Ciri-ciri Masyarakat Modern dan pembahasannya

Suatu masyarakat disebut sebagai masyarakat modern disebabkan karena adanya perkembangan zaman dan teknologi. Perkembangan zaman yang sangat pesat membuat kebudayaan juga menjadi berubah dan berkembang. Adapun budaya yang dulunya dianggap sebagai budaya pinggiran kini dapat menjadi budaya modern berkat kemajuan zaman dan juga teknologi. Budaya yang dulunya hanya bergerak ke satu arah kini dapat bergerak ke segala arah dan bahkan antara budaya satu dan budaya lainnya saling bercampur dan berpadu. Masyarakat pada umumnya mengambil dan memilah serta beradaptasi dengan budaya yang dirasa cocok dengan kehidupannya.

Seiring berjalannya waktu maka perubahan akan terjadi di masyarakat menjadi masyarakat yang modern. Perubahan tersebut di dasari oleh beberap faktor diantaranya yaitu faktor perekonomian, faktor perkembangan teknologi, faktor perkembangan perindustrian, dan perkembangan ilmu pengetahuan. Faktor tersebut bisa membawa gejala atau dampak positif bagi kehidupan masyarakat seperti dengan adanya perkembangan teknologi maka banyak ditemukan dan banyak di ciptakan unsur-unsur teknologi yang baru, dengan perkembangan ekonomi artinya kualitas perekenomian semakin maju dan berkembang serta pemanfaatan SDA yang makin efisien, dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka masyarakat semakin cerdas dalam melakukan hal apapun, dengan perkembangan industri maka sudah pasti bahwa industri di dalam masyarakat akan semakin maju dan berkembang.

Definisi Masyarakat Modern


Dari penjelasan diatas tentu dapat disimpulkan definisi dari masyarakat modern. Definisi dari masyarakat modern adalah suatu kumpulan masyarakat yang mayoritas individunya sudah memiliki pemikiran budaya modern atau masa kini. Masyarakat modern identik dengan masyarakat yang tinggal di kota-kota besar ataupun individu yang memiliki intelektual tinggi. Namun manusia modern tidak hanya di nilai dari dimana tempat tinggalnya atau dimana ia hidup namun juga dilihat dari segala sisi kehidupan serta kegiatannya.

Suatu masyarakat dapat disebut sebagai masyarakat modern jika memiliki beberapa aspek berikut ini.

  1. Aspek Teknologi


Merupakan hasil dari sebuah ilmu yang dimana dapat menciptakan suatu teknologi baru yang nantinya akan sangat menunjang kehidupan dan kemajuan masyarakat modern.

  1. Aspek Watak dan Mental


Aspek yang didasarkan pada sifat, perilaku, watak yang dimana masyarakat modern akan lebih mudah untuk berpikir, berperilaku secara baik dan logis. Kreatif, percaya diri, menghargai orang lain dan juga disiplin serta bertanggung jawab.  Masyarakat modern harus bisa selalu bersifat terbuka menerima pendapat dan gagasan dari orang lain.

  1. Aspek Pranata Sosial


 

  • Ekonomi


Masyarakat modern umumnya bertumpu pada sebuah perekonomian dari segala bidang. Tingkat pembagian kerja di dalam industri atau pekerja dibedakan berdasarkan usia dan kelamin. Adanya kesetaraan kesempatan kerja baik pria maupun wanita. Dalam aspek ekonomi yang dimaksud disini dibedakan menjadi aspek produksi, aspek distribusi dan aspek konsumsi dimana masyarakat modern semuanya berperan dalam tiga aspek tersebut. Salah satu kekurangan dalam dunia kerja manusia modern adalah masih banyaknya individu yang saling menjatuhkan dan kurang membantu satu sama lain.

  • Pendidikan


Pranata pendidikan yang sudah mengenal struktur dan jenjang pendidikan baik jenjang pendidikan tinggi maupun rendah. Adapun beberapa fasilitas tambahan yang membantu perkembangan sistem maupun sarana pendidikan.

  • Keluarga


Aspek pranata keluarga masyarakat modern terbilang cukup memprihatinkan dimana rasa kekeluargaan mulai luntur dan lebih mementingkan dan mengutamakan sikap individualisme.Solidaritas mulai melemah seiring dengan berubahnya pola pikir masing-masing individu.

  • Agama


Aspek agama kurang terasa di dalam kehidupan masyarakat modern. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang diantaranya termasuk faktor individu yang dimana masyarakat modern cenderung tidak begitu memikirkan aspek ini dalam kehidupan. Walaupun tidak setiap individu memiliki sifat seperti ini namun tidak jarang juga ditemukan di masyarakat.

  • Politik


Politik dalam masyarakat modern semakin tumbuh dan berkembang sebagai rasa dan kesadaran yang tinggi akan sikap demokratis di dalam masyarakat khususnya untuk masyarakat luas. Setiap individu masyarakat modern pasti memiliki rasa demokratis yang tinggi dengan maksud menyampaikan gagasan atau pendapat yang berkaitan dengan politik khususnya kepada orang lain.

Pada umumnya kehidupan manusia modern lebih mencari hal-hal atau sesuatu yang berbau instan atau mudah didapat. Hal-hal yang dicari juga sifatnya individu atau sebagai kenikmatan pribadi semata. Kehidupan manusia modern juga terlihat dari mengeksploitasi diri sendiri untuk bekerja sehingga nantinya akan mempengaruhi banyak hal di dalam kehidupannya.Semangat kerja yang tinggi membuat masyarakat modern meyakini bahwa kedudukan mereka di dalam masyarakat.Masyarakat modern juga terkenal mudah bingung atau bahkan stres dengan kehidupan atau pola kegiatannya sehari-hari.

Kebudayaan Masyarakat Modern


Kebudayaan manusia modern pada dasarnya dipengaruhi oleh pengaruh kebudayaan asing yang datang dan mulai masuk kedalam kehidupan masing-masing individu. Kebudayaan asing atau sering disebut sebagai kebudayaan internasional akan masuk ke dalam masyarakat melalui banyak penyaringan baik melalui masing-masing individu ataupun golongan masyarakat sendiri yang nantinya akan berakibat positif di dalam kehidupan masyarakat modern. Kebudayaan asing atau kebudayaan internasional yang masuk ke dalam masyarakat lama kelamaan akan semakin menumpuk dan tidak jarang juga akan membuat kebudayaan asli dari suatu masyarakat tertimbun oleh budaya asing. Namun apakah selamanya budaya asing akan menutupi dan menghilangkan budaya asli suatu masyarakat? Semua itu tergantung masing-masing individu atau golongan dalam masyarakat dalam merumuskan dan memilah kebudayaan asing yang masuk. Kebudayaan modern dapat dibedakan menjadi tiga kategori yaitu :

  • Kebudayaan Teknologi Modern


Kebudayaan teknologi modern bisa datang dari mana saja dan dari negara mana saja. Dulu teknologi modern identik dengan bangsa atau negara maju seperti negara Eropa dan Amerika. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan tidak selamanya teknologi modern hanya diciptakan atau ada di negara yang maju saja. Teknologi modern sudah sangat melekat pada suatu masyarakat modern karena memang segala segi kehidupannya dipengaruhi oleh kebudayaan teknologi modern yang diantaranya sarana dan prasarana yang ada dalam masyarakat, peralatan yang dialami sehari-hari baik dalam pekerjaan maupun rumah tangga semuanya telah bercampur dengan teknologi modern. Kebudayaan teknologi modern sebenarnya tidak diwajibkan di dalam masyarakat modern karena pemakaiannya tergantung oleh masing-masing individu dan tidak ada paksaan dari pihak manapun untuk menggunakannya.

  • Kebudayaan Modern Tiruan


Kebudayaan modern tiruan identik dengan kehidupan masyarakat yang serba modern dan memiliki teknologi yang modern namun pada dasarnya kebudayaan modern tiruan hanyalah sebagai pemuas kehidupan masyarakat modern saja dengan memiliki beberapa kepemilikan tertentu. Kebudayaan ini sebenernya lahir dari pemikiran masing-masing individu yang dimana jika mereka sudah terlibat dalam pemakaian maupun pembuatan teknologi modern maka mereka merasa bahwa sudah menjadi manusia yang modern. Padahal sebenernya kebudayaan ini hanya akan membuat masyarakat semakin dikendalikan oleh teknologi dan kebudayaan modern sendiri. Seluruh sendi kehidupan masyarakat akan dikendalikan oleh teknologi dan kebudayaan modern yang akan terus datang dan terus berkembang dimasyarakat. Salah satu kebiasaan yang akan muncul dari dampak ini adalah kebudayaan masyarakat yang doyan berkonsumsi artinya tingkat keinginan untuk membeli dan mendapatkan sesuatu semakin tinggi mulai dari keinginan konsumsi barang-barang hingga konsumsi lainnya. Pada dasarnya masyarakat yang tingkat konsumsinya tinggi sebenarnya tidak benar-benar menikmati hasil pembelian atau hasil konsumsinya.

  • Kebudayaan Modern Barat


Kebudayaan barat bukan selalu kebudayaan yang akan menggeser kebudayaan lainya yang sudah ada di dalam suatu negara atau suatu. Memang pada umumnya banyak produk asing yang sudah sangat melekat di masyarakat dan bahkan digunakan atau dikonsumsi setiap hari namun bukan berarti kebudayaan tersebut sudah menjadi kebudayaan yang mutlak atau kebudayaan yang menutupi kebudayaan asli dari suatu negara atau masyarakat. Sudah ada banyak produk ataupun barang dari negara luar dan mungkin mayoritas dari suatu negara atau masyarakat menjadikannya sebagai produk yang digunakan sehari-hari namun tidak bisa dikatakan bahwa produk itu adalah kebudayaan negara asing yang menjadi kebudayaan baru atau bahkan menutupi kebudayaan asli dari suatu negara atau masyarakat. Masyarakat yang menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk atau teknologi modern belum tentu bisa disebut sebagai manusia modern atau masyarakat modern karena untuk menjadi masyarakat modern perlu adanya banyak tahapan dan tidak hanya dengan menggunakan atau mengkonsumsi teknologi modern.

Masyarakat modern pastinya akan mendapatkan banyak masukan kebudayaan yang datang dari segala hal di kehidupannya. Hal-hal yang terus masuk tersebut akan menjadikan suatu tantangan bagi masyarakat modern itu sendiri. Berikut beberapa tantangan kebudayaan masyarakat modern.

  • Tantangan Kebudayaan Modern Tiruan


Kebudayaan modern tiruan sebenernya merupakan suatu momok yang dapat membuat dan merubah kebudayaan atau kebiasaan masyarakat dari kebiasaan baik bisa menjadi kebiasaan yang buruk. Kebudayaan modern tiruan sifatnya hanya semu artinya tidak selamanya dan hanya akan membuat masyarakat terpaku pada hal-hal yang semu dan tidak realistis. Kebudayaan ini seakan menjadikan masyarakat lupa atau mengubah pandangan seseorang menjadi lupa akan kebudayaan asli, kebudayaan yang menghargai diri sendiri dan orang lain. Kebudayaan modern tiruan dapat membuat suatu masyarakat terlepas dari kebudayaan yang baik dan berpindah ke kebudayaan buruk yang bisa merugikan masing-masing individu ataupun kelompok masyarakat.

  • Tantangan Pendidikan Masyarakat Modern


Masalah yang masih menjadi beban utama dalam masyarakat adalah masalah pendidikan. Semakin berkembangnya jaman dan teknologi pendidikan tentunya juga semakin majudan seharusnya sudah semestinya masyarakat lebih memperhatikan kondisi pendidikan. Masyarakat harus selalu kritis terhadap masalah pendidikan yang terjadi baik individu maupun golongan. Adapun dampak positif dari adanya perkembangan dan percampuran budaya pendidikan yang dimana akan semakin membuat pendidikan lebih berwarna dan menjadi penyemangat.

  • Tantangan Perkembangan Pengetahuan dan Teknologi


Pada dasarnya masyarakat atau suatu negara yang hanya menggunakan dan menikmati produk atau teknologi dari negara asing akan semakin tertinggal baik dari segi kehidupan dan juga ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentu ini menjadi masalah bagi suatu negara atau masyarakat yang dimana semakin hanya mengkonsumsi dan menggunakan produk atau teknologi asing maka tidak akan beranjak maju ke dalam kehidupan yang lebih modern dan lebih maju tentunya. Masyarakat atau negara yang tertinggal secara teknologi harus benar-benar mencari solusi terbaik untuk itu dan salah satu caranya yaitu ada hubungannya dengan pendidikan yaitu memajukan sistem pendidikan yang nantinya akan menghasilkan generasi atau individu matang dan maju yang dapat menciptakan dan menghasilkan penemuan atau teknologi baru.

  • Tantangan Kerusakan Alam Global


Suatu kehidupan masyarakat yang modern tentunya tidak akan lepas dengan teknologi dan juga kebiasaan yang sebenarnya berakibat merusak alam. Pada era modern saat ini pemanasan global semakin meningkat yang jika terus terjadi maka akan mengancam seluruh lapisan masyarakat dunia. Tentunya ini menjadi sebuah masalah atau pr yang serius bagi semua orang yang dimana semakin berkembangnya jaman ke arah yang modern semakin bertambah pula resiko pemanasan global dan juga kerusakan alam.

Tentu kebiasaan yang memicu peningkatan pemanasan global dan juga kerusakan lingkungan harus lebih dihindari sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya menjaga kestabilan lingkungan yang dimana masyarakat modern cenderung tidak memikirkan hak tersebut dan lebih cenderung memikirkan hal lain atau hal yang bersifat menguntungkan diri sendiri. Banyak sekali rentetan gejala yang terjadi akibat pemanasan global dan yang paling terasa adalah perubahan iklim dan cuaca yang semakin ekstrim dan tidak terkendali bahkan mulai tidak bisa di perkirakan. Tentu masalah ini menjadi tantangan bagi semua masyarakat dunia bagaimana cara menstabilkan kondisi alam agar tidak terjadi sesuatu yang merugikan.

Budaya masyarakat modern dapat berdampak negatif atau kurang baik bagi kehidupan salah satunya yaitu penyalahgunaan teknologi modern artinya teknologi yang sudah berkembang digunakan untuk mencari hal yang negatif, menguntungkan dirinya sendiri dan merugikan orang lain. Kemajuan teknologi membuat masyarakat modern semakin maju namun juga membuat masyarakat modern semakin kehilangan pandangan tentang hal-hal yang berbau positif. Kemajuan teknologi sering dipakai untuk melakukan tindakan kriminal dan tindakan lainnya yang merugikan banyak orang dan biasanya akan menguntungkan untuk diri sendiri. Semakin banyaknya teknologi yang masuk dan mulai dinikmati oleh suatu masyarakat akan semakin memperbesar kemungkinan penyalahgunaan teknologi tersebut. Sebagai contoh kemajuan teknologi yang saat ini sering digunakan dan bahkan setiap hari digunakan oleh masyarakat yang menyebut dirinya mereka modern adalah internet. Internet merupakan suatu kemajuan dari ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang dimana kemunculannya sangat bermanfaat bagi kehidupan. Namun di sisi lain adanya internet dipakai oleh segelintir orang untuk melakukan tindakan atau hal berbau kriminal dan merugikan banyak orang. Tentu dengan datangnya teknologi dan ilmu pengetahuan baru masyarakat modern harus bisa menggunakan dan menyikapi dengan baik dan positif. Kemajuan teknologi bagi masyarakat modern seharusnya dijadikan bahan untuk lebih memajukan individu maupun golongan. Sifat untuk terus maju seharusnya harus selalu melekat pada diri masing-masing individu masyarakat modern. Masyarakat modern tentunya memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan masyarakat yang dianggap belum modern dan berikut ciri-cirinya.

Ciri-ciri Masyarakat Modern



  1. Mempercayai dan menggunakan teknologi dan ilmu pengetahuan yang maju sebagai bahan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dan lebih maju.

  2. Hubungan antara individu dengan individu lain berjalan secara terbuka.

  3. Masyarakat modern menganut sistem hukum yang ketat dan kompleks.

  4. Jenjang dan tingkat pendidikan individu dari masyarakat modern cenderung tinggi dan merata artinya semua masyarakat modern menempuh pendidikan layak.

  5. Masyarakat modern menempuh profesi yang beragam dan tidak bertumpu pada satu profesi saja.

  6. Kehidupan ekonomi masyarakat modern didasarkan pada sistem ekonomi pasar dimana penggunaan uang sebagai alat transaksi atau pembayaran secara umum.

  7. Setiap individu dari masyarakat modern cenderung memikirkan diri sendiri dan kurang memikirkan tentang hal lain yang sifatnya menyangkut banyak orang.


Itulah penjelasan lengkap mengenai masyarakat modern yang disimpulkan bahwa untuk menjadi masyarakat yang disebut modern maka harus melewati beberapa tahapan dan proses. Masyarakat yang disebut modern cenderung dapat menciptakan hal-hal baru yang sifatnya dapat membantu kesejahteraan dan kemauan hidup. Adanya semangat yang tinggi, pemikiran cerdas dan juga rasa ingin maju yang menyebabkan masyarakat modern dikenal sebagai masyarakat yang hidupnya sejahtera dalam segala sisi kehidupan. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Masyarakat Modern dan pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel