Ini dia TUGAS POKOK DAN FUNGSI SATPAM biar aman

Definisi dan Tujuan Satpam

Aman adalah kondisi yang bebas dari ancaman, gangguan dan hal-hal lain yang berisiko. Keamanan adalah salah satu aspek fundamental yang harus diperhatikan. Sebab, dalam kehidupan keamanan menjadi hak bagi semua orang. Rasa aman tercipta apabila minimnya ancaman maupun adanya pengawasan yang intens dalam menjaga suatu lingkungan. Istilah keamanan tentunya erat dengan kata “satpam” yang memiliki kepanjangan sebagai “satuan pengamanan”. Adapun keberadaan satpam dibentuk  oleh satuan individu ataupun kelompok dengan tujuan untuk mengamankan.

Jika merujuk pada pengertian yang dijelaskan dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor  24 Tahun 2007 Tentang sistem Managemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah, BAB I Pasal 1 ayat 6 menyatakan bahwa : Satuan Pengaman yang selanjutkan disingkat Satpam adalah satuan atau kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/badan usaha untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakrasa di lingkungan kerjanya.

Sedangkan untuk mengartikan kata “petugas”, maka arti dari kata satpam mengandung arti bahwa satpam adalah masyarakat biasa yang telah dididik dan dilatih dalam bidang keamanan. Adapun pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan yang dilaksanakan dan dilatih oleh lembaga pendidikan atau BUPJ yang telah memenuhi syarat tertentu. Pelatihan tersebutpun menghasilkan ijazah satpam resmi yang dikeluarkan oleh POLDA setempat. Sebaliknya, jika petugas keamanan tidak pernah mengikuti pendidikan satpam seperti Gada Pratama, Gada Madya, atau Gada Utama, maka satpam tersebut dianggap tidak kompeten.

Jika dilihat berdasarkan sejarahnya, satpam terbentuk atas kesadaran kepolisian Negara Republik Indonesia (NKRI) bahwa  polisi tidak dapat bekerja sendiri dalam menciptakan masyarakat dan lingkungan yang aman dan terbebas dari ancaman. Sehingga dibutuhkannya satuan pengamanan yang  juga dapat menjaga keamanan. Oleh sebab itu, terbentuklah satpam. Adapun dari sisi tujuannya, terbentuknya satpam bertujuan untuk mengamankan dari gangguan dan ancaman yang berasal dari dalam ataupun luar. Seperti halnya pencurian, perampokan, kekerasan, kerusuha dan lain sebagainya. Selain itu, kebaradaan satpam juga bertujuan untuk melaksanakan pengamanan di Pos Jaga ataupun di perusahaan baik di tempat terbuka maupun tertutup ataupun di tempat-tempat dimana kegiatan usaha maupun fungsi layanan berlangsung.

Tugas Pokok dan Fungsi

Demi menjaga keamanan dan ketertiban serta memperjelas tanggung jawab satpam, maka terdapat tugas pokok dan fungsi satpam yang harus dilaksanakan oleh satpam:“menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya” dan “melindungi dan mengayomi lingkungan/tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya”(Perkapolri No.24 Tahun 2007, BAB III, Pasal 6, ayat 1)

Adapun yang dimaksud dengan kata “menyelenggarakan” di atas megandung arti: mengurus dan mengusahakan sesuatu (memelihara/merawat); melakukan atau melaksanakan (perintah, peraturan, rencana); menunaikan atau menyampaikan (maksud dan tugas kewajiban); mengurus dan memperhatikan (kepetingan, usaha, perkara) mengadakan, mengatur dan mengurus (pesta, pertunjukkan, pameran dll).Selain itu, adapun yang dimaksud dengan pengamanan fisik adalah usaha dan kegiatan yang bertujuan untuk mencegah atau mengatasi timbulnya ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban lingkungan suatu instansi atau proyek. Sedangkan yang dimaksud dengan “mengayomi” berarti seorang satpam harus mampu memberikan rasa aman bagi orang-orang yang ada disekitarnya.

Kesimpulan

Aman adalah kondisi yang menjadi hak bagi setiap orang. Kondisi yang aman dapat menciptakan lingkungan yang positif dan terbebas dari ancaman. Atas kesadaran kepolisian yang membutuhkan bantuan pengamanan untuk turut serta membantu menjaga keamanan, maka terbentuklah satpam. Adapun tugas dan tujuannya adalah menjaga, merawat, melindungi masyarakat dari ancaman dan turut menegakkan aturan keamanan.

 

Belum ada Komentar untuk "Ini dia TUGAS POKOK DAN FUNGSI SATPAM biar aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel