Contoh teks tanggapan kritis yang benar dan jelas hapal

Penjelasan Teks Tanggapan Kritis - Di negara kita yang demokrasi ini, seringkali warga memberikan pendapat kritis mengenai kinerja pemerintahan, baik itu lembaga kepala negara bahkan lembaga negara tertinggi lainnya, seperti DPR. Namun, dalam penyampaian kritik itu sendiri asal tidak menjurus dengan hal-hal bersifat fitnah.

Seringakli di zaman sekarang ini, warga dengan mudah menyampaikan kritik ke pemerintahan secara langsung lewat sosial media, bahkan ada juga yang masih menyampaikan lewat teks tanggapan kritis dengan menyampaikan langsung ke lembaga negara yang dituju. Pada artikel ini akan membahas mengenai teks tanggapan kritis yang akan dijelaskan berdasarkan pengertian beserta contoh-contohnya.
Contoh teks tanggapan kritis yang benar dan jelas hapal

Teks tanggapan kritis merupakan teks yang berisi penyampaian kritikan terhadap suatu hal yang dinilai kurang baik. Dalam penyampaian kritis seperti ini umumnya dilakuan di sebuah forum atau juga acara-acara debat, seperti debat pilkada yang digelar beberapa waktu lalu. Ketika memberikan kritik, tentunya mereka akan menerima serta menganalisis pendapat yang disampaikan oleh para pengkritiknya terlebih dahulu apakah kritikan tersebut murni kritis sesuai dengan data atau justru bersifat fitnah bahkan mengada-ada. Dalam sebuah acara debat, tanggapan secara kritis inilah yang menjadi poin paling seru di seluruh acara. Namun demikian, bagi para pengkritik harus menerima kritikan dari kubu lawan asalkan itu bersifat tujuan yang sangat baik. Pada umumnya, teks seperti ini berfokus pada tema pendidikan, narkoba, teknologi, lingkungan, bahkan akhir-akhir ini adalah politik karena sebentar lagi menjelang Pemilu tahun depan.

Beberapa struktur dalam teks ini terdiri dari evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang.

  1. Evaluasi

Bagian struktur yang satu ini menjelaskan awal dari teks berisikan pendapat kritis. Biasanya, pada bagian evaluasi berisikan pernyataan-pernyataan umum yang berkaitan dengan permasalahan yang disampaikan penulis.

  1. Deskripsi Teks

Ini merupakan isi dari tanggapan kritis ini sendiri. Umumnya, deskripsi teks dituliskan secara jelas dan tentunya berisikan alasan mengapa menolak atau mendukung dalam suatu pernyataan.

  1. Penegasan Ulang

Bagian terakhir ini adalah kesimpulan dan saran dari tanggapan kritis yang disampaikan penulis.

Sebelum menuliskan teks ini, tentu harus mengetahui ciri-ciri terlebih dahulu agar lebih mudah mengenali teks seperti ini. Ciri-cirinya antara lain:

  1. Tanggapan yang disampaikan biasanya berhubungan dengan sebuah kejadian yang sedang berlangsung ketika itu.

  2. Tanggapan yang disampaikan harus berisikan tentang fakta dan alasan yang dikemukakan dengan tujuan memberikan penguatan pada penulisan kritikan yang dibuat.

Selain itu, terdapat beberapa kaidah pembahasan dalam membuat teks ini. Kaidah-kaidah tersebut diantaranya:

  1. Selalu menggunakan kata penghubung atau konjugsi dengan tujuan menghubungkan antar kalimat saat penyampaian tanggapan kritis.

  2. Kalimat yang digunakan pada umumnya bersifat kompleks, dimana kalimat tersebut terdiri dari 2 verba dan 2 struktur.

  3. Memilih kata-kata yang tepat dengan tujuan agar tepat dalam penyampaian kritis.

  4. Teks ini selalu menggunakan rujukan dengan tujuan penguat argumen karena dalam menyampaikan kritis harus disertai dengan adanya bukti-bukti kuat.

Untuk lebih mudah memahami teks ini, berikut contoh teks tersebut dengan tema pemilihan sekolah SMA atau SMK.



Semua orang tua tentunya ingin sekali memberikan yang terbaik dalam hal pendidikan untuk anaknya. Ketika anak sudah lulus SMP, biasanya dihadapkan pada pilihan dengan melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK. Bagi anak, jangan sampai salah dalam menentukan karena masa depan ada di tangan anak itu sendiri. Namun, banyak yang bilang jika SMK justru lebih baik dibandingkan dengan SMA.

Hal itu justru tidak ada salahnya mengingat sesuai dengan namanya, SMK hanya mempelajari berdasarkan skill yang sesuai juga dengan  jurusan yang dipilih. Banyak sekali jurusan-jurusan yang tersedia dalam jenjang SMK. Jika SMK lebih berfokus pada praktek kerja ketimbang teori, lain halnya dengan jenjang SMA yang justru lebih banyak teori ketimbang praktek.

Akan tetapi, jika memilih jenjang SMA tentunya harus melanjutkan pendidikan tinggi terlebih dahulu agar siap terjun ke dunia kerja. Lain halnya dengan  SMK yang sebagian besar diantara mereka memilih bekerja karena ada pengalaman yang dimiliki saat berada di SMK. Kegiatan PKL atau kepanjangan dari Praktek Kerja Lapangan  memudahkan mereka untuk mencari pekerjaan sehingga para lulusan SMK dinilai sangat siap untuk bekerja. Jika dilihat dari segi pendidikan, SMA justru lebih luas ketimbang SMK. Pasalnya, SMA jika memilih kelas IPA, maka akan mempelajari materi sains dan matematika, sedangkan IPS mempelajari materi pengetahuan sosial bahkan pengetahuan umum. Tak heran memang anak-anak SMA memiliki pandangan yang sangat luas ketimbang anak SMK.

Dari kesimpulan pembahasan di atas, baik SMA maupun SMK sama-sama baik dalam hal pendidikan, itu semua kembali ke tangan anak-anaknya sendiri. Jika ingin langsung kerja, sebaiknya memilih untuk mengambil jenjang SMK. Sebaliknya jika ingin sekali mempelajari suatu hal yang bersifat luas, sebaiknya mengambil jenjang SMA.



Contoh lainnya yang membahas mengenai penggunaan internet.



Di zaman yang serba canggih ini, memperoleh informasi saat ini sangat mudah. Hanya melalui internet, semua informasi yang didapatkan bahkan lebih lengkap ketimbang membaca buku. Hal ini bisa dibuktikan oleh kebanyakan pelajar yang lebih memilih internet sebagai referensi dari tugas-tugas yang mereka buat. Penggunaan internet sendiri tidak hanya dilakukan kalangan pelajar yang mencari referensi saja, sosial media yang ada di internet dapat menghubungkan kita dengan teman-teman dengan jarak yang sangat jauh, serta toko online, dimana para penjual barang hanya menjual produk-produk mereka lewat internet tanpa membuka toko seperti kebanyakan orang pada umumnya.

Ketika internet baru-baru masuk ke Indonesia pada tahun 80an, internet baru digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu. Zaman sekarang ini, semua orang baik di kota-kota besar hingga di daerah-daerah terpencil semuanya bisa menggunakan internet secara bebas. Penggunaan internet sendiri bisa dilakukan lewat komputer dengan menggunakan modem atau wifi, bahkan juga bisa melalui gadget dengan menghubungkan wifi atau menggunakan kuota seluler. Perkembangan internet bisa dibilang sebagai salah satu bukti bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat maju. Sayangnya, perkembangan internet ini sendiri juga bisa berpengaruh pada psikologis para remaja, dimana usia-usia tersebut kebanyakan dari mereka ingin mencari lebih tahu lagi dengan menjelajah berbagai situs web.

Dengan menanggapi adanya peristiwa semacam ini, kita tidak boleh hanya melihat dari satu sisi saja agar lebih adil. Dari hal positif saja sudah sangat dirasakan sendiri bagi kaum pelajar dalam membantu tugas-tugas sekolah yang dibuatnya. Namun, hal ini sendiri belum sepenuhnya digunakan secara benar dan tepat sasaran. Sebagai seorang pelajar dituntut bertanggung jawab atas tindakan mereka selama menggunakan internet.

Hingga pada akhirya, sebagian besar orang setuju dengan pendapat yang menyatakan internet memiliki nilai-nilai yang sangat positif. Namun, sayangnya penilaian tersebut harus dikaji ulang kembali melalui metode akademik. Sebab, saat ini banyak sekali dampak-dampak negatif dari internet terhadap kaum pelajar atau remaja pada umumnya. Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa tanggung jawab para pelajar atau remaja seusianya sangat diperlukan.



Demikian artikel mengenai pembahasan teks tanggapan kritis beserta poin-poin penting dan contohnya yang dijelaskan secara lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memudahkan mereka yang mencari penjelasan mengenai topik serupa.

Belum ada Komentar untuk "Contoh teks tanggapan kritis yang benar dan jelas hapal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel