Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah - Momen perpisahan sekolah biasanya terjadi ketika anak-anak sekolah sudah dinyatakan lulus jenjang SD, SMP, bahkan SMA. Momen ini menjadi momen terakhir berkumpulnya anak-anak satu angkatan setelah bertahun-tahun bersama-sama di sekolah yang sama, terutama saat lulus jenjang SMA yang mungkin akan berpencar melanjutkan ke berbagai perguruan tinggi.

Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah


Tentunya, pada acara ini akan berakhir dengan mengharukan karena dapat berkumpul bersama teman-teman seangkatan untuk terakhir kalinya. Menjelang diadakannya acara perpisahan, biasanya para panitia telah menyiapkan susunan acara agar saat acara berlangsung dapat berjalan dengan lancar hingga akhir acara. Kali ini, akan dibahas mengenai susunan acara perpisahan sekolah di semua jenjang.

Susunan acara perpisahan sekolah ini dibawakan langsung oleh MC yang telah ditunjuk sebelumnya. Biasanya, MC yang ditunjuk ini berasal dari para junior yang dipercaya membawakan acara ini. Berikut susunan acara tersebut.

  1. Pembukaan

MC akan membuka acara perpisahan sekolah ini dengan menyapa seluruh satu angkatan yang baru saja lulus sekolah. Setelahnya, MC mengajak seluruh angkatan yang diawali dengan doa pembuka agar acara yang berlangsung bisa berjalan dengan semestinya tanpa ada hambatan sama sekali.

  1. Sambutan dari Ketua Panitia

Pada sesi ini, MC memberikan kesempatan kepada ketua panitia acara ini untuk menyampaikan kata-kata sambutan. Umumnya, ketua panitia tersebut mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh murid di satu angkatan yang baru saja meraih kelulusan atas bisa terlaksananya acara ini dan hadir di acara perpisahan ini. Tak lupa ketua panitia mengucapkan minta maaf jika ada kesalahan atau kekurangan selama acara ini berlangsung.

  1. Sambutan dari Kepala Sekolah

Setelahnya, kepala sekolah diberikan kesempatan oleh MC untuk menyampaikan sambutan kepada para siswa yang baru meraih kelulusan. Di sesi tersebut, kepala sekolah juga mengucapkan terima kasih setelah selama bertahun-tahun menimba ilmu di sekolah ini dan memberikan kesan serta pesan ke depan. Tak hanya itu, kepala sekolah juga memberikan pernyataan kepada para muridnya agar tidak lupa dengan sekolah tempat ia belajar dahulu selama bertahun-tahun hingga bisa lulus sekolah.

  1. Sambutan dari pihak OSIS

Pihak OSIS juga tak ketinggalan dengan memberikan sambutan dalam bentuk ucapan terima kasih serta sekaligus permintaan maaf jika ada kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukannya selama ini.

  1. Sambutan dari Orang Tua Murid

Salah satu orang tua murid yang meraih kelulusan sekolah diberikan kesempatan oleh MC untuk mengucapkan sambutan. Pada kesempatan tersebut, salah satu orang tua murid yang mewakili seluruh orang tua murid yang lulus sekolah mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas bimbingan yang diberikan oleh guru kepada anak-anaknya selama bertahun-tahun, sejak pertama kali masuk hingga bisa lulus sekolah.

  1. Sambutan dari Salah Satu Perwakilan Satu Angkatan

Tak lupa, salah satu murid dari angkatan yang lulus sekolah juga diberikan kesempatan menyampaikan sambutan yang isinya terima kasih kepada para guru, orang tua, serta para junior yang selalu memberikan dukungan selama ini hingga akhirnya bisa lulus.

  1. Pelepasan Atribut Sekolah

Pada sesi kali ini, melepas atribut sekolah merupakan diwakili oleh 2 orang murid, yang terdiri dari 1 murid laki-laki dan 1 murid perempuan. Pelepasan atribut sekolah ini dilakukan oleh kepala sekolah

  1. Penyerahan Cinderamata

Sesi ini, beberapa murid bahkan semuanya diberikan kesempatan untuk memberikan hadiah berupa cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan murid terhadap guru yang telah mengajarnya selama bertahun-tahun.

  1. Hiburan

Sesi yang satu ini merupakan sesi paling santai dari semua sesi yang ada di acara ini. Biasanya, pada sesi ini menampilkan para siswa untuk menujukkan bakatnya, seperti bernyanyi, membaca puisi, drama, bahkan bakat-bakat lainnya pun ditunjukkan di sesi ini.

  1. Doa Penutup

Menjelang penutupan acara, terlebih dahulu dilakukan sesi doa penutup dengan mengucapkan syukur atas kelancaran dan kesuksesan acara perpisahan sekolah ini berlangsung. Umumnya, doa penutup ini disampaikan oleh guru agama di sekolah.

  1. Penutup

Sampai pada akhirnya berada di sesi penutup acara setelah doa penutup. MC memberikan kalimat sepatah kata terakhir serta pesan kepada para murid yang baru lulus.

Demikian artikel mengenai susunan acara perpisahan sekolah yang dijelaskan secara lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu yang lain untuk mengadakan acara seperti ini.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel