Inilah Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen - Ilmu perilaku konsumen memang biasa dipelajari dalam mata pelajaran ekonomi. Menurut beberapa pendapat bahwa ilmu perilaku konsumen merupakan ilmu tentang bagaimana individu mengambil suatu keputusan dalam penggunaan sumber daya yang dimiliki. Sedangkan perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan melalui pembelian dan penggunaan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam kehidupan sehari-hari, seperti faktor sosial, faktor budaya, dan faktor pribadi. Namun sebelum membahas persoalan tersebut, ada baiknya Anda ketahui dahulu pengertian perilaku konsumen menurut para ahli dan teori perilaku konsumen yang memicu perilaku konsumen tersebut. Nah, simak ulasan lengkap di bawah ini.

Pengertian Perilaku Konsumen


Menurut Kotler dan Keller, perilaku konsumen merupakan studi bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan menempatkan barang, jasa, ide, atau pengalaman untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka.

Perilaku konsumen menurut Schiffman dan Kanuk, yakni menggambarkan cara individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang-barang yang berlangganan dengan konsumen.

Sedangkan menurut Basu Swastha, perilaku konsumen adalah kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa, termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.

Teori Perilaku Konsumen


Menurut Swastha dan Handoko, bahwa teori perilaku konsumen dibagi ke dalam empat kelompok, yaitu:

Teori Ekonomi Mikro

Teori ekonomi mikro yang dimaksud adalah setiap keputusan dalam membeli termasuk hasil dari perhitungan ekonomis rasional yang sadar. Biasanya pembeli individual akan berusaha untuk mempergunakan barang-barang yang akan memberikan kegunaan/kepuasan paling banyak, yakni sesuai dengan selera dan harga relatif.

 Teori Sosiologis

Teori sosiologis lebih menekankan kepada hubungan maupun pengaruh antara individu yang dikaitkan dengan perilaku mereka, sehingga lebih bersifat mengutamakan perilaku kelompok dari pada perilaku individu.

Teori Psikologis

Teori psikologis didasari oleh faktor psikologis individu untuk selalu dipengaruhi oleh kekuatan lingkungan tertentu. Dimana penerapan dari teori-teori tersebut di bidang psikologis dalam menganalisa perilaku konsumen.

Teori Anthropologis

Teori Anthorpologis merupakan teori yang menitikberatkan pada tingkat laku pembelian dari suatu kelompok, tetapi kelompok yang diteliti termasuk kelompok masyarakat seperti sub kultur/kebudayaan daerah, kebudayaan luas, dan strata sosial.

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, mulai dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis, seperti penjelasan berikut:

Faktor Pribadi

Faktor pribadi merupakan keputusan membeli yang dipengaruhi oleh karakteritik pribadi tanpa pengaruh orang lain. Adapun karakteristik tersebut diantara lain usia dan tahap sikluk hidup, keadaan ekonomi, pekerjaan, konsep diri, gaya hidup, nilai, dan juga kepribadian seseorang. Dimana faktor pribadi muncul karena keinginan sendiri yang harus dipenuhi dalam memenuhi kebutuhannya.

Faktor Psikologi

Faktor psikologis bisa dipengaruhi atas dasar rangsangan dari luas, seperti teknologi, ekonomi, budaya, dan politik. Psikologis akan berkombinasi dengan karakteristik perilaku konsumen untuk mendapatkan proses keputusan pembelian. Ada empat proses psikologis, yaitu motivasi, ingatan, presepsi, dan pembelajaran, sehingga secara fundamental akan mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap rangsangan pemasaran.

Faktor Budaya

Faktor budaya meliputi budaya umum, sub-budaya, dan kelas sosial sangat mempengaruhi perilaku pembelian. Masing-masing budaya memang terdiri dari sejumlah sub-budaya yang menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi anggotanya. Sub-budaya mencakup suku, kebangsaan, agama, ras, dan kelompok para anggota. Jika sub-budaya menjad lebih besar, maka

Budaya termasuk penentu keinginan seseorang sebagai bentuk paling dasar perilaku konsumen. pihak perusahaan akan merencanakan program pemasaran yang lebih luas. Karena itulah, anak-anak yang sedang tumbuh akan memperoleh seperangkat presepsi, preferensi, nilai dan perilaku dari keluarga maupun lembaga yang berpengaruh.

Faktor Sosial

Perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, misalnya keluarga, kelompok acuan, status sosial, dan peran. Biasanya kelompok acuan terdiri dari semua kelompok yang mempunyai pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap perilaku orang tersebut. Sedangkan keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang penting dalam masyarakat maupun para anggota keluarga sebagai kelompok primer.

Sementara itu, status sosial dan peran seseorang akan menunjukan kedudukan orang tersebut dalam setiap kelompok sosial yang dia tempati. Adapun peran meliputi aktivitas yang diharapkan akan dilakukan oleh setiap orang, dimana masing-masing peran akan menghasilkan status. Misalnya seseorang yang memiliki peran sebagai direktur sehingga status lebih tinggi daripada pegawai kantor. Biasanya perannya akan lebih membutuhkan keinginan dan kebutuhan dalam hal keunggulan, seperti membeli mobil mewah, rumah mewah, dan barang-barang mahal.

Demikian pengertian perilaku konsumen, teori perilaku konsumen, dan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam ilmu perilaku konsumen. Sebetulnya ada beberapa faktor lain bagi perilaku konsumen, seperti  faktor lingkungan namun yang paling berpengaruh hanya faktor di atas saja.

 

Belum ada Komentar untuk "Inilah Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel