Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek

Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek - Siapa yang tidak tahu jenis burung yang satu ini? Untuk para pecinta burung tentunya sudah tidak asing lagi dengan burung lovebird. Burung yang mempunyai bentuk indah dan warna bulu yang menarik ini sedang menjadi primadona dikalangan pecinta burung.

Selain mempunyai bentuk dan warna yang menarik lovebird juga mempunyai kicauan yang sangat merdu yang menambah nilai tambahan bagi burung yang satu ini. Namun untuk merawat dan menghasilkan suara yang merdu dari lovebird tidak semudah yang dibayangkan butuh beberapa cara khusus atau perawatan khusus yang diantaranya meliputi cara memberi pakan hingga cara memandikan burung ini.

Perawatan burung lovebird harus dilakukan dengan cara yang benar dan juga konsisten artinya untuk merawat burung ini dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran agar hasil kicauan burung lovebird maksimal. Jika sudah penasaran berikut beberapa cara untuk membuat burung lovebird sering berkicau atau ngekek.

  1. Pakan Lovebird


Makanan lovebird sangat mempengaruhi kemampuan kicau dari lovebird sendiri. Gizi dari kandungan makanan yang diberikan juga harus di perhatikan dan juga variasi jenis makanan agar lovebird tidak mudah bosan dan jika bosan maka lovebird tidak akan nafsu untuk makan yang tentunya akan sangat mempengaruhi kondisi burung tersebut. Makanan yang diberikan bisa berupa kangkung, jagung dan kecambah serta diselingi dengan beraneka buah-buahan yang akan menambah gizi lovebird.

  • Kangkung dapat diberikan kepada burung lovebird yang masih muda agar cepat ngekek selain itu kangkung juga dapat membuat lovebird mudah dan cepat birahi. Kangkung bisa setiap hari di berikan kepada lovebird namun ada beberapa saran jika memberi makan lovebird dengan kangkung usahakan hanya daunya saja.

  • Jagung sangat membantu pertumbuhan burung lovebird karena banyak mengandung vitamin dan juga membantu menambah kekebalan tubuh juga menyehatkan mata burung lovebird. Usahakan jika memberi makan lovebird dengan jagung pilih jagung yang masih muda agar lovebird mudah mencerna jagung tersebut. Selain membantu pertumbuhan jagung juga dapat membantu lovebird untuk rajin ngekek.

  • Kecambah dapat diberikan setiap hari kepada burung lovebird karena kecambah memiliki banyak nutrisi yang akan membuat burung lovebird rajin ngekek dan suara yang dihasilkan juga lantang. Kecambah menjadi prioritas utama selain kangkung dan jagung untuk makanan pokok lovebird agar rajin ngekek.


Pemberian makan lovebird diusahakan berselang-seling misalkan hari pertama kangkung, hari kedua jagung, dan hari ketiga kecambah begitu seterusnya dimaksudkan agar lovebird tidak mudah bosan dengan menu makanan yang disediakan. Jangan lupa juga untuk diselingi dengan beragam buah-buahan.

  1. Pemberian Multivitamin


Selain memberikan makanan yang mengandung banyak nutrisi pemberian multivitamin juga dapat membantu untuk membuat burung lovebird sehat dan tentunya rajin ngekek. Sebenarnya pemberian multivitamin bisa dilakukan bisa juga tidak tergantung dengan perawatan. Jika perawatan sudah maksimal yang artinya sudah diberikan makan dan dilakukan perawatan lainnya maka tidak perlu memberikan multivitamin. Yang perlu di perhatikan saat memberikan multivitamin adalah dosis atau takaran yang harus diberikan yang artinya jangan sampai multivitamin yang diberikan melebihi dosis atau takaran yang justru akan membuat lovebird tidak sehat. Disarankan jika ingin memberikan multivitamin harus benar-benar tahu takaran yang harus diberikan jika belum tahu tanya pada ahlinya atau browsing di internet tentang takaran yang pas dan benar.

  1. Rajin Memandikan Lovebird


Memandikan lovebird akan menyegarkan tubuh serta menambah stamina burung lovebird yang artinya jika stamina lovebird bagus maka akan rajin untuk ngekek atau berkicau. Jam yang tepat untuk memandikan lovebird yakni pagi sekitar pukul 08.00 atau siang hari sekitar pukul 12.00. memandikan lovebird bisa dengan cara disemprot dengan spray atau juga bisa dengan membilas menggunakan tangan secara perlahan hingga seluruh tubuh lovebird basah. Setelah dirasa cukup untuk memandikannya segera keringkan tubuh lovebird dengan cara diangin-anginkan ditempat yang teduh dan sejuk hingga tubuhnya kering kembali.

  1. Rajin Melatih Kicau Lovebird


Tentunya selain pemberian makan, multivitamin, dan juga rajin dimandikan, lovebird juga harus selalu dilatih kicauannya. Ini adalah langkah yang berpengaruh banyak terhadap perkembangan kicauan burung lovebird. Cara melatihnya cukup mudah hanya dengan memutar lagu atau suara kicau burung lovebird kemudian dekatkan di kandang lovebird. Lakukan hal tersebut secara rutin dan teratur agar perkembangan kicauan lovebird semakin pesat. Hal yang sederhana untuk melatih kicauan juga dapat dilakukan dengan bersiul agar burung lovebird menirukan siulan tersebut.

Itulah beberapa cara membuat burung lovebird rajin ngekek. Untuk merawat burung lovebird dan membuatnya rajin ngekek tentunya tidak mudah dan membutuhkan kesabaran serta ketelatenan, cara dan tips diatas bisa dipakai setiap hari dan tentunya akan membantu dalam proses merawat dan membuat burung lovebird rajin ngekek. Semoga untuk pecinta burung khususnya burung lovebird penjelasan diatas dapat membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel