Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak - Momen ulang tahun merupakan momen perayaan yang dirayakan selama setahun sekali dengan bertambahnya usia seseorang yang merayakan. Biasanya, momen ini dirayakan secara meriah, namun ada juga yang dirayakan secara sederhana dengan mengundang anak-anak dari panti asuhan untuk merayakan bersama.

Sebagai orang tua, tentunya ingin sekali merayakan ulang tahun anaknya sebagai bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya. Pastinya, semua orang tua ingin sekali anaknya bisa tumbuh dewasa serta bertanggung jawab dan paling penting adalah bisa berbakti kepada orang tuanya. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai contoh susunan acara ulang tahun anak agar persiapan perayaan ulang tahunnya bisa sesuai dengan apa yang direncanakan.

Sebenarnya, perayaan ulang tahun anak bisa dirayakan dimana saja dan pada zaman sekarang ini lebih sering dirayakan di rumah makan, tempat bermain, bahkan hotel. Akan tetapi, alangkah lebih baik untuk merayakan ulang tahun anak di rumah sendiri agar bisa mengajak anak-anak seusianya (biasanya tetangga rumah) untuk merayakan bersama sekaligus menambah teman-temannya. Setelahnya, hal yang perlu dipersiapkan adalah dekorasi ulang tahun anak yang berkesan, meriah, sekaligus menyenangkan anak itu sendiri. Dan yang tak kalah pentingnya adalah susunan acara ulang tahun agar acara perayaan bisa dilaksanakan dengan lancar.

Susunan acara ulang tahun anak sebenarnya tidak berbeda jauh dari susunan acara ulang tahun pada umumnya. Akan tetapi, yang membedakan adalah cara penyampaian saat ulang tahun anak serta tema yang dipersiapkan sesuai untuk usia anak. Tak hanya itu, kostum-kostum yang digunakan pada saat ulang tahun anak juga tak kalah penting, dan untuk saat ini saja kebanyakan mengenakan kostum karakter kartun kesayangan bahkan tokoh superhero, seperti Captain America, Spiderman, Thor, Batman, dan lain-lain. Inilah contoh susunan acara ulang tahun anak secara lengkap.

  1. Penyambutan Tamu Undangan


Ini adalah awal dari acara perayaan ulang tahun anak yang dipandu oleh MC. Biasanya, MC bersama tuan rumah menyapa anak-anak terlebih dahulu. Pada umumnya, ketika tamu undangan  baru datang, mereka langsung memberi kado kepada anak yang merayakan ulang tahun.

  1. Pembukaan Acara oleh MC


Demi terselenggaranya acara ulang tahun berjalan dengan sukses dan lancar, tentunya dibutuhkan seorang MC yang berpengalaman dan tentunya nyaman dengan anak-anak saat membawakan acara. Menjadi seorang MC juga bisa dilakukan oleh orang tua atau kerabat keluarga sendiri. Tugas dari MC biasanya mempersilahkan para tamu undangan untuk duduk di tempat yang sudah  dipersiapkan sebelumnya, memulai dan menutup dengan doa, serta mengatur jalannya acara agar berlangsung dengan lancar.

  1. Sambutan Dari Orang Tua Anak Atau Tuan Rumah


Tak lupa, susunan acara berikutnya mempersilahkan orang tua anak atau tuan rumah untuk menyampaikan sepatah kata kepada para tamu undangan. Biasanya, orang tua anak mengucapkan terima kasih kepada para tamu yang sudah hadir pada acaranya serta bertanya kepada para tamu undangan (yang pasti anak-anak) mengenai bagaimana perasaan mereka ketika hadir di acara ulang tahun anaknya. Untuk sambutan ini sendiri tidak perlu lama-lama karena seperti yang diketahui, anak-anak tak terlalu memperhatikan sesi acara ini.

  1. Permainan atau Games untuk Para Tamu Undangan


Sesi yang satu ini pastinya ditunggu-tunggu oleh semua tamu undangan. Interaksi yang dilakukan oleh MC dengan mengajak anak-anak untuk bermain suatu games untuk menghilangkan rasa kebosanan selama acara berlangsung. Contoh games yang sering dilakukan saat acara ulang tahun anak seperti menyanyikan lagu anak dengan mengganti huruf vokal menggunakan huruf “a”.

  1. Mempersiapkan Kue Ulang Tahun


Sesi yang satu ini dimana semua tamu undangan berkumpul untuk menyanyikan lagu ulang tahun dimana sebelumnya kue ulang tahun sudah dipersiapkan. Untuk masalah ukuran kue ulang tahun itu sendiri tidak masalah, namun yang pensting momen persiapan ini menjadi penting menjelang tiup lilin yang sedang dipersiapkan.

  1. Bernyanyi atau Membaca Puisi


Mungkin sesi yang satu ini menjadi sesi opsional apabila anak tersebut ingin sekali menunjukkan kebolehannya dengan bernyanyi atau membacakan puisi kepada kedua orang tuanya atau yang lainnya. Namun, alangkah baiknya jika sesi ini perlu diadakan agar si anak terbiasa melakukan ini di depan banyak orang.

  1. Doa Bersama


Sebelum tiup lilin, tak lupa MC mengajak semuanya yang hadir untuk berdoa bersama agar si anak selalu diberikan kesehatan dan keberkahan serta menjadi anak yang berbakti kepada orang tuanya dan sayang kepada orang-orang terdekatnya, termasuk orang tua dan teman-temannya.

  1. Tiup Lilin


Ini merupakan sesi yang paling ditunggu-tunggu oleh para tamu undangan bahkan tuan rumah sendiri. Setelah kue dipersiapkan lengkap dengan lilin-lilin menyala, saatnya si anak meniup lilin-lilin pada kue ulang tahunnya sambil menyanyikan lagu ulang tahun. Kemudian, dilanjutkan dengan pemotongan kue yang terlebih dahulu diberikan kepada kedua orang tuanya. Setelahnya, kue tersebut dibagi-bagikan kepada para tamu undangan yang hadir pada acara ulang tahun. Tak ketinggalan, bagi yang suka mendokumentasi momen-momen seperti ini agar mengambil foto saat sesi tiup lilin.

  1. Acara Makan-Makan


Setelah sesi pemotongan kue dan tiup lilin yang berakhir meriah, saatnya untuk mengajak para tamu undangan untuk makan bersama. Pada sesi ini biasanya diiringi lagu anak-anak. Dan kalau perlu, MC juga menyanyikan lagu ini bersama tuan rumah serta para tamu undangan.

  1. Foto Bersama


Sesi ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Untuk itu, sesi foto bersama sangat diperlukan usai acara makan-makan. Sesi foto bersama ini untuk terlebih dahulu dilakukan oleh anak yang berulang tahun bersama kedua orang tuanya, dilanjutkan bersama keluarga besarnya, serta bersama para tamu undangan yang hadir. Jika tamu yang hadir terhitung banyak sekali, MC bisa mengatur berapa sesi yang harus dilakukan. Tak lupa MC juga diajak oleh tuan rumah untuk berfoto bersama. Untuk semakin menarik dalam sesi ini, jangan lupa gunakan  asesoris-asesoris (apabila disiapkan) seperti topeng, mahkota, dan lain-lain.

  1. Penutupan Acara Dengan Doa


Pada akhirnya, sesi yang satu ini menandakan berakhirnya acara ulang tahun anak. Sebelum pulang ke rumah masing-masing, MC mengajak seluruh tamu undangan yang hadir serta tuan rumah untuk doa bersama yang dipimpin oleh MC sendiri.

  1. Bersalam-salaman serta Membagikan Bingkisan


Setelah sesi doa penutup acara selesai, saatnya membagikan bingkisan-bingkisan yang biasanya berupa makanan kecil sambil bersalam-salaman kepada tuan rumah. Pada sesi ini juga sekaligus mengajarkan anak untuk saling berbagi dan bersedekah.

Demikian artikel mengenai contoh susunan acara ulang tahun anak secara mendetail. Semoga dengan adanya artikel ini membantu para orang tua untuk menyusun dengan mudah susunan-susunan acara ulang tahun anak yang harus dipersiapkan sebelumnya, agar acara tersebut berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel