Coding adalah contoh bahasa pemrograman dan 3 jenis coding yang umum

Coding Adalah



Yup, coding adalah ...

Coding atau pemrograman adalah proses menulis sekumpulan kode sesuai syntax (aturan penulisan) yang tergantung dari tipe bahasa pemrograman yang dipakai dengan bantuan text editor seperti notepad, sublime text, atom, dsb.

Beberapa jenis bahasa pemrograman adalah :

  • php

  • Java

  • phyton, dsb.

Dengan begitu, coding berarti memberikan daftar instruksi kepada komputer sesuai apa yang kita inginkan.

Contoh coding adalah penulisan kode untuk membuat aplikasi android, website, aplikasi desktop, dsb.

Apakah coding itu rumit ?

Tidak juga, coding bisa jadi aktivitas yang seru dan menantang. Karena jika kita menemukan error, otomatis kita akan berusaha memperbaikinya, inilah keseruannya dimana semakin banyak error ditemukan semakin banyak pula kita belajar.

Coding melatih kita untuk terbiasa menulis baris-baris kode yang benar, melatih nalar, dan menemukan rumus yang sesuai lewat sebuah atau beberapa eksperimen.

Belajar bahasa pemrograman memerlukan ketelitian dan keuletan.

Dampak baik yang kita dapati ketika belajar coding juga tidak kalah banyak dengan baris kode yang kita tulis.

Beberapa diantaranya :

  • Meningkatkan kemampuan berpikir secara logis

Logika dan algoritma pemrograman merupakan pondasi utama dalam mengembangkan sebuah produk.

Kesalahan logika yang digunakan akan memberi dampak pada produk yang kita kerjakan.


Melihat pentingnya logika pemrograman, maka kita harus berusaha mempelajarinya dengan baik dan maksimal tanpa memandang pilihan bahasa yang kita gunakan.

Dengan sering berlatih nalar, maka kita akan terbiasa untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan logika.



  • Mengembangkan cara berpikir yang sistematis

Ketika mengerjakan sebuah program, kita diminta untuk menyusun baris kode dengan sistematis. Urutan penempatan kode-kode tersebut tidak boleh terbolak balik, karena akan menyebabkan kegagalan berupa ‘error'.

Penulisan maupun penyusunannya benar-benar harus sesuai dan tepat agar program berjalan sesuai perintah.

Oleh karena itu, kita harus belajar bagaimana menuliskan kode dengan benar, sesuai dengan aturan dan sistematis.



  • Melatih ketelitian

Ketika menemukan suatu error, developer akan dituntut untuk memperbaiki program tersebut dengan cara menganalisis kembali program tersebut. Mulai dari pengecekan penulisan kode, sampai mengecek hal-hal lainnya yang berpotensi menyebabkan error itu terjadi seperti memeriksa power jika program tersebut berkaitan dengan perangkat keras, atau mengecek koneksi internet, jika tools yang dipakai berjalan secara online.

Hal ini melatih kita untuk teliti dalam mengerjakan sesuatu dan hati-hati ketika memecahkan suatu problem.



  • Meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah

Kita dilatih terus menerus untuk menyelesaikan berbagai permasalahan ketika proses pemrograman berjalan. Hal ini membiasakan kita untuk tidak panik ketika menghadapi permasalahan sehari-hari dan memacu semangat kita untuk memecahkan permasalahan tersebut.



  • Membangun karakter yang pantang menyerah

Error adalah hal biasa yang sering ditemukan seorang developer. Developer tidaklah selalu berhasil menyusun baris kode dengan benar, tidak jarang ia melakukan berberapa eksperimen sebelum akhirnya menemukan keberhasilan.

Hal ini membuat kita terus berlatih dan belajar sampai akhirnya membuahkan pencapaian yang gemilang. Pencapaian tersebut didukung beberapa faktor, diantaranya adalah ketekunan kita saat proses pengembangan program.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dalam mempelajari bahasa pemrograman yang ekuivalen dengan kehidupan sehari-hari kita. Jadi, selain mendapat ilmu, kita juga bisa belajar untuk membentuk karakter diri.

Nah, itulah mengapa kita tidak perlu menyesal jika kita selalu gagal mempelajari bahasa pemrograman ini, kenapa ? Karena manfaat yang kita dapatkan juga banyak sekali dan sama berharganya dengan keberhasilan yang akan kita dapatkan saat menjadi developer senior.

Belum ada Komentar untuk "Coding adalah contoh bahasa pemrograman dan 3 jenis coding yang umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel