Pengertian dan Fungsi HTML disertai sejarah dan contohnya

Pengertian dan Fungsi HTML


HTML ini merupakan singkatan dari HyperText Markup Language yang mana ialah bahasa pemrograman standar yang biasa dipakai untuk mendesain atau membuat sebuah halaman web, dimana selanjutnya bisa diakses agar bisa menampilkan beragam informasi di dalam suatu penjelajah web Internet atau browser tertentu. HTML ini pun bisa digunakan sebagai link antara file-file dalam situs ataupun dalam komputer dengan menggunakan localhost, ataupun link yang menghubungkan antar situs di dalam dunia internet.

Agar dapat menghasilkan tampilan dan wujud yang terintegrasi dengan format hiperteks sederhana dan ditulis dalam berkas dengan format ASCII sehingga dapat menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. HTML sendiri merupakan sebuah bahasa yang bermula dari bahasa yang sebelumnya banyak digunakan dalam dunia percetakan dan juga penerbitan yang disebut sebagai Standard Generalized Markup Language (SGML). Seperti Namanya itu sendiri, HTML adalah bahasa Markup yang berarti pengguna hanya menggunakan HTML untuk “mark-up” dokumen teks dengan tag yang akan memberitahukan browser struktur untuk menampilkan sebuah desain layout web.

Pada saat sekarang ini, HTML menjadi sebuah standar Internet yang dikendalikan dan didefinisikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).  Dulunya, pada tahun 1989, HTML bermula dan diciptakan oleh kolaborasi Berners-lee Robert bersama Caillau TIM pada saat mereka bekerja di CERN, yang merupakan sebuah lembaga penelitian fisika energi tinggi yang bertempat di Jenewa. Pada awalnya, HTML dikembangkan dengan maksud untuk mendefinisikan struktur dokumen seperti judul, paragraf, daftar, dan sebagainya untuk memudahkan berbagi informasi ilmiah antara peneliti.

Untuk saat ini, HTML banyak digunakan untuk membuat format halaman web dengan bantuan tag yang berbeda dalam bahasa HTML. File HTML ini tidak lebih dari file teks sederhana. Misalnya terdapat Notepad yang merupakan teks editor yang selalu kita temukan pada komputer berbasis Windows, kalau bingung cara menemukan notepad pengguna bisa mencari di startup menu Windows. Untuk komputer Mac OSX datang dengan bundel TextEdit, sehingga terdapat banyak teks editor yang bisa pengguna gunakan untuk menulis kode html, dari yang editor sederhana maupun yang lebih advance.

Kemudian, setiap data yang berformat HTML ini kemudian ditransfer dari web server menuju web browser oleh HTTP yang merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protokol. Dengan HTTP inilah yang memungkinkan kita dapat menjelajah internet dan juga melihat berbagai halaman web dan kemudian dapat diakses oleh para pengguna layanan internet.

Fungsi dan Kegunaan HTML


Sebagai bahasa markup internet, HTML tentunya memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Berikut adalah beberapa manfaat dari HTML diantaranya:

  1. HTML berfungsi untuk membuat halaman web. Bahasa HTML ini digunakan untuk membuat halaman web dan semua halaman web pasti dibuat dengan menggunakan HTML.

  2. HTML merupakan sebuah pondasi bagi sebuah website. Sama halnya dengan sebuah rumah, jika tidak memiliki pondasi maka akan cepat roboh. Begitu juga halnya dengan website. Jika tidak memiliki HTML sebagai pondasi, maka pengguna tidak dapat mengimplementasikan bahasa lainnya seperti CSS (bahasa untuk mendesain website), Javascript (bahasa untuk menambah prilaku website), ataupun PHP (bahasa pemrograman server website).

  3. HTML berfungsi untuk menandai teks pada halaman web. Seperti misalnya, pengguna dapat menandai sebuah teks menjadi bergaris bawah dengan menggunakan tag html <u>.

  4. HTML berfungsi untuk menandai elemen/bagian pada halaman web. Sebuah website tentunya memiliki beberapa bagian seperti header, navigasi, main dan footer. Sehingga pengguna dapat menandai setiap bagiannya dengan HTML.

  5. HTML berfungsi untuk menampilkan informasi dalam bentuk tabel.

  6. HTML berfungsi untuk menambahkan objek seperti audio, video, gambar, dll dalam halaman web.

  7. HTML berfungsi juga untuk membuat online form.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi HTML disertai sejarah dan contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel