Beberapa Virus Yang Menguntungkan Dan Merugikan

Beberapa Virus Yang Menguntungkan Dan Merugikan - Mendengar kata virus tentunya sangat berbahaya dan berharap virus-virus tersebut tidak terjadi di dalam tubuh kita. Namun, siapa bilang jika virus itu selalu merugikan kesehatan manusia? Ternyata beberapa virus justru ada yang memberikan  keuntungan bagi manusia, meski di sisi lain tetap saja lebih banyak kerugan ketimbang keuntungan. Kali ini akan menjelaskan mengenai beberapa virus yang menguntungkan dan merugikan pada kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya. Berikut penjelasannya.

Memulai pembahasan mengenai virus yang menguntungkan dan merugikan, akan dijelaskan terlebih dahulu beberapa virus yang menguntungkan. Kebanyakan virus yang memberi keuntungan ini berperan dalam rekayasa genetika dengan memanfaatkan kloning gen yang menghasilkan produksi ADN identik secara genetis demi kepentingan manusia.

Virus yang memberi keuntungan:



  1. Produski Vaksin


Itulah alasannya mengapa anak-anak sejak berusia dini harus diberikan vaksin seperti vaksin campak dan polio pada umumnya. Ternyata pemberian vaksin ini justru sangat baik bagi tubuh karena ketika bakteri-bakteri patogen jahat yang siap menyerang pada dalam tubuh, justru sudah ada tameng yakni vaksin yang merupakan antibodi dalam tubuh. Dengan adanya vaksin ini, patogen-patogen tersebu sudah dilemahkan dan tidak akan menyerang lagi karena vaksin memiliki kekebalan yang sangat kuat. Beberapa contoh vaksin diantaranya vaksin MMR (mencegah cacar air, gondongan, dan campak jerman), vaksin OPV (mencegah sakit polio), vaksin HZV (untuk mencegah penyakit cacar air), dan vaksin HBV (mencegah penyakit sakit kuning).

  1. Pembuatan Anti Toksin


Sesuai dengan namanya, virus ini dibuat untuk memusnahkan racun-racun yang ada pada dalam tubuh. Cara kerjanya dengan menggabungkan virus DN A dengan DNA lainnya yang bersifat menguntungkan hingga pada akhirnya mempengaruhi bakteri yang akan diinfeksi. Setelahnya, virus DNA akan digabungkan dengan DNA manusia dan disambungkan ke sel bakteri yang berujung pada bakteri akan mengandung anti toksin. Bakteri-bakteri yang mengandung anti toksin ini akan membelah diri dan menghasilkan beberapa bakteri yang sama dengan sifat dan gen yang sama.

  1. Pelemahan Bakteri


DNA yang berasal dari virus lisogenik ini kemudian masuk ke dalam bakteri patogen sifatnya menjadi tak berbahaya ketika masuk ke dalam organ tubuh manusia. Pasalnya, bakteri patogen ini akan melemah seiring masuknya DNA tersebut.

  1. Manfaat Virus dalam Dunia Kedokteran


Ternyata dalam dunia kedokteran, virus-virus yang menguntungkan ini dapat dimanfaatkan sebagai pembuat peta kromosom yang dinilai sangat penting. Alasannya karena dapat membantu para dokter dalam menjalankan tugasnya untuk menganalisis serta membuat terobosan terbaru seiring majunya dunia kesehatan.

Selain itu, banyak sekali virus-virus yang merugikan dalam kesehatan manusia.

Virus merugikan .



  1. Hepatitis


Seperti yang diketahui, virus hepatitis sering biasa kita kenal dengan penyakit kuning. Virus ini diperoleh dari air dan makanan yang sebelumnya tercemar feses para penderita hepatitis. Ciri-ciri penderita hepatitis ini sendiri yakni dilihat pada bola mata penderita yang berubah warna menjadi kuning. Selain itu, organ hati menjadi lebih bengkak sehingga empedu mengalir ke seluruh bagian tubuh. Sebenarnya ada 5 jenis hepatitis yang perlu diketahui, diantaranya adalah hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E. Jenis-jenis hepatitis yang bisa disembuhkan dalam waktu singkat adalah hepatitis A dan hepatitis E. Sedangkan untuk para penderita tipe B, C, dan D termasuk penyakit golongan kronis dan diderita sepanjang hidupnya. Untuk mencegah terjadinya virus hepatitis dengan selalu memperhatikan kebersihan lingkungan rumah, termasuk makanan serta minuman yang dikonsumsi.

  1. Influenza


Hampir semua orang pasti merasakan penyakit yang namanya influenza ini. Setiap hari, kita selalu menemukan orang-orang menderita penyakit ini. Saat influenza menyerang tubuh manusia, ciri-cirinya seperti badan berasa nyeri, suhu tubuh tiba-tiba naik, pilek, batuk, bahkan selera makan berkurang. Untuk mencegah penyakit influenza, usahakan konsumsi makanan dengan gizi tinggi demi menambah kekebalan tubuh serta istirahat dalam waktu yang cukup.

  1. Rabies


Virus yang satu ini pada umumnya menyerang tubuh-tubuh pada hewan, seperti anjing, kelelawar, kera, kucing, dan lain-lain. Ciri-ciri hewan yang menderita rabies diantaranya badan menjadi lemah dan lesu, demam, mengigau, sakit kepala, halusinasi, bahkan yang paling parah bisa takut terhadap air. Untuk pencegahan rabies sendiri sebelumnya bagi yang memiliki hewan peliharaan harus menjalani vaksin ke dokter hewan terdekat. Dan pengobatan rabies sendiri hanya bisa dengan cara pemberian vaksin rabies.

  1. Campak


Penyakit yang satu ini disebabkan oleh virus morbili dan umumnya menyerang pada usia anak-anak. Ciri-ciri penyakit ini adalah batuk, demam, mata menjadi perih, terlalu sensitif terhadap cahaya, badan menjadi terasa linu, serta munculnya bintik-bintik merah. Penyakit ini sendiri dapat ditularkan lewat percikan ludah penderita. Jika misalnya ada salah seorang penderita sedang bersin, usahakan jauh-jauh dari penderita terlebih dahulu untuk sementara demi mencegah penyakit ini menular ke mana-mana. Pencegahan penyakit ini dilakukan dengan pemberian vaksin MMR.

  1. Polio


Penyakit ini juga disebabkan oleh virus polio akibat makanan dan minuman yang telah tercampur atau terkontaminasi oleh feses. Ciri-ciri dari penderita penyakit polio ini antara lain demam, mual, muntah, sakit kepala, meriang, dan leher serta tulang belakang  menjadi kaku. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan penanganan yang benar serta pemberian vaksin salk dan sabin. Vaksin salk berfungsi sebagai pengaktifan kembali pembentukan antibodi yang ada pada serum, sehingga virus menjadi netral dan mencegah penularan ke sistem saraf pusat. Sedangkan untuk virus sabin sendiri berisi virus polio yang sudah dilemahkan sebelumnya.

  1. Demam Berdarah


Virus yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Akibat gigitan nyamuk aides aigepty, pada akhirnya mengalami penyakit demam berdarah yang disebabkan virus dengue. Ciri-ciri penderita demam berdarah ini sendiri yakni mengalami demam tinggi, muncul bercak merah di tubuh, trombosit menurun hingga timbulnya pendarahan pada organ tubuh, serta mimisan. Bahkan, penyakit ini justru menimbulkan banyaknya korban meninggal jika tidak ditangani secara serius. Untuk mencegah penyakit ini, disarankan melakukan pembersihan bak mandi seminggu sekali, memperhatikan tempat penampungan air, menggunakan kasa nyamuk, jangan terlalu lama menumpuk baju, serta menggunakan lotion anti nyamuk.

  1. AIDS


Penyakit ini sendiri menjadi momok menakutkan bagi semua orang, karena sampai sekarang masih belum ditemukan obat yang cocok untuk menyembukan penyakit AIDS. Penyakit ini sendiri terjadi disebabkan oleh virus HIV yang masuk melalui sistem peredaran darah dan menyerang imunitas tubuh manusia. Apabila antibodi pada tubuh manusia sudah diserang oleh virus HIV, maka virus-virus lainnya dengan  mudah memasuki tubuh tersebut dan gampang terserang penyakit. Penularan virus AIDS ini terjadi melalui seks bebas dengan bergonta-ganti pasangan, transfusi darah, serta penggunaan jarum suntik yang dinilai tidak steril. Bahkan, ibu hamil yang terkena virus ini juga rentan menular kepada anaknya yang berada di dalam kandungan. Untuk mencegah terjadinya penyakit AIDS, disarankan untuk tidak mengkonsumsi narkoba serta melakukan seks bebas, dan perhatikan jarum suntik yang akan digunakan apakah bersifat steril atau tidak serta donor darah tersebut harus sehat dan bebas dari virus manapun.

Demikian artikel yang saya buat ini mengenai virus yang menguntungkan dan merugikan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi yang lainnya untuk  mencari referensi mengenai ini serta bisa menjadi perhatian khusus dengan pentingnya menjaga kesehatan tubuh untuk terhindar dari virus-virus yang menakutkan seperti yang dijelaskan tadi. Untuk penulisan artikel ini sendiri mengambil dari berbagai referensi yang berbeda.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Virus Yang Menguntungkan Dan Merugikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel