Contoh Naskah Pembawa Acara Formal

Contoh Naskah Pembawa Acara Formal - Menjadi seorang pembawa acara atau yang biasa dikenal dengan MC tidaklah mudah. Tugasnya hanya sederhana, yakni membawakan acara menjadi lebih meriah dan tentunya tidak membosankan. Akan tetapi, untuk menjadi seorang pembawa acara dibutuhkan kepercayaan diri tinggi di depan banyak orang serta tidak gugup saat membawakan acara. Pertama kali menjadi seorang pembawa acara dirasa wajar saja jika masih mengalami gugup, namun lama kelamaan kepercayaan diri akan muncul dengan sendirinya. Ada yang ditunjukan membawakan acara formal seperti acara perusahaan bahkan acara kenegaraan, namun ada juga yang dinilai santai seperti acara hiburan dan acara-acara lainnya. Kali ini akan menjelaskan contoh naskah pembawa acara formal.

Pada artikel ini, akan dijelaskan contoh naskah pembawa acara formal pelatnikan pengurus universitas. Berikut contoh naskah tersebut.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk semuanya.

Yang terhormat Rektor Universitas

Yang terhormat Pembantu Rektor Universitas

Yang terhormat Para Dekan Fakultas

Yang terhormat Ketua Senat Mahasiswa

Yang terhormat Ketua Eksektuif Mahasiswa

Beserta segenap para hadirin yang berbahagia pada hari ini.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan karunianya karena bisa berkumpul di acara pelantikan pengurus universitas pada pagi hari ini. Tak terasa setelah bertahun-tahun, pengabdian yang dilakukan oleh pengurus universitas sebelumnya sudah berakhir pada hari ini. Namun tak lupa untuk berterima kasih atas pengabdian yang dilakukan oleh mereka selama menjadi pengurus universitas. Pada pagi hari ini, akan dilaksanakan pelantikan para pengurus universitas baru di periode baru. Selanjutnya, saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara yang akan dilakukan pada hari ini:

  1. Pembukaan


(Acara pelantikan telah dimulai.)

  1. Menyanyi lagu Indonesia Raya


(Selanjutnya, sebagai warga negara yang baik ada baiknya untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.)

  1. Menyanyi lagu Mars Universitas


(Alangkah lebih baik jika ada acara-acara seperti ini yang digelar di kampus menyanyikan sebuah mars universitas.)

  1. Sambutan dari Rektor Universitas


(Sebagai pimpinan universitas sudah seharusnya memberikan sambutan yang pertama pada acara ini.)

  1. Sambutan dari Pembantu Rektor Universitas


(Biasanya, yang membawakan sambutan ini adalah pembantu rektor di bidang kemahasiswaan yang tentunya bernaung pada lembaga kepengurusan mahasiswa.)

  1. Sambutan dari Para Dekan Universitas


(Untuk yang satu ini biasanya diwakilkan oleh salah satu dekan yang dipercaya memberikan sambutan pada acara pelantikan ini.)

  1. Sambutan dari Ketua Senat Mahasiswa


(Sebagai pimpinan dari lembaga senat mahasiswa, sudah seharusnya menyampaikan selamat datang kepada para pengurus baru pada periode baru.)

  1. Sambutan dari Ketua Eksekutif Mahasiswa


(Sama seperti apa yang dilakukan oleh Ketua Senat Mahasiswa).

  1. Pelantikan pengurus mahasiswa senat dan eksekutif


(Untuk sesi ini dilakukan pelantikan secara resmi terhadap pengurus baru sambil mengucapkan sumpah dibawah kitab-kitab suci dengan sesuai agama yang mereka anut masing-masing.)

  1. Pembacaan doa


(Menjelang berakhirnya acara, akan dilakukan doa terlebih dahulu dengan memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kelancaran acara ini serta mendoakan para pengurus baru agar bisa melaksanakan tugas dengan baik dan sesuai dengan ketentuannya.)

  1. Penutup


(Acara pelantikan sudah selesai.)

 

Hadirin yang saya muliakan dan hormati, marilah kita mengawali acara ini dengan pembacaan doa terlebih dahulu supaya acara ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa ada gangguan sama sekali.

Acara yang kedua adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Seluruh hadirin diminta untuk berdiri sambil menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Acara yang ketiga adalah menyanyikan lagu mars universitas. Seluruh hadirin sebelumnya diminta untuk tetap berdiri dan menyanyikan lagu mars universitas.

Terima kasih, seluruh hadirin dipersilahkan duduk kembali.

Kepada Rektor Univsitas dipersilahkan untuk memberikan sambutan.

Terima kasih kepada rektor universitas atas sambutannya.

Selanjtunya, kami persilahkan kepada Pembantu Rektor Universitas Bidang Kemahasiswaan, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih kepada Pembantu Rektor Universitas Bidang Kemahasiswaan atas sambutannya.

Selanjutnya, kami persilahkan kepada perwakilan Dekan Universitas, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih kepada perwakilan Dekan Universitas atas sambutannya.

Selanjutnya, sambutan dari Ketua Senat Mahasiswa, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih kepada Ketua Senat Mahasiswa dalam memberikan sambutannya.

Selanjutnya, sambutan dari Ketua Eksekutif Mahasiswa, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih kepada Ketua Eksekutif Mahasiswa atas kesempatannya dalam memberikan kesempatan.

Kini, saatnya memasuki acara pelantikan pengurus baru lembaga senat dan eksekutif universitas. Pelantikan ini secara langsung akan dipimpin oleh Ketua Senat Mahasiswa dan dilantik oleh Pembantu Rektor Universitas Bidang Kemahasiswaan.

Selanjutnya, memasuki doa penutup akan dibacakan oleh tokoh agama, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih atas doa yang dibacakan oleh tokoh agama.

Hadirin yang saya muliakan dan hormati, kini sudah saatnya memasuki acara penutup. Sebelumnya, saya selaku pembawa acara berterima kasih kepada seluruh hadirin yang hadir pada hari ini karena acara ini berjalan dengan lancar. Apabila ada tutur kesalahan kata ataupun kurang berkenan kepada para hadirin yang saya sampaikan sejak awal acara ini berlangsung, saya memohon maaf sebesar-besarnya.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang pembawa acara formal. Berikut rinciannya.

  1. Dari berbagai sumber, biasanya pembawa acara formal hanya terpaku pada naskah serta tidak ada imporivisasi, seperti ada candaan dan sebagainya.

  2. Waktu persiapan memang sangat terbatas, lalu tulisan naskah harus ditulis secara detail dan cetak dengan menggunakan kertas ukuran A4 di seperempat lembar. Jika bisa, latihan terlebih dahulu agar tidak kelihatan gugup saat acara berlangsung.

  3. Jangan sampai salah menyebutkan gelar pada nama-nama yang bersangkutan.

  4. Sebelum acara, biasanya ada gladi bersih dan mengecek mikrofon yang akan digunakan serta sound system dalam kondisi bisa digunakan. Tentunya yang paling penting jaga kesehatan.

  5. Ketika pembawa acara mempersilahkan para narasumber untuk menyampaikan sambutan, pembawa acara juga bisa memberikan kode seperti anggukan sambil tersenyum serta gerakan tangan lainnya.

  6. Umumnya, susunan acara bisa berubah sebelum acara itu dimulai dan tentunya sebagai pembawa acara harus berkoordinasi dengan pantia seksi acara sebagai orang yang paling bertanggung jawab. Kalau bisa, jauh-jauh hari sebelumnya jika ada perubahan harus disampaikan kepada pembawa acara.

  7. Paling penting adalah selalu tersenyum di depan seluruh hadirin yang menyaksikan acara ini serta perhatikan suara agar selalu enak didengar oleh semua hadirin.


Itulah secara lengkap mengenai contoh naskah pembawa acara formal dalam acara pelantikan pengurus baru senat dan eksekutif universitas. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu yang lainnya untuk menyusun acara-acara formal seperti ini dengan baik serta bisa membawakan acara (jika ditunjuk sebagai pembawa acara) dengan baik serta lancar.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Naskah Pembawa Acara Formal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel