mengenal sistem jual beli atau lebih jelasnya sudah mengenal sistem ekonomi. Buku pertama yang membahas tentang sejarah ekonomi adalah buku karangan Adam Smith yang berjudul “ Wealth of Nations “ pada abad ke 19. Seiring berjalannya waktu sejarah ekonomi dibedakan menjadi dua yaitu sejarah ekonomi tradisional dan sejarah ekonomi baru.

  1. Sejarah Sosial


Merupakan sejarah murni kehidupan sosial masyarakat atau manusia tanpa adanya pengaruh lain. Beberapa ahli mempunyai pendapat masing-masing mengenai apa itu sejarah sosial diantaranya :

  • Menurut Robert J Bezucha


Sejarah sosial adalah sejarah budaya yang mengkaji kehidupan sehari-hari anggota masyarakat dari lapisan yang berbeda dan periode yang berbeda-beda.

  • Menurut Hobsbawn


Sejarah sosial adalah mengkaji sejarah dari orang orang-orang yang miskin atau kelas bawah, gerakan-gerakan sosial, berbagai kegiatan manusia sebagai tingkah laku, adat istiadat dan kehidupan sehari-hari.

Dari penjelasan beberapa ahli diatas dapat disimpulkan bahwa sejarah sosial itu sangat kental dengan kegiatan dan kehidupan masyarakat.

  1. Sejarah Kebudayaan


Sejarah kebudayaan bisa diartikan sebagai suatu peristiwa budaya yang ada di masyarakat. Sejarah budaya mempunyai definisi yang cukup luas dan akan sangat sulit mendefinisikan secara pasti. Berikut beberapa petikan mengenai pendapat ahli tentang arti dari sejarah kebudayaan.

  • Menurut Sartono Kartodirdjo


Sejarah kebudayaan adalah sejarah yang mengemukakan semua perwujudan baik yang berupa struktur maupun proses dari kegiatan manusia dalam dimensi ideasional, etis dan estetis.

  • Menurut Sjamsuddin


Sejarah kebudayaan adalah sejarah yang mengemukakan semua manifestasi keberadaan manusia berupa bukti atau saksi seperti arifact ( fakta benda ), menifact ( fakta mental kejiwaan ), socifact ( fakta hubungan sosial ).

Tentu sangat sulit mendefinisikan sejarah kebudayaan karena dilihat dari pendapat dua ahli di atasyang sedikit berbeda.

  1. Sejarah Politik


Sejarah politik merupakan sejarah dengan penulisan yang paling banyak dan mendapatkan porsi yang cukup besar. Penulisan sejarah politik sendiri sebenarnya sudah dimulai pada jaman dahulu tepatnya jaman kerajaan yang dimana setiap kerajaan akan meninggalkan sebuah peninggalan atau catatan yang dimana akan tertulis silsilah keluarga raja dan kehidupan kerajaan.

Seiring berkembangnya sejarah dan waktu muncul penulisan sejarah politik dengan konsep baru atau disebut dengan “ sejarah politik gaya baru “.Dengan konsep baru ini penulisan sejarah politik lebih berkembang dari penulisan yang sebelumnya dengan mengambil unsur sosial, ekonomi dan lain-lain.

  1. Sejarah Kebudayaan Rakyat


Apa perbedaan sejarah kebudayaan dengan sejarah kebudayaan rakyat? Tentunya hampir sama namun sejarah kebudayaan rakyat hanya mengarah pada suatu masyarakatnya saja. Tingkat pembahasan sejarah kebudayaan rakyat mencakup wilayah yang lebih kecil. Jika ingin lebih jelas bisa dengan membaca buku sejarah kebudayaan rakyat karya Rustopo yang berjudul “ Orang-orang Tionghoa dalam Kebudayaan Jawa “.

  1. Sejarah Demografi


Sejarah demografi merupakan penulisan sejarah mengenai hal-hal yang menyangkut kependudukan atau penduduk. Penulisan ini menyangkut banyak tentang data penduduk yang didalamnya banyak terdapat unsur-unsur terkait. Sejarah demografi sendiri sebenarnya sudah ada sejak jaman kerajaan jaman dahulu penulisan ini sempat tidak populer dan akhirnya kembali dipopulerkan oleh John Graunt melalu bukunya yang berjudul “ Natural and Politticat Observation Made Upon the Bills “ pada tahun 1662.

  1. Sejarah Intelektual


Merupakan sejarah yang dimana menuliskan tentang pemikiran-pemikiran manusia. Sejarah ini menuliskan pemikiran seseorang tentang banyak hal seperti pemikiran ekonomi, politik, kebudayaan dan lain-lain. Sejarah intelektual juga menuliskan pengaruh pemikiran seseorang terhadap banyak orang secara luas. Jika ingin lebih jelasnya silahkan membaca buku karya Peter Kasenda yang berjudul “ Soekarno Muda “ yang merupakan salah satu contoh penulisan sejarah intelektual.

  1. Sejarah Etnis


Penulisan sejarah etnis menyangkut banyak sekali aspek dalam masyarakat khususnya sepeti aspek sosial, ekonomi, kebudayaan dan lain-lain. Untuk menyusun penulisan sejarah etnis harus dilakukan secara benar dan harus dilakukan pendalaman terhadap apa yang akan dicantumkan agar isinya benar-benar sesuai dengan tatanan kehidupan. Sejarah etnis mulai digunakan sebagai penulisan sejarah pada tahun 1940.

  1. Sejarah Psikologi


Penulisan sejarah ini tidak sepopuler dengan penulisan sejarah lainnya dan kurang mendapat perhatian dalam ilmu sejarah. Penulisan sejarah psikologi harus benar-benar dilakukan secara mendalam dan data yang didapat harus sesuai. Penulisan ini walaupun kurang populer namun tetap dapat membantu dalam proses penentuan sejarah melalui segi yang berbeda. Jika ingin lebih jelas silahkan membaca buku karya Dr. George Boeree yang berjudul “ Sejarah Psikologi Dari Masa Kelahiran Sampai Masa Modern “.

  1. Sejarah Medis


Sepeti namanya penulisan sejarah ini berkaitan dengan dunia medis atau kesehatan. Sejarah medis dimula dari kesadaran para dokter akan pentingnya pemahaman terhadap tradisi pengobatan yang berbeda dari jaman dulu. Seiring berjalannya waktu sejarah medis mulai digemari bukan hanya oleh penulis yang paham dengan ilmu kedokteran namun juga terhadap ilmuwan dari bidang lainnya juga ikut tertarik dalam membahas serta memahami sejarah medis.

  1. Sejarah Pendidikan


Sejarah pendidikan memiliki kajian yang sangat luas dan sejarah pendidikan sendiri sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu bisa dikatakan juga dengan sejak munculnya sejarah maka sejarah pendidikan juga muncul. Aspek dalam sejarah pendidikan hampir menyangkut semua aspek dalam kehidupan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis sejarah yang dibagi dalam beberapa kategori. Adapun jenis-jenis sejarah bisa menjadi bahan pembelajaran bagi semua orang tanpa terkecuali.  Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel