Cara Membuat Power Bank Sederhana

Cara Membuat Power Bank Sederhana

Perkembangan teknologi semakin hari makin berkembang dengan pesat. Banyak manusia yang mulai memanfaatkan teknologi ini untuk memudahkan kehidupan. Misalnya memanfaatkan sosial media untuk iklan, berbisnis, atau membuka lapak secara online. Tidak hanya itu, bentuk penyaluran dana sosial juga dapat diselenggarakan dengan cara online. Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan media online ini. Itulah yang membuat keberadaan alat ini sangat penting. Hanya saja sebuah smartphone sangat boros daya sehingga membuat baterai cepat habis. Tidak heran jika para pengguna smartphone akan membawa power bank sebagai cadangan tenaga tambahan saat dalam perjalanan. Terutama pada saat melakukan perjalanan jauh.

Sebuah perjalanan akan lebih asik dan menyenangkan apabila dapat didokumentasikan secara sederhana dengan menggunakan smartphone. Bentuk dokumen tersebut bisa berupa foto, video mini atau beragam rekaman suara. Apapun jenis dokumentasi yang kamu pilih tentu akan menjadi sebuah seni perjalanan tersendiri. Ada yang suka menggunakan aplikasi smartphone ada juga yang hanya menggunakan aplikasi bawaan hape. Mulai dari jenis sederhana hingga yang paling sempurna. Selain itu, agan juga bisa sekalian update status agar tetap kekinian dan eksis. Coba bayangkan jika harus menggunakan kamera pucket atau handycamp, tentu akan lebih repot lagi jika harus update di status media sosial yang anda miliki.


Menggunakan sebuah power bank memang cukup menguntungkan. Hanya saja kita harus senantiasa waspada bahwa sebuah alat harus digunakan sebagaimana mestinya dengan baik. Apabila ada stopkontak alangkah lebih baik jika agan menggunakan charger saja agar fungsi dan kegunaannya lebih pas dan tepat. Karena arus yang tepat akan membuat baterai lebih awet. Akan lebih baik juga agan tidak menggunakan smartphone ketika sedang di charger atau saat menggunakan power bank. Meski terlihat sepele dan mudah, rupanya hal ini harus diwaspadai dengan teliti karena sangat berpengaruh pada keawetan smartphone agan loh.

Tidak hanya membuat robot, dengan menggunakan alat dan bahan bekas kita juga dapat membuat power bank sederhana. Berikut ini bahan dan cara pembuatannya. Bahan: invertor DC ke AC, baterai 18650, modul charger baterai 18650, saklar, stop kontak listrik, kardus, dan lem. Cara membuat:
1. Langkah pertama, buat dulu invertor dc ke ac dengan menggunakan baterai bekas yang sudah disiapkan. Kita dapat menggunakan 4 buah baterai ukuran a2 yang disusun sejajar.
2. Siapkan kotak kardus ukuran 10x10 cm lalu masukkan baterai yang sudah disusun tadi kedalam kardus.
3. Pasang stop kontak pada bagian output yang sudah kita rangkai tadi. Kemudian pasang bautnya agar tidak lepas.
4. Pada bagian atas posisikan konektor micro usb charger dengan pas agar mudah saat isi ulang. Selesai.
5. Sekarang power bank sederhana sebesar 220 V sudah dapat digunakan.

Konsep dari power bank ini sebenarnya sangat sederhana, yakni menstransformasi arus listrik yang sebelumnya berjenis dc diubah menjadi ac dengan invertor mini. Apabila agan ingin menambah kapasitas baterai maka tinggal menambah jumlah baterai ukuran a2 tersebut. Bisa juga menggunakan baterai bekas dengan ukuran yang lebih besar. Semua bergantung pada kondisi dan selera. Menggunakan produk yang berkualitas tidak harus yang mahal dan baru. Bahan yang murah dan sederhana pun dapat menjadi produk mahal dan mewah jika dapat mengubahnya dengan baik. Untuk itu, anda harus dapat memilah dan menimbang beragam produk yang akan anda pilih. Misalnya dengan baterai bekas ini, masih bisa anda gunakan dengan baik dan sempurna. Demikian yang bisa saya sampaikan. Selamat berkreasi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Power Bank Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel