Contoh Susunan Acara Seminar

Contoh Susunan Acara Seminar - Umumnya, acara seminar digelar di perusahaan atau juga di universitas. Dan yang sering kita lihat selama ini adalah kebanyakan acara seminar bertema pendidikan yang tentunya digelar di universitas atau bahkan juga di sekolah.

Ini merupakan salah satu acara formal dan tentunya diadakan selama beberapa sesi, sehingga perlu diadakan pembagian waktu untuk setiap sesinya. Tak hanya itu, acara seminar juga seperti yang diketahui memiliki sesi yang lebih panjang ketimbang acara-acara formal lainnya. Oleh karena itu, di sini akan dijelaskan mengenai contoh susunan acara seminar pada acara bertema pendidikan.

Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai contoh susunan acara seminar mengenai seminar nasional di universitas yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk menyusun acara serupa. Berikut contohnya.

  1. Pembukaan


(Seperti biasa, acara ini juga akan dibuka oleh seorang pembawa acara selama beberapa menit, dan tentunya menyapa kepada para narasumber yang hadir pada hari ini.)

  1. Sambutan Ketua Panitia Acara


(Pembawa acara mempersilahkan ketua panitia acara untuk memberikan kata-kata sambutan setelah acara ini dibuka secara resmi.)

  1. Sambutan Rektor Universitas


(Tak lupa, tuan rumah sekaligus rektor universitas juga dipersilahkan maju ke depan dengan menyambut para tamu dari beberapa universitas.)

  1. Pembacaan doa


(Sebelum masuk ke dalam sesi seminar, akan dilakukan doa pembuka demi kelancaran hingga akhir acara).

  1. Seminar Sesi I


(Biasanya, setiap sesi akan bergantian memberikan kesempatan bagi perwakilan universitas untuk melakukan presentasi paper-paper hasil penelitian. Karena banyaknya para peserta yang ikut di acara ini, pembawa acara akan membatasi durasi waktu untuk tiap peserta.)

  1. Istirahat


(Setelah berjam-jam mengikuti acara seminar pada sesi pertama, akan dilakukan istirahat terlebih dahulu selama 30 menit.)

  1. Seminar Sesi II


(Setelah istirahat selama 30 menit, seminar kembali dimulai dan kali ini pada sesi II. Sama seperti sesi sebelumnya yakni melakukan presentasi hasil penelitian dari berbagai kampus.)

  1. Acara Hiburan Seni dan Musik


(Untuk sesi ini, diadakan gelar sesi acara hiburan seni dan musik yang dilakukan oleh para mahasiswa universitas penyelenggara seminar.)

  1. Seminar Sesi III


(Seminar kembali dimulai pada sesi III sekaligus sesi terakhir dalam pemaparan hasil penelitian dan giliran beberapa universitas lainnya untuk melakukan presentasi.)

  1. Sesi Tanya Jawab


(Untuk para hadirin atau juga mahasiswa yang datang pada acara ini, akan dilakukan sesi tanya jawab oleh pembawa acara. Biasanya, pembawa acara memberikan pertanyaan mengenai hasil akhir presentasi penelitian ilmiah.)

  1. Penutup


(Pembawa acara menutup acara seminar pada hari ini. Tak hanya itu, pembawa acara juga berterima kasih kepada seluruh hadirin yang menyempatkan waktu untuk datang ke acara ini serta para peserta yang mempresentasikan hasil penelitiannya di depan seluruh tamu.)

Susunan acara seminar seperti yang satu ini umumnya dilakukan dari pagi hingga sore karena banyaknya para peserta yang ingin sekali menyampaikan hasil penelitiannya. Tak hanya itu, ketika memasuki acara ini biasanya para tamu akan diberikan sebuah buku yang berisi list para tamu yang akan melakukan presentasi serta barang-barang dalam bentuk cinderamata lainnya.

Demikian artikel mengenai contoh susunan acara seminar yang bertemakan seminar nasional yang digelar di universitas. Ini hanyalah sebuah contoh susunan acara saja, atau jika ada yang kurang dari susunan acara yang saya buat ini, bisa ditambahkan sendiri sesuai yang diharapkan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Susunan Acara Seminar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel