Apa itu VPN ? adalah singkatan dari Virtual Private Network.

VPN adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan kita untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan lokal.

VPN merupakan sebuah solusi untuk masalah jaringan internet (IP publik) yang tidak di support dengan keamanan yang baik.

Jaringan perusahaan yang menggunakan infrastruktur IP untuk berhubungan dengan kantor cabangnya dengan cara peng-alamatan secara privat dengan melakukan pengamanan terhadap transmisi paket data.

Fungsi VPN


VPN memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah :

  • Kerahasiaan


Jaringan publik sangat rentan terhadap resiko pencurian data, melalui pengaplikasian teknologi VPN, maka data yang lewat akan melalui proses penenkripsian dulu. Melalui enkripsi data tersebut, maka keamanan data lebih terjamin.

  • Keutuhan data


Saat melewati jaringan internet, sebenarnya data sudah berjalan cukup jauh melintasi berbagai negara, selama perjalanan tersebut data akan beresiko mengalami berbagai macam gangguan, seperti data hilang atau kerusakan data bahkan manipulasi data. Pengaplikasian VPN mengurangi kemungkinan data tersebut untuk terdampak gangguan.

  • Origin authentication


Teknologi VPN mempunyai kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya.

VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk termasuk sumber datanya. Kemudian sumber datanya akan dikonfirmasi apabila proses autentikasi berhasil.

VPN mencegah adanya pengiriman data dari sumber yang tidak seharusnya. Sehingga sebagian data yang diterima merupakan data yang dikirim dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan.

Manfaat VPN


Selain fungsi, VPN juga memiliki manfaat, yaitu :

  • Remote access


Memungkinkan kita untuk mengakses komputer dan jaringan kantor, selama kita terhubung jaringan internet atau publik.

  • Keamanan


Koneksi VPN mengurangi resiko bahaya keamanan ketika mengakses internet walaupun melalui hotspot publik yang ada di kampus atau tempat umum lainnya.

  • Menghemat biaya set up jaringan


VPN bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah.

Cara kerja dan penggunaan VPN

  • VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti : PPTP, L2TP, IPSec, dan SOCKS.

  • VPN clien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang berwenang di jaringan.

  • VPN bisa tidak terlihat oleh jaringan yang lebih besar.

  • VPN membuka cara untuk koneksi Wifi dan jaringan nirkabel pribadi.


Kelebihan VPN



  • Biaya efektif

  • Kemudahan mengakses organisasi

  • Fitur keamanan disesuaikan.


Kekurangan VPN


Kekurangan VPN adalah dari segi keamanan data perusahaan yang bisa diakses secara global, karena VPN memanfaatkan jaringan internet dalam pengoperasiannya. Oleh karena itu, sistem keamanan VPN masih harus dieksplor lebih jauh agar menutup celah yang bisa dimanfaatkan oleh pihak yang jahat.

Meskipun begitu , VPN menawarkan sejumlah fungsi yang bisa kita manfaatkan untuk kepentingan kita, seperti file sharing, konferensi video, konektivitas jarak jauh, dan layanan lain melalui jaringan.

VPN juga bisa membantu memangkas biaya yang bisa menjulang tinggi.

VPN juga bersifat fleksibel karena bisa bekerja pada jaringan pribadi atau pun pada jaringan publik.

Beberapa keuntungan tersebut memiliki korelasi positif terhadap aktivitas kita yang berhubungan dengan jaringan komputer.

Tetapi, kita harus memanfaatkannya dengan hati-hati dan bijak, agar kemudahan yang kita inginkan tidak berubah menjadi malapetaka yang merugikan. Hal tersebut dikarenakan VPN memanfaatkan jaringan internet dalam beroperasi. Resiko keamanan merupakan hal yang harus diperhatikan dan diantisipasi sebaik mungkin, supaya tujuan kita tercapai dengan baik.

 

Belum ada Komentar untuk "Apa itu VPN ? adalah singkatan dari Virtual Private Network."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel