Apa Syarat Nikah Siri Tanpa Wali ini dia cara yang sebenarnya

Syarat Nikah Siri Tanpa Wali - Memiliki niat untuk membina rumah tangga atau berniat menikah memang niat yang sangat mulia. Terutama nikah merupakan sunnah Rasull yang wajib di laksanakan oleh setiap insan manusia. Namun menikah harus di sertai niat yang tulus dan mendalam. Jangan sampai menggunakan perlindungan nikah untuk mengarah hal-hal yang tidak baik atau tidak jelas manfaatnya. Seperti nikah siri yang kerap menjadi bahan perbincnagan pada acara televisi dan masyarakat. Nikah siri sering di jadikan sebagai nikah mainan dan tidak berazaz. Masyarakat awam sampai pada kalangan religius masih di bingungkan dengan syarat nikah siri tanpa wali dan terlebih adalah hukum jika memang pernikahan tersebut sudah terlanjur terjadi. Nikah siri hukumnya adalah sah atau boleh dan tidak tercatat resmi pada KUA / kantor urusan agama setempat.

Apa Syarat Nikah Siri Tanpa Wali ini dia cara yang sebenarnya


Nikah siri merupakan nikah dalam pelaksanaanya terdapat rukun yang sudah di penuhi oleh kedua mempelai calon pengantin. Rukun-rukun nikah siri antara lain adalah kesiapan penganti laki-laki, kesiapan pengantin wanita, adanya wali yang berupa 2 orang saksi laki-laki, mahar, dan yang terakhir adalah ijab kabul. Nikah siri atau pernikahan siri cukup merugikan bagi pihak wanita terlebih jika di karuniai keturunan. Bahkan MUI atau Majelis Ulama Indonesia menyarankan dan menghimbau agar masyarakat tidak melangsungkan pernikahan siri atau menikah siri. MUI membimbing agar masyarakat menjalankan pernikahan yang resmi sesuai hukum Islam dan hukum negara yang sudah berlaku. Namun jika tidak memungkinkan, pernikahan siri boleh di laksanakan berdasarkan aturan agama. Namun hal ini menyebabkan syarat nikah siri tanpa wali terus terjadi pada masyarakat di tanah air.

Undang-undang No. 1 Tahun 1974 mengenai perkawinan menyebutkan jika setiap perkawinan harus di catat negara. Terlebih jika kita adalah seorang muslim atau pemeluk agama Islam, maka pernikahan wajib di catat di kantor urusan agama (KUA). Namun himbauan atau pernyataan dari Majelis Ulama Indonesia, kerap di abaikan dan tidak di hiraukan oleh masyarakat. Para masyarakat lebih memilih nikah siri karena lebih mudah dalam melaksanakannya. Namun nikah terlihat negatif di mata masyarakat karena pernikahan siri di gunakan secara tidak benar seperti untuk melindungi wanita yang berprofesi PSK atau wanita yang berstatus selingkuhan. Para pria adalah orang yang sangat gemar dan antusias untuk menjalankan pernikahan siri. Para pria dan wanita menjalankan nikah siri untuk melindungi anggapan agama dan negara dengan status atau anggapan mengenai zina atas hubungan diantara pasangan.

Mereka tidak jarang membayar para saksi dan kyai untuk menikahkan wanita yang akan di jadikan istri kedua. Kemudian yang banyak terjadi di masyarakat tanah air adalah wanita atau calon pengantin wanita tidak menggunakan wali nikah seperti syarat pernikahan siri pada umumnya. Nah, inilah yang sering menjadi bahan perbincangan tetangga dan masyarakat luas karena pernikahan siri di anggap sebagai pernikahan yang kotor karena di dalamnya mengandung rangkaian niat menghalalkan segala cara agar bisa menjadi sah. Padahal syarat nikah siri tanpa wali di larang keras oleh MUI dan para tokoh kyai se- Indonesia. Apabila pernikahan siri tanpa wali tersebut tetap berlangsung, maka pernikahan tersebut tidak sah dan sama saja seperti layaknya perzinahan.

Sekian serba-serbi mengenai syarat nikah siri namun tidak di dampingi dengan wali nikah. Semoag pembaca dapat terinspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Apa Syarat Nikah Siri Tanpa Wali ini dia cara yang sebenarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel