Sistem Operasi Jaringan

Pengertian Sistem Operasi Jaringan


Sistem operasi jaringan adalah sebuah sistem yang menyediakan dan mengatur sumberdaya yang terdapat pada suatu sistem komputer. Sistem operasi jaringan terdiri dari banyak layanan yang fungsinya untuk melayani pengguna. Banyak layanan dari sistem operasi jaringan seperti HTTPS service, layanan berkas, layanan alat cetak, dan layanan-layanan lainnya. Sistem operasi jaringan masih berhubungan dengan perangkat jaringan yang dimana sistem operasi jaringan bisa berjalan karena adanya perangkat jaringan artinya saling bergantung satu sama lain.




Sistem operasi jaringan juga mempunyai beberapa karakteristik yang diantaranya yaitu memiliki pusat kendali, memiliki sebuah akses menuju ke sebuah jaringan, mengizinkan pengguna terhubung ke jaringan lain, memastikan sebuah data yang akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

Fungsi dari sistem operasi jaringan sendiri salah satunya melakukan pemantauan sumber daya yang ada dalam jaringan, melakukan pemantauan terhadap aktivitas yang berkaitan dengan file tertentu.

Sistem operasi jaringan dapat dibagi berdasarkan penggunaannya yaitu sistem operasi client server dan peer to peer. Sistem operasi jaringan client server merupakan sistem yang dimana server menyediakan sumberdaya yang nantinya akan diakses oleh client. Untuk sistem operasi jaringan peer to peer merupakan sistem operasi jaringan dimana sumberdaya dapat dibagi maupun didapat dari masing-masing perangkat yang terhubung tanpa adanya perantara.

Jenis sistem operasi jaringan yang umum digunakan dan dijumpai diantaranya Microsoft MS-NET, Microsoft LAN Manager, Microsoft Windows NT Server, GNU/Linux, Novell Netware, Banyan Vines, UNIX.

Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan


Umumnya jenis sistem operasi jaringan dibagi menjadi dua yaitu berdasarkan tampilan grafis atau GUI ( Graphical User Interface ) dan berdasarkan tampilan teks atau CLI ( Command Linte Interface ). Berikut jenis-jenisnya beserta penjelasannya.

Berdasarkan Tampilan Grafis


fungsi sistem operasi jaringan
Linux Redhat. image : fossbytes.com

  • Linux Redhat

Redhat Linux atau RHL merupakan buatan dari perusahaan Red Hat di Amerika dan dirilis pada 3 November 1994. Redha Linux merupakan distro linux pertama yang berbasis sistem RPM. Sistem operasi jaringan ini sempat populer sebelum produksinya dihentikan pada tahun 2004. Kelebihan dari Redhat Linux dapat mengubah IP menjadi alamat domain serta menjadikan domain sebagai virtual host.
karakteristik sistem operasi jaringan
Windows NT 3.51 Image : vignette.wikia.nocookie.net

  • Windows NT 3.51

Merupakan Windows generasi ketiga sistem operasi Windows NT. Windows NT 3.51 dirilis pada tanggal 30 Mei 1995 dan menawarkan dua fitur yaitu arsitektur CPU IBM PowerPC dan interoperabilitas sistem operasi Windows 95. Windows NT 3.51 berjalan dengan sistem Intel 80386 dan merupakan Windows NT yang tidak banyak memakan sumberdaya komputer. Windows NT 3.51 mulai dihentikan dukungannya pada 31 Desember 2001 dan digantikan oleh Windows NT 4.0

macam macam sistem operasi jaringan
windows 2000 image : winworldpc.com

  • Windows 2000 ( Windows NT 5.0 )

Merupakan sistem operasi penerus dari Windows NT 4.0 yang dirilis pada tanggal 17 Februari tahun 2000. Banyak fitur yang ada di sistem operasi ini antara lain yaitu manajemen daya yang lebih baik, plug and play yang lebih canggih, terdapat dukungan untuk Microsoft DirextX, menggunakan driver hardware berbasis Windows Driver Model.

cara kerja sistem operasi jaringan
Windows Server 2003 Image : bankinfosecurity.com

  • Windows Server 2003

Merupakan sistem operasi Windows yang ditujukan untuk pasar server korporat. Ada tiga produk berbeda dari Windows Server 2003 antara lain : Windows Server 2003 Standar Edition, Windows Server 2003 Enterprise Edition, Windows Server 2003 Datacenter Edition, Windows Server 2003 Web Edition, Windows Small Businness Server 2003, dan Windows Storage Server 2003. Windows Server 2003 memiliki fungsi sebagai sistem operasi pembuatan jaringan dimana Windows Server 2003 digunakan untuk komputer yang berperan sebagai server. Kelebihan dari Windows Server 2003 yaitu cocok digunakan untuk pembuatan server dalam sebuah organisasi atau semacamnya dan juga pengoperasian dari Windows Server 2003 sangat mudah dilakukan.

materi sistem operasi jaringan kelas xii
Windows XP image : bankinfosecurity.com[/caption]

  • Windows XP

Windows XP adalah sistem operasi Windows berbasis grafis penerus dari Windows Me dan Windows 2000. Windows XP pertama kali dirilis pada tanggal 25 Oktober 2001 dan merupakan sistem operasi Windows pertama yang dibuat diatas arsitektur Windows NT. Kelebihan dari Windows XP antara lain lebih stabil saat proses booting karena Windows ini hemat resources, banyak aplikasi yang sudah mendukung Windows XP, kinerja dari sitem operasi Windows XP lebih cepat dan stabil, Graphic User Interface atau GUI dari Windows XP sangat familiar dan driver lebih banyak.

mode instalasi sistem operasi jaringan
Microsoft LAN Manager Image : betaarchive.com

  • Microsoft LAN Manager

Microsoft LAN Manager merupakan sistem operasi Microsoft yang dikembangkan bersama perusahaan 3Com. Sistem operasi Microsoft LAN Manager didesain sebagai penerus dari perangkat lunak server 3+Share yang bekerja di atas sistem operasi MS-DOS. Microsoft LAN Manager dibuat sama seperti pendahulunya yaitu MS-NET dan Xenix-NET berdasarkan IBM OS/2 dan protocol NetBEUI. Microsoft LAN Manager 2.2 merupakan versi terakhir dari Microsoft LAN Manager sebelum digantikan Windows NT Server pada tahun 1994.

ciri ciri sistem operasi jaringan Novell Netware
Novell Netware Image : regmedia.co.uk

  • Novell Netware

Merupakan sistem operasi jaringan yang menyediakan berbagai layanan jaringan seperti akses file, pengaksesan database, pengiriman email dan lain-lain yang berjalan pada media protokol 2 layer dan 5 lapisan model OSI. Sistem operasi Novell Netware dapat digunakan dalam semua sistem komputer. Sistem operasi ini juga mendukung adanya layanan akses file atau dokumen dari server.

Berdasarkan Basis Teks


gangguan dalam jaringan Linux Debian
Linux Debian image : fossbytes.com

  • Linux Debian

Merupakan sistem operasi gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan menggunakan kernel Linux dengan lisensi GNU. Sistem operasi ini menjadi distro terpopuler yang menggunakan kernel Linux dan merupakan yang paling banyak digunakan.

pengertian server dalam soj : Linux Suse
Linux Suse image : softpedia.com

  • Linux Suse

Merupakan sistem operasi yang dibangun berdasarkan kernel Linux dan didistribusikan dengan perangkat lunak dari open source yang lain. Linux Suse merupakan buatan Jerman dan mulai dikenalkan ke publik pada tahun 1994.

  • Linux Mandriva

Linux Mandriva atau Mandrake merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Mandriva yang berjalan diatas kernel Linux. Sistem operasi ini pertama kali dirilis ke publik pada 23 Juli 1998. Saat pertama kali dirilis sistem operasi ini berbasis Linux Redhat.

  • Sun Solaris

Sun Solaris adalah sistem operasi yang dikembangkan Sun Microsystem dan pertama kali dibuat pada 31 Januari 2005. Sistem operasi ini memiliki komponen utama yaitu kernel yang merupakan inti dari sistem operasi yang mengatur sumberdaya, Shell merupakan penghubung antara user dan kernel, dan Hirarki Direktori.

perbedaan windows 7 8 10 UNIX
UNIX, Image : lifewire.com

  • UNIX

Sistem operasi baku yang digunakan komputer baik sebagai server maupun sebagai workstation. Sistem operasi ini didesain portable dan multitasking. Banyak keunggulan dari sistem operasi ini diantaranya mampu berbagi sumberdaya, tentu dengan berbagai sumberdaya maka biaya operasi menjadi semakin hemat.

jenis jenis soj, MacOS
MacOS image : lifewire.com

  • MacOS

Merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Apple dan dirilis pertama kali pada 24 Maret 2001. Sistem operasi ini merupakan salah satu yang terfavorit di kalangan pengguna. Sistem operasi ini sudah banyak mengalami pengembangan yang dimulai dari awal pertama kali dibuat dan masih mengalami perkembangan hingga saat ini.

Itulah penjelasan mengenai sistem operasi jaringan yang dimana dalam penjelasan diatas terdapat pula jenis-jenis sistem operasi. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan.

Belum ada Komentar untuk "Sistem Operasi Jaringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel