Contoh Susunan Acara Rapat

Contoh Susunan Acara Rapat - Kegiatan rapat merupakan kegiatan yang sering dilakukan, terutama di dunia pendidikan, pekerjaan, bahkan lingungan. Dalam dunia pendidikan, biasanya dilakukan rapat antar guru atau juga antara para guru dengan orang tua murid. Dalam dunia pekerjaan, biasanya dibahas mengenai teknis pekerjaan di perusahaan itu sendiri atau juga bisa dalam keadaan darurat jika mendesak.

Namun, dalam lingkungan biasanya pertemuan antara warga dengan pihak RT atau juga dengan pertemuan antar RT. Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis rapat yang perlu diketahui. Intinya adalah rapat merupakan tempat berkumpulnya orang-orang untuk membahas suatu masalah serta mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah.

Apabila dalam sebuah rapat tidak ditemukan solusi yang tepat,  maka rapat tersebut berakhir dengan  sia-sia dan tidak berjalan dengan  sesuai yang diharapkan. Kali ini, akan membahas contoh susunan acara rapat di sekolah secara lengkap.

Umumnya, rapat sekolah diadakan pada momen-momen tertentu, bahkan imbasnya kepada para murid yang terpaksa dipulangkan lebih cepat dari waktu semestinya karena rapat antar guru. Lalu, bagaimana susunan acara rapat di sekolah? Berikut contoh susunan acara rapat dalam membahas rapat tahunan.

  1. Pembukaan


(Umumnya pembukaan rapat akan dilakukan oleh sekretaris sekolah sekaligus membuka rapat yang diawali dengan doa terlebih dahulu.)

  1. Sambutan-Sambutan


(Setelah doa pembuka, rapat akan memasuki sambutan-sambutan yang dilakukan oleh ketua panitia dan kepala sekolah.)

  1. Pembahasan Rapat Tahunan


(Ini menjadi sesi paling penting karena pada inti rapat ini adalah membahas rapat tahunan yang digelar setiap tahunnya. Kepala komite sekolah akan membahas rapat tahunan sekolah.

  1. Kesimpulan


(Jika ada jalan keluar atau hal-hal lainnya yang sepakat pada rapat ini, pihak moderator akan membaca kesimpulan dalam rapat yang digelar ini.)

  1. Doa Penutup


(Sebelum mengakhiri acara rapat, terlebih dahulu untuk melakukan doa penutup. Doa tersebut dilakukan dengan  mengucap syukur kepada Tuhan Yang maha Esa setelah menggelar acara rapat dengan lancar dan tanpa adanya kendala.)

  1. Penutup


(Acara rapat dinyatakan selesai.)

Jika dilihat dari susunan acara rapat tahunan di sekolah dapat disimpulkan bahwa susunan acara serupa bisa dilakukan secara berbeda-beda. Untuk membuat susunan acara itu sendiri harus diperhatikan hal-hal yang penting, seperti durasi waktu, jenis acara, bentuk acara, kreatifitas, serta tamu undangan. Penjelasannya seperti ini.

  1. Dalam hal jenis acara, tentu harus dilihat terlebih dahulu apakah acara tersebut bersifat formal atau hiburan. Alasannya, karena jenis acara yang akan disusun bisa saja berbeda-beda susunannya dan tidak selalu yang itu-itu saja.

  2. Dalam hal bentuk acara, sebelum membuat susunan terlebih dahulu perhatikan bentuk acara akan dikemas seperti apa, karena itu berkaitan dengan materi acara serta persiapan sarana dan properti yang diperlukan.

  3. Dalam hal durasi waktu, harus memastikan terlebih dahulu berapa lama waktu yang diperlukan dalam sebuah acara dan pastikan bahwa acara tersebut berlangsung tidak melebihi durasi waktu yang sudah ditentukan.

  4. Dalam hal kreatifitas, jangan sesekali membuat susunan acara di luar kreatifitas karena akan membuat para hadirin menjadi kebosanan bahkan tak sedikit dari mereka lebih memilih meninggalkan acara lebih cepat dari waktu seharusnya.

  5. Yang paling penting adalah tidak boleh melanggar aturan-aturan hukum yang berlaku.


Demikian artikel mengenai contoh susunan acara rapat yang dijelaskan secara lengkap serta aturan-aturan dalam membuat susunan acara. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu mereka yang mencari referensi untuk membuat acara serupa.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Susunan Acara Rapat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel