Inilah Arti Globalisasi yang Sebenarnya

Arti Globalisasi - Belakangan ini globalisasi semakin meranah ke berbagai bidang apapun sehingga membuat pengertian globalisasi sangatlah luas. Secara bahasa bahwa pengertian globalisasi merupaka proses integrasi internasional dan terjadi akibat adanya pertukaran pandangan dunia, produk, dan pemikiran dari berbagai aspek kebudayaan lainnya. Bahkan globalisasi sudah dalam pengertian pada dunia internet yang tidak ada batasannya.

Proses globalisasi juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari infrastruktur transportasi, teknologi internet, pertukaran pelajar dan lain sebagainya. Namun pada umumnya globalisasi selalu berkaitan dengan perubahan menyeluruh di bidang ekonomi, gaya hidup, industru, dan aspek lainnya. Lantas, seperti apakah arti globalisasi yang sebenarnya? Berikut ulasan dari pengertian globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan.

Pengertian Globalisasi

Secara etimologi kata globalisasi diambil dari bahasa Inggris, yakni globalize yang berarti universal atau menyeuruh. Kemudian imbuhan kata “ization”, pada kata Globalization artinya proses mendunia. Jadi  arti globalisasi adalah proses sesuatu baik informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi yang mendunia.

Menurut Malcom Waters, globalisasi adalah membuat batasan geografis dan budaya menjadi samar dalam pikiran seseorang karena semuanya menjadi satu. Sedangkan Mansour Fakih menyebutkan bahwa era globalisasi ditandai dengan semakin majunya peran pasar, investasi, dan bidang ekonomi secara global saling berhubungan satu sama lainnya.

Dengan demikian adanya globalisasi tentu didukung dengan kemunculan teknologi yang semakin  lama semakin berkembang, sehingga memudahkan   kehidupan manusia. Karena itulah, di zaman globalisasi seperti sekarang ini apapun yang kita lakukan menjadi lebih   mudah. Tetapi di satu sisi adanya globalisasi memicu dampak tertentu, baik dampak positif maupun dampak negatif.

Faktor Penyebab Globalisasi

Perkembangan Teknologi Informasi dan Transportasi

Kemunculan informasi dan transportasi memang berperan besar dalam proses globalisasi di dunia saat ini. Adapu teknologi yang semakin maju sehingga memicu kegiatan transaksi jual-beli antar Negara menjadi semakin mudah. Dalam teknologi internet misalnya, perkembangan bisnis E-commerce sangatlah banyak dan pesat, dimana kita dengan mudahnya dapat bertransaksi tanpa harus datang ke tempat penjual.

Selain itu, berkembangnya internet pada jejaring media sosial yang membuat kita semakin dekat meskipun jarak kita sangat jauh. Penggunaan media sosial semacam ini bisa ditemukan di berbagai fitur video call sehingga Anda dapat melihat gambar pada saat sedang berbicara melalui telepon.

Kemudahan Pengiriman Barang dan Jasa

Globalisasi membuat masyarakat antar Negara bisa saling mengirimkan barang dan jasa satu sama lainnya. Tentu saja kemudahan dalam mengirim barang akan memicu banyak produk asing masuk ke dalam negeri. Sebagai contoh, produk fashion asal Korea Selatan yang kini tengah popular bagi anak muda Indonesia. Nah, ketika orang Indonesia menggunakan produk dari Negara lain, maka terjadi  proses asimilasi atau penggabungan kebudayaan antar Negara.

Kerjasama Ekonomi Internasional

Seiring berjalannya waktu maka antar Negara pasti saling membutuhkan demi memenuhi kebutuhan di negaranya. Kerjasama ekonomi antar Negara di dunia merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya globalisasi. Faktor inilah yang biasanya memicu perdagangan internasional sehingga proses globalisasi terjadi secara terus menerus.

Sumber Daya Alam Berkurang

Siapa sangka beberapa dari sumber daya alam akan mengalami pengurangan dan bahkan habis dalam setiap tahunnya. Hal tersebut yang menyebabkan beberapa Negara untuk berinvestasi di Negara lain guna mengeruk sumber daya di Negara tujuan. Misalnya saja tambang emas Freeport di Papua, Indonesia yang kini semakin dikeruk oleh pihak asing.

Konflik Antar Negara Berkurang

Saat ini kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya hubungan internasional menimbulkan berkurangnya konflik yang terjadi antar Negara. Pasalnya ketika antar Negara melakukan hubungan internasional maka akan terjadi proses globalisasi. Maka dari itu, globalisasi berdampak baik bagi suatu Negara mengingat mampu meminimalisir pertentangan antar Negara.

Dampak Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

Ada beberapa dampak positif dari globalisasi, yaitu: (1) teknologi informasi berkembang sangat pesat; (2) kemudahan dalam pengembangan ilmu pengetahuan; (3) penyebaran informasi lebih cepat dan mudah; (4) sikap toleran dan cosmopolitan masyarakat dunia; (5) hubungan internasional antar Negara semakin baik; (6) peningkatan hubungan antar Negara di sektor ekonomi; (7) kemudahan berkomunikasi dengan orang lain di seuruh dunia.

Dampak Negatif Globalisasi

Sementara dampak negatif dari globalisasi meliputi: (1) masyarakat lebih konsumtif daripada produktif dan cenderung kehilangan kreativitas di dalam diri, karena meniru trend di luar negeri; (2) masukknya paham yang tidak sesuai dengan ideology Negara dan menimbulkan konflik di masyarakat; (3) timbul informasi yang tidak akurat; (4) masyarakat terpengaruh budaya luar yang tak sesuai dengan budaya lokal.

Demikian arti globalisasi dan faktor penyebab munculnya globalisasi sehingga memicu dampak positif maupun negative dalam kehidupan sehari-hari. Sebaiknya adanya globalisasi sekarang ini mengharuskan kita semakin bijak dalam menerima informasi apapun, mengingat penyebaran globalisasi tidak dapat dihentikan.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Arti Globalisasi yang Sebenarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel