Contoh Susunan Acara Perpisahan Mahasiswa KKN

Contoh Susunan Acara Perpisahan Mahasiswa KKN - Biasanya, para mahasiswa yang sudah memasuki semester-semester akhir diwajibkan menjalani Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disingkat dengan KKN. Tentu, kegiatan mengikuti seperti ini sudah diwajibkan dari kampus mereka dan bertujuan untuk mempraktekkan apa yang selama ini dipelajari di bangku kuliah ke dunia nyata. Biasanya, kegiatan KKN ini diikuti oleh beberapa kelompok mahasiswa ini. Mereka semua di sana melakukan kegiatan ini selama beberapa bulan dan berbaur dengan masyarakat setempat. Maka dari itu, untuk kegiatan terakhir mereka digelar acara perpisahan mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat sekaligus mengucapkan terima kasih kepada mereka atas bantuan yang mereka berikan selama di sana. Kali ini, akan membahas contoh susunan acara perpisahan mahasiswa KKN yang akan dijelaskan di artikel ini.

Membuat susunan acara sebelum acara digelar merupakan hal yang harus dilakukan demi lancarnya acara yang digelar. Acara ini sendiri bakal dihadiri oleh segenap kalangan masyarakat, sekaligus pimpinan desa setempat dan aparat desa yang turut mengawal mereka selama di sana. Berikut contoh susunan acara perpisahan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata.

  1. Pembacaan doa


Demi digelarnya acara perpisahan ini dengan berjalan lancar, maka terlebih dahulu pembawa acara mengajak semua yang hadir pada acara ini untuk berdoa terlebih dahulu. Doa sendiri dibacakan oleh pimpinan agama setempat.

  1. Sambutan dari Kepala Desa


Pembawa acara mempersilahkan kepala desa untuk menyampaikan kata sambutan atau sepatah kata mengenai acara ini. Tak lupa, kepala desa juga mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang memilih tempat ini sebagai tempat tugas kuliah mereka, serta para masyarakat yang turut mengawal kegiatan mahasiswa selama mengikuti Kuliah Kerja Nyata. Kepala desa juga turut memberikan kesan dan pesan kepada para mahasiswa yang ikut KKN di desa ini.

  1. Sambutan dari Sekretaris Desa


Setelah ucapan sambutan dari kepala desa, kini saatnya sekretaris desa untuk dipersilahkan memberikan sambutan pada acara ini. Sekretaris desa sendiri juga tak ketinggalan memberikan pesan kepada mahasiswa-mahasiswa tersebut agar tak lupa dengan desa ini serta para masyarakatnya yang telah membantu tugas  mereka untuk bisa selesai tepat waktu.

  1. Sambutan dari Dosen Pembimbing


Dari pihak kampus sendiri juga datang menghadiri acara ini sebagai dosen pembimbing. Hal yang wajar mengingat selama ini, dosen ini yang selalu membimbing mereka untuk bisa bekerja sesuai yang diharapkan. Tak lupa juga dosen pembimbing berterima kasih kepada pihak desa setempat yang menerima mahasiswanya untuk bisa melakukan kegiatan KKN ini.

  1. Sambutan dari Ketua Kelompok KKN


Pimpinan kelompok KKN juga diberikan kesempatan menyampaiakn sambutan sekaligus mengucap syukur bisa menyelesaikan kegiatan ini secara tepat waktu. Namun, pimpinan kelompok tersebut juga tak lupa berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada para warga setempat, terutama untuk kepala desa dan sekretaris yang memberinya kesempatan untuk mengerjakan tugas yang diberikan pihak kampus ini. Tak lupa, pimpinan kelompok KKN juga menyampaikan kesan selama tinggal di desa ini.

  1. Pemberian Kenang-Kenangan kepada Pimpinan Desa


Sebagai bentuk ucapan terima kasih, pihak kelompok KKN memberikan hadiah kenang-kenangan kepada pimpinan desa.

  1. Hiburan


Sesi yang satu ini paling ditunggu-tunggu oleh semua hadirin yang datang pada acara ini. Sesi ini merupakan sesi paling bebas dengan menyuguhkan acara-acara hiburan, dan pada umumnya acara ini diisi dengan  kegiatan bernyanyi bersama atau juga mengadakan games untuk para warga setempat.

Demikian artikel mengenai contoh susunan acara perpisahan untuk kelompok mahasiswa yang sudah menyelesaikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Ini hanyalah sebuah contoh saja mengenai susunan acara tersebut, dan apabila ada susunan acara lainnya bisa ditambahkan sesuai dengan porsi acara.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Susunan Acara Perpisahan Mahasiswa KKN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel